Selasa, 02 Januari 2001

DIARIKU SEPANJANG TAHUN 2001

wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
selasa 2\1

23`35

tahun baru aku, perry, tris, dan miza mandaki marapi. Di sana aku juga bertemu eko abaik, patuak, aris, dedi botak, munap, kimai, dan teman2 mereka; juga aku ketemu adi (bawah asam). aku jam 12 malam (pukul 00 tahun 2001) baru selesai makan dan sedang siap2 untuk naik. kami baru sadar tahun 2000 telah lewat setelah aku lihat jam kira2 setengah satu. kira2 jam satu baru kami naik. aku sempat sakit perut seperti pendakian pertama. aku hanya sampai bawah cadas. ketika anak2 yang lain naik ke atas aku hanya tidur2an saja sambil jaga barang karena kaki kiriku terasa sakit. cuaca cukup baik kami dapatkan. waktu turun kami dpat masalah gara2 tris turun duluan seorang diri tanpa bilang apa2. tiba di posko (tower) pikiran aku, perry, dan miza jadi kalut karena kami harus lapor. kami lapor saja kalau tris sudah duluan, lalu kami turun. di kto baru tris juga tidak kelihatan. kami ragu apa ia hilang atau pulang sendirian. waktu kami tanya rombongan kimai mereka juga tak lihat tris katanya. kami pun pulang setelah beberapa lama. kami naik bus dari pekanbaru dan berdiri sampai padang. aku terkantuk2 di atas bus. pagi hari tadi aku ke lapau siil dan tris belum ada dan aku makin yakin kalau dia hilang. tak disangka tadi siang ia muncul di pintu kamarku, rupanya ia tertidur di pinggir jalan di dekat jembatan pesanggrahan. dan waktu aku lewat ia mungkin masih tidur. yang membuat aku heran entah kenapa kami tidak lihat. rombongan kimai katanya juga tak lihat. tris rupanya setelah bangun menyangka aku masih di atas kemping dengan rombongan kimai. karena ia malas untuk terus ke atas dan kebetulan ia bisa numpang dengan rombongan anak permindo yang kebetulan kemping di pesanggrahan ia pun tidur lagi semalam di sana. dan pagi hari ia baru pulang. bertambah pelajaran yang aku dapat dari pendakian kali ini. di antaranya izin orang tua itu rasanya memang perlu. ini mungkin karena kami berempat sama2 kurang mendapat restu dari orang tua kami. aku saja dilepas ama dengan berkaca2 dan apa sore itu belum juga pulang dari kampung. pendakian kali ini uangku paling banyak habis, lebih kurang 45 ribu. sebenarnya biaya tidak perlu sebesar itu kalau misalnya direncanakan dengan matang, misalnya kami kumpulkan dulu uang itu segala keperluan [?]. sekarang uangku tinggal uang2 logam saja. uang yang dulu aku siapkan untuk rekaman sudah nggak ada, entah gimana kabarnya zodiac. kata kimai waktu di marapi ronal, pii, boy, dan seorang temannya mendaki hari sabtu. entah kenapa ya... mereka tak kasih kabar ke aku. besok sekolah lagi...!

hari sabtu rombongan anak2 gadung jalan2. cuma aku, eko, miza, ajun, dan idef yang nggak pergi. siil balas yang sebelumnya agak meremehkan anak2 itu akhirnya pergi juga. tadi waktu aku dan tris bercerita tentang pendakian ia tampak kurang senang. aku cuma berharap ini jangan sampai membuat permusuhan di antara kami2 yang biasa main bersama

hari raya aku hanya tidur2an saja, nggak ada acara silaturahim2an. memang bulan puasa kali ini kurang terasa hikmahnya bagiku. mudah2an saja bulan puasa besoknya akan lebih baik bagiku




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
rabu 3\1

14`40

tadi aku ketemu pii dan iboy, rupanya mereka naik sabtu dan turun waktu aku naik tengah malam (udah hari senin/tahun baru). kemungkinan mereka turun waktu aku sedang masak, jadi kami tidak saling lihat. kalau seandainya aku bisa gabung sama pii mah tambah asyik acara kemaren mungkin. katanya mereka sebelum pergi sudah beberapa kali berusaha nelpon ke rumahku. tapi karena telpon mati aku jadi tidak tahu mereka berangkat sabtu. pii katanya ketahuan kalau mendaki dan kemungkinan tak lagi bisa pergi. padahal aku akan semangat pergi dengan dia karena dia adalah salah satu teman terbaikku. tadi di sekolah komeng berlagak acuh saja kepadaku. aku pun jadi malas untuk mulai menyapanya, padahal dulu kami cukup akrab. namun begitulah manusia


wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
kamis 4\1

21`54

makin dewasa aku merasa makin dewasa pula dalam berpikir maupun bergaul. namun akhir2 ini (sejak kelas 3) aku merasa tidak ada teman yang dekat denganku untuk bicara ataupun jalan bersama. di lokal sekarang aku nggak merasa ada musuh, aku bisa berteman dengan siapa saja. namun aku merasa sekarang tidak ada teman yang lebih dekat denganku. kalau di kelas 2 dulu aku sempat akrab dengan teman kayak alfred, komeng, pii, kampud, dllnya, sekarang kayaknya nggak ada. tapi aku lebih senang sekarang karena kalau di kelas 2 dulu ada beberapa teman selokal yang aku nggak suka sekarang nggak ada. sebenarnya sekarang aku lebih banyak main dengan eko, karena kami sepermainan baik di rumah maupun di sekolah. namun aku merasa tak bisa menganggap dia sebagai teman dekat. karena ada hal2 yang aku nggak suka dari sifat2nya. dan karena kami termasuk saudara jauh, hubungan kami sebagai teman agak terbatas dan nggak enak rasanya. kalau alfred aku paling nggak suka egonya. tapi aku senang karena, walau tidak selalu, ia bisa menghargaiku sebagai teman. dan aku juga bisa untuk menegur segala kejelekannya. kelas 2 kami sangat akrab dan paling sering jalan bareng. pii adalah orang yang paling aku kagumi di antara teman2 lain, tapi sekarang kami jarang main bersama sejak kelas 3. kalau di rumah mungkin miza temanku yang cukup akrab, namun karena gayanya yang masih agak kampungan jadinya nggak asyik juga. tapi itu tak masalah benar bagiku. sekarang dengan tris aku juga dekat, namun setiap orang pasti ada juga sifat2nya yang tidak kita suka seperti juga sifat kita yang tidak disukai teman. namun aku jenuh juga kalau nggak ada teman akrab ini. kalau cari cewek rasa2nya belum berani aku mah. yang paling nggak enak akhir2 ini kalau jalan pulang sekolah nggak enak rasanya kalau nggak jalan sama orang yang enak untuk diajak bicara. kadang pengen rasanya jalan sendiri pulang, tapi nggak enak juga kalau dilihat orang pulang jalan sendirian. oh ya tadi pagi aku terlambat dan untung tak ada yang mencegatku di pintu kantor. aku juga lihat safarni sedang inspeksi. aku sempat kucing2an dengan safarni. waktu aku lewat di pustaka (tas aku sembunyikan di sana) aku dimarahi karena baju. tapi untung ia tak main tangan. aku duduk2 saja di pustaka menjelang jam pelajaran pertama usai. tadi juga ada alumni2 smu 3 dari UI dan IPB yang masuk lokal memberi penerangan tentang UMPTN dan masa depan. tapi sampai sekarang aku belum tahu apa yang jadi minatku dan belajarku masih begitu2 juga. jam kimia tadi aku sempat terkantuk2




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
minggu 7\1

19`35

hari sabtu kami zodiac kumpul di rumah rangga. mula2 rencanaku sepulang sekolah pergi dengan fadli ke rumah abang (mungkin untuk urusan buat lagu punk). tapi tiba2 ronal bilang kalau aku harus ke rumah angga. fadli mungkin kecewa untuk kesekian kalinya. aku sekarang menjadi serba salah mengapa dulu mau menerima ajakannya main punk. aku takut nanti dia jadi menyimpan sakit hati padaku, karena tampaknya fadli ini tipe orang yang begitu. di rumah angga kami cuma main2 saja, kebetulan di kamar angga sekarang ada komputer. ronal dan angga yang paling mahir sibuk main komputer. karena kami nggaj jadi latihan kemaren, rencana kami kumpul lagi sabtu besok, entah buat rekaman atau latihan saja. malam minggu hengky sawai (cucu mak man) baralek di gaduang




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
selasa 9\1

20`10

tadi aku ngomong2 dengan alfred dan katanya bulan februari ada dibuka pendaftaran AKABRI. aku juga jadi pengen ikut, tapi agak ragu untuk menjadi seorang TNI. dan lagian rasa2nya aku nggak bakalan lulus tes. tapi aku pengen coba juga karena kalau mengharapkan lulus UMPTN peluangku amat kecil. entah apa kerjaku setamat SMU ini. tampaknya alfred juga ada niat untuk mendaki, tapi aku agak ragu untuk pergi lagi sama dia

tadi aku terus terang bicara sama fadli kalau aku nggak bisa main punk dengannya. tampak walau ia agak kecewa namun bisa menerima. sebelumnya ia menyerahkan padaku brosur parade punk bulan februari. makanya aku terus terang bilang kalau aku masih terikat di zodiac. rencanaku sih kalau aku sudah selesai rekaman di zodiac aku bakal minta izin untuk main punk. sekarang aku lagi bingung untuk cari uang buat biaya rekaman. bahkan untuk menghemat ini hari aku sengaja nggak pergi main bola ke IKIP dalam. anak2 itu mungkin pada marah padaku besok. namun aku memang dasarnya boros. hari ini aku juga banyak habiskan uang untuk jajan di rumah, padahal di sekolah tadi sudah nahan2 untuk nggak belanja




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
kamis 11\1

21`00

tadi ada da yong. dulu waktu aku kecil (belum sekolah) ia pernah tinggal membangun rumah ini. waktu itu ia kelas 6 SD. sekarang ia kerja di malaysia. waktu pergi ia beri kami uang masing2 10 ribu, sementara apa dikasih uang ringgit

rencana untuk masuk AKABRI-ku agak kendur. mungkin aku berusaha saja untuk masuk STPDN karena kemungkinan aku tembus UMPTN amat kecil

tadi pei dan iqbal ngajak main hari sabtu, tapi aku bilang saja kalau aku nggak bisa. komeng tadi juga ngajak latihan main grunge, katanya juga sama si arsyad. tapi aku bilang saja kalau aku nggak bisa. aku pengen cari pengalaman dulu di zodiac ini karena aku masih harus banyak belajar sebelum nanti bikin band yang bisa buat numpahin inspirasi dengan teman2 yang benar2 sehati, biar terasa enaknya ngeband




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
sabtu 13\1

15`15

tadi aku nggak sekolah karena hujan. aku bangun pukul 8. pagi tadi aku main domino saja sama tris. siang aku ke sekolah sewaktu orang pulang karena rencananya hari sabtu ini zodiac akan latihan. di sekolah aku tak lihat ronal, aku pun lalu pergi ke siteba. dan rupanya ronal lagi diem2an sama angga, terpaksa deh aku pulang saja




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
selasa 16\1

21`15

tadi aku disuruh pulang karena terlambat. lalu aku, abang, fadli, komeng, temok, dan agus merental di picolo main asal2an. pas selesai rupanya senar drum ada yang robek tentang bagian yang dipukul dan kami mengganti 30 ribu. waktu itu karena uang nggak ada kami ke pasar minjam uang sama kakak komeng. lagi2 kali ini aku harus merogoh kocek. mungkin ini karena tadi pagi aku juga bertengkar dengan apa. fadli tadi juga pulang duluan karena kesal. kami rencananya mau main punk tapi karena banyak yang lain jadi nggak bisa




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
kamis 18\1

05`30

kemaren kamil kemari. dia 3 hari lagi baru balik ke jakarta. kami main ke pasar. kamil beli baju dan ikat pinggang, dan aku beli kaset [slash] snakepit. segalanya dia yang bayarin kecuali kaset ini pakai uangku sendiri. sepulang pasar tenggorokanku terasa kering sekali dan sekarang masih agak sakit




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
minggu 21\1

07`00

sejak sepulang main ke pasar dengan kamil badanku mulai nggak enak lagi. karena terlalu banyak merokok waktu itu padahal aku lagi panas dalam. akibatnya tenggorokanku jadi kering. hari jumat aku pergi ambil obat ke puskesmas dan badanku nggak tambah sakit sampai sekarang. tapi aku masih minum obat. cuma gara2 merokok lagi tadi malam di bengkel tris sekarang tenggorokanku agak enggak enak

kemaren aku dimarahi bu ida (fisika) dan katannya ini peringatan terakhir. setelah itu aku tidak boleh masuk lagi kalau membuat dia marah

rencana nonton total ribuik jadi batal karena badanku belum sehat betul dan sekarang aku lagi selon

hari senin kemaren (kalau nggak salah harinya) lokalku main bola lawan ipa 4 dan kami kalah 6-3. aku sempat jadi kiper sampai kebobolan 2 gol. alfred tampak stel datang dengan mobilnya. pulang pun aku dan eko numpang sama dia




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
senin 22\1

17`30

tadi lokalku sama anak ipa 6 yang ikut bantu nyanyi kena marah karena katannya inilah nyanyian upacara yang paling buruk. kami disuruh mengulang nyanyi di lapangan selesai upacara

tadi pagi pas masuk halaman sekolah aku papasan dengan esa. dan dia tampak berusaha memalingkan muka dariku. mula2 aku diam saja, tapi pas tiba di gerbang baru aku sapa dia. dia ada menjawab tapi dengan wajah yang bercampur antara malu2 dan cemas seperti dulu juga kalau aku menyapanya

ini hari orang main bola lawan ipa 1. tapi aku nggak datang karena takut sakitku kambuh. mudah2an anak2 itu nggak marah besok




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
rabu 24\1

19`30

tadi aku rencana latihan (momen inersia), tapi abang telat tiba. ia tiba setelah iqbal pergi. lalu aku, pei, dan eko pergi main bola ke IKIP dalam lawan ipa 1. aku main dengan pakai baju sekolah




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
kamis 25\1

14`00

tadi aku dan hendra terlambat dan disuruh pulang. aku tidak langsung ke rumah tapi main2 dulu di bengkel tris sampai jam satu. lagi2 rencana main sama pei batal. mula2 rencana sabtu kemaren, lalu senin, lalu rabu, dan terakhir hari ini. tapi entah apa mereka merental saja berempat tanpa aku, aku nggak tahulah




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
sabtu 27\1

05`16

hari kemaren telah disepakati bersama untuk membentuk band lokal. formasi yang diumumkan adalah iqbal (drum), saya (rhytim), pei (lead), kamek (bass), dan untuk vokal masih belum pasti. mungkin boy, wendry, atau suwinda. dan juga kemungkinan kalau pakai keyboard ada fadli. sementara ajik dan dona jadi manajer. band lokal ini akan dibiayai oleh sumbangan lokal dan ditambah uang saku personel. soal lagu ada rencana memainkan lagu sincan. juga kami akan memainkan lagu2 permintaan teman2 yang lain. tapi itu semua tergantung pei dan kamek yang aku rasa mudah2an bisa mearansemen (mamutuihan) lagu2 itu. kalau aku belum begitu bisa, apalagi untuk mencari melodinya. apakah band ini ada kelanjutan, tergantung manajer lah

hari kamis itu anak2 momen inersia ternyata latihan juga dibantu oleh david. kata eko main mereka bersih, tapi kata pei masih kacau. pei tampaknya ingin aku tetap gabung dengannya, bahkan dia mau kalau aku ajak main guns n roses. tapi aku tahu eko lebih senang kalau aku tidak gabung dengan mereka. dan lagian aku nggak enak hati kalau ia menjelek2an musik guns n roses di depanku. tadi siang eko kemari bawa kaset boomerang yang ingin aku pinjam. ia rupanya juga bawa kaset megadethnya yang ingin dilihatkan sama aku mungkin musiknya kayak apa. tapi aku toh melihat musik megadeth itu biasa2 saja. mula2 sejak zodiac ini nggak menentu, aku sempat berpikiran ingin serius main di momen inersia atau main punk sama fadli. aku karena persoalan tadi [jadi] kurang enak main di momen inersia. tapi kalau main sama fadli aku terkendala uang untuk latihan. aku dan fadli saja bisa bokek. namun waktu kemaren sore koplenk kesini jemput matras iju sama eric (yang drumer pispot itu) kemari, ia bilang kalau zodiac akan latihan lagi bulan februari karena sekarang angga juga jack lagi ujian. karena ini semua pengen sekali sekarang beli gitar dan lebih mempelajari teknik bermain gitar. tapi entah kapan duitku bisa terkumpul. sementara itu tapeku sekarang sudah mulai rusak2 lagi. kaset snakepitku saja yang baru sudah digores pitanya. tapi tampaknya kalau kaset yang ringan tidak apa2

orang hari ini pergi kaba. tapi aku rencananya nggak pergi karena nggak enak saja rasanya, karena pergaulanku agak kurang di sekolah ini




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
senin 29\1

16`00

hari sabtu aku pergi kaba. mula2 pergi sekolah aku nggak ada niat pergi. tapi di sekolah akhirnya karena beberapa hal aku pergi setelah pei juga mau pergi. karena aku ikut tim event yang berangkat sepulang sekolah aku nggak sempat pulang. dan aku cuma pinjam baju pei. lokasi kaba di sungai sirah pariaman, di tepi pantai yang indah sekali. cuma hujan lebat malamnya dan cuma berhenti sesekali. suasana kurang enak. waktu hujan lebat aku cuma duduk2 di tenda pramuka. setelah hujan berhenti aku, pei, david, eka, uncu, dan nanda keluar. waktu kami keluar kira2 jam 10 malam, baru yunior pramuka datang. di luar kami beli nasi dan kami nggak berani masuk karena melihat banyak alumni yang datang. karena takut dengan anak2 setempat kami jalan ke dalam dan aku tidur di mushalla dekat lokasi kemah. dan baru ke tenda lagi pagi hari. rupanya waktu aku tidur di luar anak pramuka menjurit anak kelas 1, aku jadi percuma saja megang scraft pramuka. karena terpisah dengan pei dan eka, aku pun pagi itu juga balik ke padang naik bus umum. untungnya stokar bus lupa minta ongkos padaku. minggu sore aku balik ke sekolah untuk ambil tas dan sepatu dari gudang pramuka. lama aku nanti. teddy yang kata tea megang kunci belum juga pulang, aku pun pulang saja




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
kamis 1\2

20`30

tadi aku dan amri ke padang theater untuk membaca hai mengenai kabar gnr. waktu mau pergi amri bilang kalau ia nggak punya uang, tapi rupanya uangnya masih ada. aku sempat pula bayarin ongkosnya dan untuk membaca aku bayar 1.500 yang ditambah amri 300. padahal kami cuma baca 2 komik dan 2 majalah. entah apa harganya emang naik atau kami ditipu, aku tidak tahu. sekarang uangku terasa cepat habisnya. mungkin karena aku minta uang tidak jujur. pertama aku minta 20.000 sebagai pengganti utang pergi kaba kemaren. padahal aku nggak punya utang yang harus dibayar. dan tadi aku juga diberi uang untuk belajar tambahan tapi aku malah pergi ke padang theater. sekarang aku lagi kumpulin uang untuk beli gitar. sekarang uangku tinggal 40.000 dan rasanya akan dipakai pula beberapa untuk malam minggu besok (pai baralek ke rumah gaek dan acara pesantren di mushalla yang diadakan fadli). mula2 eko tawarin aku gitar seharga 40.000, tapi waktu aku tanya tadi nggak jadi pula. lalu tadi aku juga ada rencana beli gitar kawan ojik (anak grunge) seharga 50.000. tapi entah jadi aku beli gitar ini aku nggak tahu. kalau aku beli juga minggu ini rasanya uangku takcukup. tapi kalau ditunda juga aku takut uangku perlahan2 habis juga buat jajan. sebenarnya kalau minggu ini pengeluaranku biasa saja. mungkin aku bisa menyediakan 40.000 atau lebih untuk beli gitar, tapi entah kenapa jajanku kali ini banyak. hari selasa malam aku ke lapau siil belanjaku ada 3.000, hari rabu waktu tambahan uangku juga ada keluar, dan di rumah aku juga beli sate waktu sambal nggak ada. tadi gara2 ke PT uangku juga habis sampai 4.000. untuk besok masih ada uang 2.500. tapi untuk sabtu terpaksa uang yang 40.000 aku ambil. apalagi kalau pergi malam minggu ke rumah gaek dan sekolah

kemaren pei, iqbal, dan abang ngajak aku ikut festival. tapi aku menolak karena aku lebih memilih main di zodiac. momen inersia nampaknya masih ingin aku main sama mereka, kecuali eko yang akhir2 ini berseberangan dengan aku gara2 aku suka gnr dan dia metallica. namun aku berusaha untuk menjaga sikap. jangan sampai kami terlihat benar berselisih karena nggak enak dilihat orang rasanya. kalau bukan karena ini mungkin aku sudah keluar dari zodiac dan konsen di momen inersia. tapi rasa2nya aku belum menemukan band yang benar2 enak rasanya untuk bekerja sama

kemaren ronal ngajak aku dan alfred ke talang sabtu minggu besok bersama heru. tapi aku tampaknya lebih mengutamakan duit yang 40.000 ini untuk beli gitar. benar2 gatal rasanya tangan ini nggak ada gitar. apalagi di rumah ini aku banyak tidur2an saja karena nggak ada kerjaan




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
minggu 4\2

21`00

malam minggu ada acara muhasabah anak ipa 5 di mushalla smu 3. kami juga sempat pergi makan ke rumah gaek yang kakaknya baralek. seusai tadarus tengah malam kami tahajud dan renungan suci. kami sempat ada masalah dengan rombongan rali, tahmid, eka, dll yang tidak kami bolehkan tidur di mushalla. waktu itu ketika mereka datang kami pura2 tidur, lalu mereka pergi. lalu ketika mereka balik lagi mereka berhasil membuka pintu. munap dengan emosi berdiri mengusir mereka sedang yang lain diam saja. namun pagi hari untung kami sudah bicara dan minta maaf sama mereka. malam itu mungkin mereka tidur di lokal. pagi hari itu juga aku pun pulang

hari sabtu sepulang sekolah (waktu itu aku mau tambahan fisika) aku bermasalah dengan nasrul karena aku pakai baju dalam. aku disuruh membuka baju (untung nasrul tidak melihat tatoku) dan menahannya. aku disuruhnya mengambil hari senin dengan muka yang masam. untungnya sepulang tambahan aku sempat bicara sebentar dengannya di khatib (waktu itu nasrul lewat khatib entah mau kemana, dia sempat marah2 pada anak kelas 2 yang main balak di lapau amak). nasrul janji akan memberikan bajuku hari senin

hari ini miza dkk pergi baralek ke pariaman (sanak iil). aku juga diundang tapi aku nggak datang karena ada acara di sekolah malam minggu

sejak hari sabtu mataku sakit karena gatal. sekarang bengkaknya tambah besar (mungkin karena tungau di kelopak mataku). kemungkinan besok aku nggak sekolah dan rencanaku hari selasa saja ambil bajuku




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
rabu 7\2

21`15

hari senin aku ambil baju dari nasrul. aku disuruh buat perjanjian sama priyasti. kesalahanku ditambah karena tidak pakai singlet. lalu aku disuruh minta tanda tangan ibu ernitawati. lalu ibuk itu tahu kalau aku nggak pakai kaos kaki, sehingga kesalahanku yang semula cuma satu jadi tiga. aku kalau ke kantor memang takut. sebelumnya aku coba celana iqbal, karena terlalu lapang nggak jadi kupakai. waktu ke kantor pun aku masukkan bajuku rapi2 dan bodoh amat penampilanku rasanya

hari selasa sepulang sekolah aku, amri, dan usman ke pasar. sebelumnya kami makan di rumah usman. aku semula mau melapangkan celana sekolah tapi nggak jadi karena uangku nggak cukup. lalu kami ke blok A. lama aku duduk di sana menanti usman yang memperbaiki tape-nya. karena sudah bosan aku pulang saja duluan dari amri dan usman

tadi karena terlambat aku dan eko jr manjat di belakang. kami sempat ngumpet di dapur bu de waktu safarni mengejar2 anak kelas 2 yang keluar2




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
kamis 8\2

18`20

tadi momen inersia latihan di renat. melihat permainan pei aku rasanya betah main dengannya. tapi ada yang membuat aku tidak betah di momen inersia ini. sepulang latihan aku, eko, dan abang berhenti sebentar melihat temok dan trio yang lagi main ps di lapai. waktu itu rencananya kami mau jalan ke president

gara2 bengkak di kelopak mata ini sudah beberapa kali orang bilang kalau aku ini mancibuak urang mandi. bahkan kemaren waktu aku lagi makan sate, aku mendengar seorang anak man ngomong tentang ini

zodiac aku nggak tahulah gimana. terakhir aku dengar bandnya heru (bassnya koplenk) pengen make iqbal di drum untuk kompilasi. tampaknya koplenk nggak setia sama zodiac. dan mungkin juga dia lagi diam2an lagi sama angga

20`00

sebentar ini angga nelpon. ia bilang sekarang aku yang pegang bass dan ia suruh aku diam2 saja dari ronal kopleng. untuk rhytim kata angga ada temannya yang juga bernama ronal. angga itu sejak dulu percaya sekali padaku. sudah beberapa kali ia bilang percaya padaku. aku takutnya kepercayaannya itu tak sebanding dengan kemampuanku yang cuma segini. besok aku disuruh ke rumahnya dan sabtu rencananya kami latihan




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
jum'at 9\2

20`00

tadi aku ke rumah angga dan udah kenalan sama ronal. kami latihan pakai 3 gitar di rumah kos teman angga samping rumah ronal kopleng (oh ya tadi ronal kopleng kata temannya berangkat ke talang, tampaknya ia nekad sekali pergi berdua heru selama 2 hari). sebelum ke rumah angga aku ke rumah wendri dan shalat jumat di sana, eko buyun juga ikut (aku kalau pergi sama eko ini paling nggak enak bicara soal musik, terasa sekali perang dingin antara kami. tapi aku biasanya kalau ia lagi sesumbar berusaha acuh2 saja dan sesekali bicara dengan bercanda sambil menyisipkan sindiran atau semacam ketidak setujuan atas perkataanya karena nggak enak kalau aku sampai bertengkar dengannya cuma gara2 persoalan selera musik. tapi entah kenapa ia tadi juga ikut aku ke rumah wendry. mungkin karena ia malas pulang jalan bareng abang karena mereka ada sedikit permasalahan kecil. di kamar wendry banyak sekali poster gnr (hampir seluruhnya). waktu pulang aku diantar ronal yang sma-nya di solo ini sampai tunggul hitam pakai motor. aku tiba di rumah sudah jam setengah 7. besok kami ada rencana latihan tapi belum pasti. aku masih menanti telpon kepastian jam dan tempatnya




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
minggu 11\2

10`50

ini hari ulang tahunku yang ke-18. tadi pagi menjelang bangun aku sempat bermimpi yang membuat aku ingin berbakti sama orang tua atau yang menimbulkan rasa bersalah karena selama ini banyak tidak menuruti kata2 orang tua. tapi setelah masuk dalam dunia nyata, muncul lagi pemberontakan di jiwaku melihat sikap orang tuaku. tapi semakin dewasa ini aku berharap bisa hidup dengan cara lebih baik. tak ada yang menanyakan ulang tahunku kecuali irfan syafei kemaren di sekolah. aku salut sekali ia ingat sebagai teman. aku pengen memberi diriku sendiri hadiah untuk ultahku ke-18 ini dengan membeli gitar pakai uang yang aku kumpulkan. sebenarnya ini hari aku diundang ke pesta ultah wulan yang ke-17, tapi aku malas untuk pergi. pegi sempat nanyain apa aku pergi ke pesta wulan hari ini, kemaren sewaktu pulang tambahan. aku nggak tahu apa ia masih ingat kalau ini hari aku ultah. rini bakrie beberapa hari lalu juga sempat menebak ini hari ultahku, tapi aku berkelit saja. rencanaku dulu sih pengen mendaki hari ultah ini, tapi nggak jadi karena aku pengen beli gitar

rencana latihan hari sabtu nggak jadi karena angga nggak menelponku. waktu aku telpon ke rumahnya sore hari, mamanya bilang kalau ia lagi keluar. sekarang aku tunggu saja kabar darinya

malam minggu aku nggak main ke lapau siil karena ketiduran ketika mendengar acara must rock di sipp fm. sudah 3 kali malam minggu aku nggak main kesana. aku bahkan baru tahu tadi bahwa acua pergi ke batam




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
senin 12\2

20`28

tadi aku nggak sekolah karena mataku sakit lagi (mata kanan sebelah bawah bengkak). aku pergi ke pasar baca2 majalah hai

tadi aku semacam diskusi2an lagi dengan ama dan apa. katanya aku akan dibelikan gitar (mungkin besok) sebagai hadiah ultah, dengan syarat supaya aku rajin belajar. aku sih nurut saja asal dapat gitar. kata ama lagi libur cawu 2 aku dengan ama atau apa rencananya pergi ke yogya [atau] bandung (uang untuk jalan2 ini mungkin udah ada). aku akan senang kalau bisa mengajak [ii mendaki merapi di yogya

sebentar ini aku mendapati kaset boomerang si hendra side A nya terekam. ketika aku tanya aan ia bilang tidak pernah ngidupin boomerang. kalau aku rasanya tidak mungkin tanpa sengaja merekam ini kaset karena dari suara rekaman yang aku dengar kejadiannya sepertinya siang hari karena ada suara mobil dan orang sedang melakukan sesuatu. ini benar2 aneh

tadi angga nelpon. ia bilang kalau latihan sabtu nggak jadi karena jack masih ujian sampai jumat. ia juga bilang kalau tante/omnya ronal (yang sekarang megang rhytim/bukan ronal koplenk) mau mensponsori kami buat rekaman sehabis/sepulangnya dia dari haji. angga juga ada rencana untuk main di perpisahan smu 12 bulan april. aku benar2 senang karena tadi apa janjikan untuk belikan aku gitar, tapi nggak enaknya duitku yang sekarang ada 50.000 (rencananya buat beli gitar) akan aku ambil sebagian buat mengganti kaset hendra

kemaren ice bilang kalau jacket kelas akan datang hari ini, tapi waktu eko tadi kemari ia bilang kalau jacket itu belum datang. aku benar2 penasaran ingin lihat bentuknya




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
sabtu 17\2

13`40

hari jumat sepulang sekolah aku ke rumah wendri terlebih dahulu. lalu berdua wendri aku ke rumah angga. kami latihan sebentar sampai sore. wendri pergi duluan sekitar jam 3. aku dan angga nunggu telpon jack, lalu jack nelpon dari garis langit dan bilang kalau ia sudah booking. lalu aku dan angga ke rumah ronal, dan kami pergi ke gl. kami selesai latihan jam setengah 7 dan belum bersih. ronal tampaknya belum hapal lagu2 kami. rencananya selasa kami latihan lagi. waktu di gl aku lihat ara dan ayu lagi ikut temannya yang latihan di studio 2

hari selasa kemaren rapat dan agar tidak ribut kami sepakat untuk berganti posisi tempat duduk

hari kamis kemaren rencana buat beli gitar dengan apa nggak jadi karena apa bawa gitar milik sekolahnya kesini. katanya ini sementara menjelang beli gitar baru

sejak kemaren tenggorokanku agak sakit dan sekarang badanku agak kurang enak. sementara nanti akan ada lagi acara muhasabah lokal 3B5 di mushalla smu 3. entah apa aku bisa pergi atau tidak

tadi pagi waktu pergi sekolah aku sudah kebelet sejak tabing. menjelang tiba di gerbang aku tak tahan lagi, lalu aku pergi lewat belakang buat buang air kecil dan aku panjat pagar saja sekalian

mendengar cerita ronal yang mau pergi ke talang aku jadi kepengen juga ke sana. katanya di sana kita bisa lihat marapi dan kerinci, juga beberapa danau. tapi di sana agak lebih ngeri dan medannya lebih berat dari marapi




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
minggu 18\2

22`00

kemaren aku nggak jadi pergi muhasabah. sekarang aku istirahat saja di rumah, mudah2an besok aku sembuh. kemaren wendri dan dona nelpon menanyakan apa aku pergi dan kujawab aku nggak bisa. eko juga kesini ngajak pergi tapi aku bilang kalau aku nggak enak badan

tadi angga nelpon lagi. ia nampak semangat sekali untuk latihan lagi. katanya sekarang sudah ada 8 lagu dibuat. mudah2an saja hari selasa aku baikan. segan rasanya kalau gara2 aku sakit kami nggak jadi latihan




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
kamis 22\2

19`10

selasa sepulang sekolah aku langsung ke rumah rangga. rupanya di sana cuma ada charlie (ia sudah pindah rumah dari balai baru ke siteba). rangga lagi ada perlu ke indarung, tak lama baru datang rangga. lalu kemudian juga ronal. setelah latihan2 sebentar lalu kami ke gypsi buat latihan sambil merekam pakai walkman. karena hasilnya kurang bagus, kami ulang rekaman dengan alat rekam gypsi sebanyak 4 lagu (tanpa diulang) dan nambah bayar 5.000. ketika akan pulang aku sempat menghilangkan hasil rekaman itu selama 3 detik waktu lagi mendengar hasilnya karena salah pencet (anak2 itu mungkin kesal padaku aku tak tahu). kami rencananya akan buat demo dan proposal pada PFC sebagai sponsor kami (kebetulan kata angga yang punya padang fried chicken tersebut adalah eteknya ronal). aku sekarang menanti saja telpon dari rangga kalau2 aku masih dibutuhkan untuk latihan. selama ini memang rangga yang paling menentukan. waktu jeff, yhan, dan ronal itu keluar karena dia nggak suka. aku pun kalau dipecat juga nggak apa2 karena aku juga merasa masih banyak kekurangan untuk main bass

dona sudah memberikan 2 buah lirik lagu untuk aku carikan musik punknya. ia semangat sekali untuk mengajak aku untuk main di perpisahan smu 13 (kalau jadi acara bandnya). pei juga semangat sekali ngajak aku tampil karena ia tidak senang dianggap remeh kakaknya. namun pada mereka aku bilang saja akan aku usahakan kalau aku bisa, karena aku masih terikat di zodiac. rencanaku kusuruh saja pei gabung dengan dona, juga fadli, untuk main punk

pegi tampak semangat untuk mendaki libur besok. ia juga sudah ngomong sama alfred. tapi kami tampaknya harus atur jadwal karena libur cawu 2 ini masing2 lokal kami akan ada acara lokal. ipa 5 rencananya aku dengar akan kemping di kampung wendri di batusangkar, namun belum diumumkan. rencananya kami meminta semua cewek untuk ikut karena ini acara perpisahan kami

band lokal ipa 5 tampaknya tak bakalan jadi2. aku lihat sulit untuk menyatukan kami semua, terutama kamek yang terlihat individual. kalau pei sebagai satu2nya yang bisa main lead tidak bisa untuk jadi leader di band ini karena ia terlalu lemah. aku sebenarnya merasa bisa untuk mengatur mereka demi sukses band ini, tapi aku tahu diri saja dengan kemampuanku yang cuma segini. aku dengar2 anak2 itu sudah mengumpulkan sumbangan sebesar 10.000, tapi sampai hari ini kami belum juga latihan2

hari rabu kami ujian olahraga yakni lari dengan nilainya sesuai kemapuan lamanya lari. aku benar2 merasa lemah dalam hal lari. mungkin fisikku ini benar2 udah down. mudah2an saja buat mandaki aku masih bisa

tadi lokal kami main bola lawan gabungan ipa 4 dan 6 dan berakhir seri. sebelumnya kami sempat menang dulu 3-0, namun akhirnya disamakan 3-3. aku jadi kiper tadi. umi, cimot, dan ajeng datang sebagai suporter




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
sabtu 24\2

14`30

kemaren aku nelpon rangga. aku dengar di rumahnya sedang ribut waktu itu. entah mama rangga sedang marah gara2 ia main musik aku nggak tahu. waktu aku tanya kapan latihan ia bilang selesai aku ujian. dan ia juga bilang kalau sudah kirim demo ke radio sipp. katanya sih kalau nggak besok ya mungkin minggu depan diputar. aku sebenarnya agak ragu nelpon ke rumahnya karena biasanya ia yang hubungi aku. takutnya nanti ia diam2 sudah memecatku dan aku seolah2 masih berharap untuk main. tapi tampaknya aku masih diperlukan

kemaren pendi razia. untung ia nggak ke bangku belakang sehingga aku nggak kena. kamek, munap, dan boy yang kena. waktu pulang aku, kantau, munap, dan kamek manjat lewat belakang karena pendi berdiri di pintu keluar sambil merazia

acara di smu 13 sudah pasti band. dona semangat sekali untuk main. aku jadi sudah juga untuk menghindar karena aku lihat ia belum bisa untuk mainin bass. aku pengen nanti cuma nunjukin dia saja, biar ia main punk sama orang lain dan akan kuberi alasan kalau aku sibuk di zodiac

hari sabtu minggu selesai ujian lokal ipa 5 sudah punya rencana homestay di batusangkar (rumah nenek wendri yang sudah kosong). aku sekarang langsung ngatur jadwal dan dana buat acara ini dan rencana mendaki. karena katanya lokal alfred dan pegi punya acara selesai ujian yakni hari rabu dan mereka mungkin bisa mandaki hari sabtu, sedang aku hari itu acara lokal

sampai detik ini aku masih main2 juga belajar. sedang sebentar lagi sudah sampai pula cawu 3. entah bagaimana nasibku setamat smu ini. benar2 tidak nyaman bagiku untuk belajar di rumah ini. belajar di sekolah aku sudah lama pula terbiasa malas. apalagi aku ini orangnya peletih amat dan banyak faktor2 lain yang membuatku tak bisa belajar dengan baik yang belum bisa dan ada yang tidak bisa rasanya aku hindari




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
senin 26\2

21`00

tadi siang pegi nelpon kesini nanyain rencana mendaki. ia katanya nggak mau pergi dengan rombongan alfred, boy tadi juga bilang begitu. aku pun sebenarnya agak malas pergi dengan alfred setelah terakhir pendakian dengannya kemaren. tapi aku segan juga untuk pergi saja dengan rombongan anak ipa 3 (pegi, boy, dan bobi) tanpa ngomong sama alfred

hari minggu aku benar2 suntuk di rumah




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
kamis 29\2

20`40

aku ujian sejak kemaren, ruangku di aula. tadi safarni menyuruh aku potong rambut, karena itu tadi aku minta tolong madi untuk potongin rambut. kami lakukan itu di bawah hujan gerimis. di proyek anak gadung mulai main bola lagi beberapa hari ini, aku baru tadi pergi karena pengen potong rambut. tadi soal kimia tak satu pun yang aku jawab sendiri

selesai ujian tadi anak2 ipa 5 kumpul di mushalla membahas acara homestay di kampung usman di payakumbuh

rangga nelpon tadi nyuruh aku cari drumer. kalau dapat cewek dan yang manis pula. charlie rencananya turun di vokal. selasa aku janjian untuk latihan di rumah rangga

aku pikir aku sering juga mengacuhkan pegi sehingga ia bilang aku sombong. aeperti tadi aku tidak menjawab ketika ia memanggil karena aku lagi ngomong dengan pii. dan aku kemudian langsung pergi padahal aku tahu ia manggil. mudah2an ia tidak marah. sebelumnya rasanya aku juga beberapa kali begitu. mungkin aku begini karena merasa malas ngomong dengannya, apalagi kalau ia lagi dengan teman2nya. aku tidak begitu kenal dengan teman2nya dan aku juga bukan tipe orang yang pandai ngomong atau disenangi orang kalau lagi ngomong. selain itu biasanya aku ketemu pegi di ipa 3 dan di ipa 3 kan ada esa. aku merasa nggak enak saja kalau ada dia, walau aku mungkin cuma ada perlu sama pegi, pii, atau yang lain. dan juga akhir2 ini aku lagi nggak enak sama ronal koplenk




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
minggu 4\3

08`45

hari sabtu aku bawa hendra ke rumah rangga. di sana juga ada charlie. hendra rencanaku yang jadi drumer baru kalau ia bisa, tapi kelihatannya dia agak ragu. tapi nggak tahu juga, bisa saja sekarang setelah 4 bulan les ia sudah mahir drum. di rumah rangga aku mendengarkan kaset lawak rangga dan charlie yang berbahasa minang. angga beri kaset berisi rekaman lagu2 zodiac buat hendra. tapi kaset itu aku bawa dulu untuk aku tuliskan urutan lagunya karena hendra belum tahu lagu2 zodiac. kemaren aku suruh ia kemari buat ambil kaset, tapi sampai sekarang ia belum datang juga

kemaren aku tidur di rumah ante (di kamar aul) karena ante lagi pergi haji. aku ke sana sudah jam 12 lewat karena sebelumnya aku duduk di lapau siil

19`00

akhirnya hendra datang juga tadi berdua temannya setelah ia ke rumah eko dulu. kurasa ia menunjukkan kalau ia sudah bersedia untuk gabung dengan zodiac. dia sebentar saja kesini setelah aku kasih tahu urutan lagunya. sekarang aku tunggu saja kabar dari angga untuk latihan lagi




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
senin 5\3

10`10

hari ini adalah hari raya idul adha. orang tadi shalat di bypass yang basah sebelumnya karena gerimis hujan. tadi kulihat izal ajis duduk di barisan depan. mungkin besok2 ia main kemari. tadi aku tidak sempat bicara dengannya




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
selasa 6\3

19`30

tadi hari terakhir ujian aku janjian dengan boy untuk mendaki sabtu. rencanaku pegi aku telpon saja nanti kalau aku sudah pasti pergi. sementara tadi juga rapat terakhir sebelum acara perpisahan. aku diutus jadi tim even yang pergi duluan besok. tadi sampai jam 4 sore aku ke sekolah menanti tanda tangan kepsek buat proposal. tadi juga aku ikut dengan mobil hilmy yang menurut bus yang [akan membawa kami mungkin]




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
senin 12\3

20`00

dari hari rabu sampai jumat kemaren aku di payakumbuh. aku, fadli, pei, eko, ricky p, dan usman lebih dulu pergi hari rabu. usman balik ke padang kamis dini hari. dan siangnya baru semuanya datang dengan bus. sebelumnya kami yang tinggal main2 gitar di halte menunggu bus datang. sore hari sebagian cowok main bola dengan anak sana. dan malam ada acara diskusi, nyanyi bersama, acara cakak banyak (buat ngerjain hilmy yang ulang tahun) dan dini hari muhasabah. pagi sebagian besar dari kami pergi ke harau jalan kaki lebih kurang 7 kilo. pulangnya baru kami naik mobil dan tiba di rumah usman menjelang shalat jumat. sekitar jam 2 bus datang dan kami semua pulang kecuali fadli, usman, pei, dan ricky yang beres2 rumah sebagai tim even dan mereka pulang sabtu. selama acara homestay ini aku cuma tidur 2 jam kamis pagi dan 3 jam jumat pagi. aku merasa acara ini enak tapi ada hal2 yang membuat aku tidak suka. di antara semua sikap munaplah yang membuat aku paling muak. dan juga di acara ini tidak begitu terasa kekompakan lokal. sangat terasa lagi adanya kelompok2 yang terkotak2 baik cowok maupun cewek

hari sabtu sampai senin aku, boy, dan bobi ke merapi. logis dan perlengkapan kami sudah cukup lengkap. setelah sempat tidur jumat malam di rumah, sabtu siang aku pun berangkat untuk ke marapi. pegi yang rencananya mau pergi nggak jadi setelah kami tunggu2 di koto baru, karena di koto bari tidak ada wartel untuk hp (rencananya kami nelpon ke hp pegi, waktu itu ia sedang di bukittinggi dengan teman2nya). malam setiba di pesanggrahan kami kemping sampai pagi, baru kami naik. di bawah cadas kami pasang tenda lagi. sementara iboy tidur, aku dan kaliang naik ke atas dan cuma sampai menjelang puncak merpati. karena cuaca amat buruk kami balik ke bawah. waktu itu cuma kami yang ada di atas. dan waktu kami balik baru ada serombongan anak pekanbaru di tugu yang baru naik. karena cuaca buruk kami turun saja menjelang sore dan dapat sunset menjelang pinggang gunung. waktu itu [aku] kesal sekali sama iboy dan bobi karena aku ditinggal jalan paling belakang dan orang sudah nggak ada lagi. kami sampai di pesanggrahan jam setengah 8 dan kemping di sana sampai pagi. lalu baru kami pulang. aku tiba di rumah sudah jam 1 siang tadi. di suber air di pesanggrahan aku sempat terjatuh waktu ambil air malam waktu naik hingga kakiku bengkak sampai sekarang. waktu mau naik dari pesanggrahan giliran lutut kiriku yang uratnya tegang2 hingga kakiku aku ikat sampai kami balik lagi ke pesanggrahan minggu malam. di puncak aku juga merasakan cuaca paling buruk selama aku mendaki gunung




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
rabu 14\3

21`50

hari selasa malam aku muntah2 karena sakit perut. sampai sekarang badanku masih kurang enak. padahal aku ada rencana ke rumah angga jumat besok dengan hendra karena sabtu rencananya kami bakal latihan




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
selasa 20\3

14`37

sakit kakiku karena jatuh di pesanggrahan waktu mandaki kemaren masih terasa sampai sekarang

hari senin kemaren hari pertamaku sekolah. pegi bilang kalau gara2 ditahan kawan2nya ia nggak jadi pergi mandaki kemaren

sabtu kemaren zodiac nggak jadi latihan. aku sampai sekarang juga belum bertemu hendra karena hari jumat kemaren aku nggak jadi menjemput dia ke rumahnya dengan eko. di telpon, aku dan angga sepakat hari jumat besok. rencanaku besok aku ke rumah angga buat latihan pakai gitar bolong. nanti aku akan telpon dia dulu memastikan ia ada di rumah

hari minggu riki dan seorang kawannya main kemari. aku ajak sore itu ia main ke proyek

kemaren malam miza dan rombongan kawan2nya sama pkl beberapa orang main ke lapau siil

hari senin kemaren orang bai2 baju kelas. rencananya kami masih ada acara lokal. tadi aku dengar2 ada rencana untuk pergi hiking




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
sabtu 24\3

19`00

rabu kemaren anak ipa 5 ada rencana main dengan II 8. tapi karena mereka nggak datang kami cuma nonton ipa 6 vs ipa 4 di ikip dalam. waktu itu hari agak hujan, karena itu besoknya aku agak demam

rencana latihan jumat batal lagi. jumat siang itu sepulang sekolah dan selesai shalat jumat aku mengantar sweater lokalku yang akan diperbaiki ke tukang jahit di balai, aku juga berobat ke puskesmas. sorenya baru aku ke rumah rangga setelah sebelumnya aku telpon dia dan ia suruh aku main kesana. dari rumah rangga aku ke sekolah karena di mushalla anak2 ipa 5 yang laki2 pada kumpul malam itu. tapi yang datang kira2 cuma 10 orang. kami malam itu membicarakan rencana acara perpisahan sekali lagi. kali ini tak ada acara muhasabah karena semua pada tidur, cuma kamek yang aku lihat shalat tahajud sendiri. paginya semua pada pulang, aku dan dona pulang terakhir setelah kami masak mie bertiga fadli terlebih dahulu. aku pulang sebelum orang ambil raport tadi jam 9. sebelum ke rumah aku singgah dulu ke rumah dona untuk ambil grip gitar. sekarang kerongkonganku sakit dan sudah terasa sejak kemaren malam. waktu itu badanku sudah kurang sehat, tapi aku malah bantai pula merokok. hingga sekarang tenggorokanku jadi sakit

nilaiku kali ini lebih baik dari cawu 1 dan nggak ada yang merah. mungkin ada di antara teman2ku yang tidak senang karena mereka tahu waktu ujian kerjaku cuman menconet. tapi aku berharap sekali mudah2an di ebtanas masih ada orang2 di dekatku yang mau membantu




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
selasa 27\3

20`45

tadi di sekolah waktu jam ke 5 ada promosi sekolah taruna AL dari 5 orang perwira TNI AL teluk bayur di aula. seluruh laki2 kelas 3 masuk untuk mendengarkannya

sekarang aku makin suntuk dan malas saja untuk main di lapau siil. anak2 itu kerjanya paling main balak dan aku kurang suka. lagi pula aku juga kurang enak untuk ikut main karena aan hampir tiap malam ikut main, hingga karena terlalu sering keluar malam nilainya jauh menurun. dan beberapa hari yang lalu apa sempat marah2 padanya. kalau aku ke lapau siil kerjaku paling nyanyi2 di bengkel tris

tadi sepulang sekolah aku dan eko jalan ke rumah hendra dari simpang tabing di bawah terik matahari. waktu itu badanku kurang enak sebenarnya, tapi karena aku juga pengen tahu rumah hendra. aku juga segan untuk menolak ajakan eko yang ada perlu sama hendra. tapi waktu kami tiba hendra tak ada di rumah

entah kenapa cawu 2 ini aku punya nilai ujian yang lebih baik sehingga rangkingku naik. padahal seperti cawu 1 aku paling cuma sama wendri dan dona paling banyak kerjasama. padahal aku sadari kemampuan ipa-ku amat rendah sekali




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
sabtu 31\3

19`15

hari jumat aku dan hendra ke rumah angga. sebelumnya kami dengan eko ke rumah abang. setelah itu aku dan hendra ke permindo dulu ambil kaset sama guru les hendra, tapi ia nggak ada. lalu baru kami ke siteba. kemaren itu baru mulai nampak akrab si hendra dengan yang lainnya. aku harap hendra mampu untuk jadi drumer kami agar kami bisa segera merekam lagu2 zodiac yang bersih. besok rencananya zodiac latihan dan sekalian rekam lagu2 yang bersih hasilnya. tapi hendra bilang kepadaku kalau ia masih ragu apakah mampu memainkan lagu kami dengan baik




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
senin 2\4

19`45

minggu sore zodiac rencananya latihan di GL. semua sudah datang kecuali hendra. lama sekali kami tunggu, sampai jam 4 lebih. lalu karena GL penuh kami pergi ke griya. waktu itu wendri ikut kami karena kebetulan ia ada di GL. karena di griya ada orang main kami terus ke picolo. jam 6 lebih baru kami masuk dan keluar jam 7 lebih. kami main tanpa vokal karena jack main drum, karena hendra nggak ada. aku malam itu nggak pulang, lalu aku tidur di rumah wendri. pagi2 aku ke mushalla fadli dan pakai baju fadli sekolah. tadi waktu aku tanya hendra rupanya terjadi kesalahpahaman antara kami. rencananya rabu kami latihan. rencananya sekalian memastikan apakah hendra bisa masuk sebagai drumer tetap zodiac. tadi aku sudah dua kali berusaha menelpon rangga untuk menjelaskan kenapa hendra nggak bisa kemaren dan memastikan latihan hari rabu. tapi ia tak ada di rumah

sekali lagi latihan band lokal diundur, walau uang sudah dikumpul. kalau tadi kemungkinan gara2 kamaek bilang kalau ia belum siap untuk latihan. kalau aku sih tidak terlalu berharap di band lokal ini

malam minggu seperti biasa aku tidur di bengkel tris. malam itu sebelum tidur kami ngomong2 soal cewek lagi, tapi cuma sebentar




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
rabu 4\4

19`10

tadi aku tambahan bahasa Indonesia dan se-selesainya aku nganterin kaset2 metallica ke rumah rangga. kebetulan ia sedang nggak ada di rumah jadi kaset kuberikan sama adiknya dan aku langsung pulang. tadi rangga nelpon dan katanya ia udah mutusin lagu "unforgiven II" dan mau cari satu lagi lagu metallica. katanya dia mau pakai seorang kawannya untuk drum kami pada acara sma 12 tanggal 5 mei. dan katanya kami akan pakai hendra untuk rekaman saja. karena itu kemungkinan jadwal latihan lagu2 kami diundur lagi. dan aku juga bingung sekarang harus ngomong apa sama hendra. padahal ia sudah kusuruh untuk hapalin lagu2 kami. tapi kalau aku paksain juga hendra untuk main lagu2 buat acara sma 12, aku takut ia nggak bisa karena banyaknya lagu yang akan kami mainkan. mudah2an saja kawan rangga itu cuma dipakai buat acara sma 12. sementara drumer tetap zodiac tetap diberikan pada hendra (kalau ia lulus seleksi)




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
minggu 8\4

09`45

formasi zodiac ganti lagi. ronaldi keluar dan diganti sama andi yang tinggal dekat rumah rangga. rencananya aku yang pegang rhytim. dan tampaknya kawan rangga di drum nggak jadi masuk dan kami masih akan coba hendra. kemaren sepulang sekolah aku terlebih dahulu lihat wendri main internet di alaska. lalu aku ke rumahnya dan makan di sana baru ke rumah rangga. di rumah rangga kami latihan sama andi dan aku lihat dia juga tidak begitu mahir. aku tiba di rumah kemaren sudah jam 8 malam. rencananya nanti aku dan hendra ke siteba, sekalian latihan




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
senin 9\4

19`30

hari minggu zodiac latihan tanpa hendra karena ia tak ada di rumah. kami pakai teman rangga yang namanya tojul di drum dan rangga mengajak dia jadi drumer tetap. sekarang aku merasa bersalah sama hendra. kadang2 aku kesal juga sama rangga yang seenaknya memakai atau mengeluarkan personel. tadi pagi aku sudah ngomong sama hendra. dia bilang terserah saja. namun aku yakin dia juga kecewa padaku. aku main kemaren amat jelek. aku nggak tahu apa aku ini dipecat atau masih dipakai. kalau aku ditelpon berarti aku masih dibutuhkan. rencananya sih sabtu latihan lagi. ada pengalaman menarik kemaren waktu kami masuk ke tempat latihan teman2 rangga (anak2 smu 12) di profile. semula kami kira mainnya biasa saja, ternyata mantap sekali. rangga nampak masam mukanya melihat permainan lead gitar yang maut. akhirnya kami pindah ke alaska dari pada dianggap remeh nanti. aku pulang kemaren sudah hampir jam 9 malam lagi

tadi waktu upacara aku dan uncu manjat keluar dan masuk lagi sama anak2 yang terlambat lewat belakang

hari sabtu pei ngajak aku untuk mempersiapkan lagu metallica untuk turun di perpisahan. tapi aku jawab aku masih ragu. tapi tadi dia tidak nanya2 lagi

lagu band lokal sekarang rencananya vengaboy (kamek yang punya ide). pei tampak serius untuk ini, juga iqbal. kalau aku masih tak yakin band lokal ini akan jadi

tadi aku baca2 buku tentang jin punya angga wd. sampai2 waktu tambahan aku malah baca buku itu di mushalla




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
rabu 11\4

17`00

tadi aku dua kali keluar masuk panjat tembok. pertama dengan ricky p waktu ulangan fisika karena aku nggak ngerti fisika satupun. kami duduk2 beli rokok di luar. kedua waktu menjelang tambahan bahasa Indonesia. aku beli rokok angga keluar. waktu itu angga lagi banyak uang. ia bahkan mentraktir kawan2 untuk makan nasi goreng. tadi aku juga janjian dengan heru untuk sama pulang karena aku mau pinjam haiklip GNR yang akan kuambil ke rumah. namun setelah lama kunanti2 ia di lapau luar, ia nggak kelihatan juga




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
minggu 15\4

11`45

kemaren sore zodiac latihan di GL dengan formasi baru. jeff di drum dan viki di bass. jeff main buruk sekali, sedang viki mantap. aku nggak tahu apakah sekarang rangga masih mau pakai jeff. aku kemaren main dengan rhytim yang kurang bagus, bahkan untuk pertama kalinya aku memutuskan senar gitar. rencanaku besok2 aku usulkan untuk cari tempat latihan yang rhytimnya bagus. di profile kelihatannya bagus. aku harap untuk besok ini hendra yang di drum kalau dia mau. kemaren waktu aku di GL (mau pulang), hendra menyapaku dari atas carry yang menuju ke pasar. entah bagaimana perasaannya melihat aku latihan

hari kamis heru membawakanku haiklip GNR dan sabtu rencananya aku mau balikin tapi heru nggak ada. haiklip itu aku perlihatkan pada teman2 di lokal

rencananya malam minggu hendra dan abang kesini tapi nggak jadi. aku saja nggak keluar karena hari hujan. sedang pei nggak bisa kesini karena uncu ada acara baralek. aku nggak pergi ke rumah uncu karena mesti menghemat uang

kemaren secara nggak sengaja aku ngomong2 sama tahmid dan dia punya niat untuk main bersama f-16 lagi perpisahan besok




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
rabu 18\4

19`45

tadi metalmilitia latihan di profile (rencananya buat acara perpisahan sih). alat di sana bagus2. kami kali ini 1 jam cuma mainin fade to black, tapi masih belum putus. kami main masih kurang kompak. aku pun merasa skillku masih kurang untuk memainkan lagu ini

sudah dua buah aku rekamkan kaset2 pilihanku pada tris

kemaren waktu di lapau siil, aku merasa nggak enak melihat miza dan siil mencimeeh tris

band lokal yang rencananya main kemaren kembali tertunda gara2 kamek yang katanya belum mencari kuncinya. tapi tadi ia sudah memberikan kunci lagu vengaboy itu padaku. tapi entah kapan latihan padagal uang sudah 3 kali dikumpulkan. dan uang waktu pertama kali sudah hilang. tinggal uang pengumpulan yang kedua dan ketiga sejumlah 15.000 (cukup buat latihanlah...jadi personel nggak perlu nambah bayar)




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
kamis 19\4

16`10

hari minggu malam gunung marapi (koto baru) meletus. sampai sekarang sudah beberapa kali letusan dan di sana sedang waspada. tapi belum separah letusan merapi di yogya kayaknya. abunya bahkan sampai ke kota padang




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
minggu 22\4

09`00

kemaren jack nelpon ngajak latihan sekarang. sebenarnya aku lebih suka main di hari sekolah karena di hari minggu aku harus banyak mengeluarkan ongkos

sekarang aku juga lagi enggak enak main di lapau siil karena miza dan siil lagi kompak memboloki tris. entah kenapa, kadang aku juga jadi kesal pada mereka. padahal tris orangnya juga tidak jelek2 amat. sebenarnya kemaren rencananya hendra dan abang mau datang ke sini bawa minuman, tapi mereka nggak datang

hari sabtu rencana latihan band lokal batal lagi gara2 aku terlambat datang ke sekolah. aku datang waktu menjelang keluar main (karena aku bangun sudah hampir jam 7). rupanya orang sudah pulang karena rapat. kata eko rencananya hari senin latihan jadinya

di kelas 3 ini aku merasa dapat lampu hijau dari lia, cuma aku saja yang nggak mau terus. sejak kelas 2 sebetulnya aku sudah tahu, dari cara melihatnya walau aku belum kenal dia. tapi walau boleh dibilang ia termasuk cewek yang seksi, aku biasa2 saja walau kadang ngiler juga. tapi tidak sampai kayak dengan esa dulu yang sempat membuat aku stress mikirinnya. kalau aku dapat perasaan seperti itu mungkin sudah aku lewati lampu hijau itu (aku nggak tahu apa aku berani). sementara itu feeling lama dari mantan anak II 4 itu, yang namanya elfi yang jadi pacar raok, tampaknya masih ada dari cara melihatnya padaku. kata orang sih dia terpaksa dengan raok, namun aku tak mau menambah2 masalahku untuk mengejarnya. dan lagi dengan fenti aku mulai merasa asyik untuk pdkt karena responnya juga baik (padahal sama orang lain kayaknya dia kurang respon). tapi aku juga masih ragu dan masalahnya memang aku belum dapat yang namanya power of love kayak dulu. tapi aku juga berharap kejadian kayak dengan esa dulu nggak terjadi lagi

21`00

tadi zodiac latihan di GL. aku makin nggak betah saja main karena gaya rangga yang egois, drumer yang tidak menentu, dan tadi kami latihan di studio yang alatnya jelek. selama ini aku telah banyak menghabiskan uang untuk jalan dengan mereka, namun hasilnya tidak menentu. tadi aku terlebih dahulu ke rumah abang, lalu pei datang bawa gitar listriknya. lalu menjelang jam 1 aku ke siteba dan selesai sekitar jam 4. baru kemudian aku balik lagi ke rumah abang, pei ternyata masih di sana. kami latihan sebentar lagu "fade to black", baru pulang. aku tiba di rumah sudah malam. duit habis pula lebih kurang 10.000 untuk main hari minggu ini. tapi kalau aku nggak ngeband aku nggak tahan hanya suntuk nggak ada kerja di rumah... bingung2!




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
rabu 25\4

19`10

tadi latihan band lokal batal lagi. waktu itu kamek janji nunggu kami yang ke mushalla dulu di luar. waktu keluar ia nggak ada. kami semua kesal dan aku punya niat nggak bakal mau lagi main di band lokal ini. apalagi dengan kamek, tampak sekali ia merendahkan kami yang lainnya di band lokal ini. aku sekarang serius untuk mainin "fade to black". besok rencananya kami kumpul sekalian latihan, kabar2nya jumat seleksi. mudah2an diundur karena aku rasa kalau hari jumat kami tak akan mampu ikut seleksi

kemaren rangga nelpon dan suruh aku ke rumahnya untuk mutusin lagu. dan aku janji sabtu ke sana. aku sekarang ragu untuk main di zodiac. selain gaya rangga yang ego dan jeff yang asal main drumnya, adalah karena sekarang aku dekat dengan ujian. padahal rencananya tanggal 12 mereka ajak aku main di smu 12 (kalau jadi). tapi aku malas untuk keluar (dari band ini) dengan alasan aku tambah akrab dengan mereka dan kalau nggak main dengan mereka kegiatanku akan berkurang. enak juga sekali seminggu kumpul dengan mereka. tapi ya... uang keluar juga




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
selasa 30\4

20`45

hari jumat kemaren aku masih semangat untuk terus mainin metallica, sampai siang eko bilang ia mau mundur. aku masih semangat (mungkin aku merangkap vokal atau cari vokal lain, dan juga aku senang aku bisa bebas main dengan pei tanpa dia lagi, karena terus terang sudah lama aku nggak suka gayanya). sementara iqbal mulai kesal, pei juga sedikit namun ia suruh aku rangkap vokal. malamnya eko ke sini dan bilang kalau ia masih mau main lagi. ia juga cerita tentang rencana ia, pei, hendra, dan abang waktu kelas 2 kalau mau main metallica di perpisahan smu 3 ini. ia juga bilang kalau ia kurang suka sama iqbal dan sebagainya. sejak itulah aku mengambil sikap untuk nggak main lagi di momen inersia. aku sudah lama muak melihat tingkahnya, tapi kali ini aku tak tahan lagi. walau aku terlihat bersikap biasa2 saja padanya. aku sudah suruh ia untuk main berempat dengan hendra tapi sampai hari minggu ia belum juga bilang sama pei. hingga, aku merasa bersalah sekali hari minggu kemaren mengatakan kalau aku nggak bisa main. sampai tadi siang akhirnya aku terusin main dengan mereka buat seleksi. tapi untuk seterusnya aku mundur dan aku minta david yang menggantikanku. maka kami pun sore tadi main di pinokio untuk seleksi. di tengah lagu kami disuruh berhenti (entah karena kami sudah pasti lulus atau lagu kami yang panjang atau lagu kami jelek). tapi kata david tampaknya buk monalisa mengangguk2 dan katanya mungkin kami lulus. tapi aku ragu karena waktu keluar aku mengeluarkan kata2 kotor karena lagu kami dipotong dan mungkin ibuk mendengar. sehingga kalau pun kami lulus mungkin dicoret lagi. tapi sekarang aku nggak mau tahu lagi karena aku sudah bertekad untuk keluar dan konsen main di zodiac

hari sabtu sepulang sekolah aku ke siteba, tapi rangga tak ada di rumah. setiba di rumah rangga nelpon dan aku pun balik ke sana. ia minta maaf karena pulang kuliah sudah jam 2 dan ia sempat mengganti ongkosku 1.000. tapi aku sumbangin lagi untuk beli rokok. kami latihan sebentar, lalu nonton cd. setelah maghrib baru aku, rangga, dan charlie pergi dari siteba. mereka ke minang sedangkan aku langsung pulang. minggu kami latihan dengan memakai al sebagai pengganti jeff (mainnya kurang bagus). kami juga main mengiringi cewek ipa 1 sma 12 yang jadi vokal (main potret). waktu mau bayar aku nyumbang 5.000, angga 5.000, vicki 3.000 (dengan uang recehan), dan charlie mencukupi hingga 20.000 (kami main di GL). kelihatannya minggu besok kami main dengan dana lokal ipa 1 sma 12, asyik. waktu selesai main dan cewek2 pada pulang dan kami pada duduk2 di trotoar depan GL, lewat budi f-16 dengan 2 orang cewek dan seorang temannya. dia tidak menyapaku (entah ia lihat aku duduk atau tidak). tapi aku jadi segan pula untuk menyapanya. aku jadi malu juga sama rangga karena aku pernah bilang kalau aku pernah main sama budi ini. tapi kelihatannya rangga juga kenal sama budi ini dan ia juga kesal karena budi ini acuh saja lewat depan kami. tapi mudah2an zodiac tetap kompak deh

kami latihan band lokal dengan suasana tidak enak bersama kamek jumat sore (aku nggak pulang tapi ke rumah pei). aku dan iqbal sama2 nggak ingin main di band lokal




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
senin 7\5

13`10

hari kamis aku sakit lagi hingga aku nggak sekolah, juga hari jumat. tapi hari jumat sore aku latihan dengan zodiac, juga dengan band lokal. sebelum jumat rangga datang kemari karena ia tak ingin aku nggak jadi pergi latihan karena sakit (waktu itu aku sudah agak baikan). sementara pei dan juga ajik nelpon kesini menyuruh datang ke latihan band lokal. akhirnya aku dan rangga datang ke tempat latihan band lokal dulu, baru kemudian kami ke GL. kami latihan dengan cewek2 ipa 1 sma 12 (kami nanti di acara sma 12 selain main sebagai band zodiac juga main sebagai band pengiring cewek2 itu), mereka kemudian pada ke minang. aku, rangga, vecki, dan jack juga ke minang. waktu putar2 di atas aku ketemu iwan ajo. waktu kami duduk di bawah dekat warnet (cewek2 itu lagi pada main di sana) aku juga ketemu rhini dan uchie. kami berempat juga cheating setengah jam. rangga membuatkan aku email, tapi aku sendiri belum bisa untuk main sampai sekarang. katanya nanti ia akan ajari aku. aku pun tiba di rumah sudah malam

kemaren band lokal latihan lagi. aku sempat sakit hati menunggu anak2 yang lain karena mereka datang terlambat semua dari janji sekitar jam 5 sore. kecuali pei, mereka baru berkumpul jam 7 malam lewat. kami baru mulai latihan kira2 jam setengah 9 tanpa fadli, karena malam itu ia sedang ke picolo (sebelumnya ia sudah datang, waktu itu hanya ada aku dan pei dan yang lain belum datang, karena banyak urusan ia balik ke sekolah). setelah kami selesai latihan baru fadli datang dengan sepeda. aku pulang diantar oleh hilmi dengan mobilnya karena iqbal kurang hapal jalan. hilmi hampir bertabrakan dengan motor iqbal. setiba di lapau siil aku suruh anak2 itu (hilmi, pei, ajik, kamek, dan ricki patrianda) duduk2 sebentar di lapau siil. aku pun menyuguhkan mereka kopi dan rokok. hingga sekarang aku lagi ngutang di lapau siil

hasil seleksi sudah keluar, momen inersia nggak lulus, resletink juga tidak. banyak orang yang kecewa dengan penilaian dan anak kelas 3 yang lulus cuma sedikit. hanya anak kelas 2 yang banyak walau mereka main asal2an




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
selasa 8\5

18`30

hari senin latihan band lokal terakhir dengan vokal ajeng. kami cuma main 1/2 jam dengan meminta jam anak ips 1 karena kami sudah terkumpul 11 (tanpa fadli). padahal kami booking jam 9-10. lagi2 semuanya terlambat dan aku yang datang duluan. sesudah itu aku ke rumah rangga. di sana sudah ada 2 gitar listrik dan 1 bass yang baru dibeli rangga kemaren. aku pun pulang sudah malam

tadi acara perpisahan di taman budaya. mula2 kami kumpul di rumah pei baru kami pergi bersama. kami main sekitar jam 3 lebih. kami main agak kacau, namun pada awal2 lagu orang2 sempat joget. saat kami tampil pak safarni sudah pulang. selesai acara anak2 ipa 5 kumpul2 di taplau untuk foto2. para cowok masing2 dapat setangkai bunga plastik dari para cewek

tadi seharusnya sore aku ke siteba. tapi karena sudah letih aku langsung pulang. mudah2an anak2 itu nggak marah padaku




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
jumat 11\5

19`45

hari rabu aku dan hendra main ke siteba. rupanya acara sma 12 besoknya. kami latihan di picolo sekitar jam 6 sore. hendra cuma sempat main satu lagu (caffein). kami bawa alat rangga dan sound systemnya picolo. entah kenapa jadi feed back (latihan kali ini soundnya paling kacau)

hari kamis pagi aku dan hendra ke siteba. tanpa latihan lagi kami langsung ke sma 12 bawa alat. jack sempat ada masalah di sana. kami main sekitar jam 3 sore. satu lagu potret; dan yang kedua lagu caffeine dengan hendra di drum, sedang al tidak main

tadi anggota band lokal foto di depan lokal

tadi aku, wendri, dan iqbal rencananya mau cheating di minang. aku rencananya mau buka emailku yang dibuatkan rangga, tapi nggak jadi karena tempatnya penuh. wendri dan iqbal ke pasar, sedang aku pulang saja karena badanku kurang enak

aku mulai saling sapa lagi dengan esa. setelah kemaren waktu perpisahan aku duluan menyapanya, tadi waktu papasan di sekolah ia yang menyapaku




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
senin 14\5

15`00

kemaren ijel dan da jet ke sini. waktu itu aku sedang tidur dan kudengar da jet memanggil namaku. rupanya ia mau pinjam gitar, tapi tak aku pinjamkan dengan alasan gitarku dipakai kawan

tadi waktu pulang aku jalan bertiga dengan wendri dan dona saja. dari lapau amak ada seorang preman memanggil kami (ia berdua seorang kawannya). kami pura2 tidak melihat saja. aku takut orang itu mau ngompas, apalagi sekarang dekat2 ujian dan orang biasanya banyak bawa uang ke sekolah ntuk bayar ini itu. sehingga, kemungkinan preman pergi untuk memalak ke sekolah sangat besar. aku sekarang lagi cari cara bagaimana supaya aman bawa uang besok

tadi aku, kampud, dan fuad manjat (sewaktu orang masih upacara). orang2 yang manjat setelah kami pada kena oli (mungkin setelah kami manjat orang yang rumahnya di balik pagar menyiramkan oli ke pagar). waktu kami duduk di lapau bude lewatlah jajang. entah bagaimana jadinya aku tak tahu karena aku sempat lari ketika dia sedang mencari2 yang lain

hari minggu pagi waktu aku lagi asyik nonton tv, munap mancogok di jendela. rupanya ia pulang dari lori. di sana anak sispala lagi menjurit malam minggu. waktu pergi ia sempat meminta uangku 1.000. aku kurang enak waktu ia datang karena aku kurang suka dia. waktu ia ajak aku ke sekolah (katanya orang kumpul untuk sama2 ke tempat fadli) aku menolak dan bilang aku lagi agak demam. padahal aku sebenarnya ingin sih pergi ke tempat fadli

sejak angga datang kemari hari jumat yang lewat ia belum juga balik kemari. padahal dulu rencananya ia mau ajak cewek2 anak smu 12 main ke sini. katanya ia juga suka tempatku ini. sejak selesai acara sma 12 aku belum ada lagi berhubungan dengan angga, jack, dan vecky. aku malas nelpon dia karena aku pengennya vakum dulu sementara ujian ini. sekarang aku nanti saja kabar dari dia




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
rabu 16\5

14`00

hari ini adalah hari terakhir aku duduk di bangku sekolah. mulai besok aku berturut2 pra-ebta, ebta, dan ebtanas, dan aku sudah nggak sekolah lagi. tadi waktu jam buk ernita kami buat acara, mulai dari kata sambutan sampai nyanyi2. banyak juga yang meneteskan air mata tadi. berakhir sudah suka dukaku melalui masa2 sekolah. sekarang aku akan menghadapi tantangan untuk masa depanku. walau besok mulai ujian sampai sekarang aku belum juga mulai belajar. pikiranku untuk belajar memang tidak ada, namun aku masih berharap suatu saat aku akan mendapatkan ketenangan pikiran, jiwa, dan raga

akhir2 ini aku rasanya dapat feeling sama fenti. rasanya kalau pas pandangan sama dia, manis saja lihatnya padaku. tapi aku tak akan berusaha mendapatkannya, karena aku memang nggak bisa. dan lagi aku nggak mau lebih memikirkan untuk dapat cewek. yang aku pikirkan sekarang bagaimana hidup dengan tenang dan damai setamat sma ini

kemaren aku olahraga lari. aku berhenti paling duluan dari yang lari sama denganku. sebelumnya waktu mau pulang kemaren jam terkahir fisika aku, ricky, dan kamek manjat keluar untuk duduk di lapau sambil ngerokok. sepulang sekolah aku dan ricky balik ke sekolah untuk ambil tasku. waktu aku mau cabut ada orang yang menyembunyikan tasnya aku. tapi aku terus saja manjat (rupanya winda yang menyembunyikan dan waktu pulang ia kasih wendri). tiba di lokal orang sudah nggak ada dan untungnya di khatib ada wendri dan ia kasih tasku. sepulang olahraga aku, eko, dan miza ke batang air. aku cukur rambut sama madi. lalu setelah sekian lama kemaren aku berendam di batang air walau hari sudah maghrib

ini adalah catatan memoriku yang terakhir, sebagai sebuah kisah klasik untuk masa depan....




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
RINGKASAN YANG AKU INGAT SEJAK TERAKHIR MENULIS CATATAN HARIAN 16\5 2001 SAMPAI HARI INI 4\1 2002
wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww

ebtanas dengan rambuik gondrong, eden indak kanai razia doh. tvri padang sempat syuting di smu 3. aden masuak pulo ka tivi saketek (kalau ndak salah)

walau ujian den ndak serius bana doh, nem den dapek lumayan tinggi dibandiang kawan2 salokal nan lain. banyak kawan2 nan heran dek satahu anak2 tu aden pamaleh urange

sepanjang juni 2001 aden bimbel gratis di ikip. aden bimbel sakedar main2 sajonyo daripado manuang2 di rumah. samaso bimbel den acok jo main ka rumah rangga

awal juli den ikuik umptn. jurusan nan dipiliah ndak terlalu serius doh dan sempat baganti2. waktu ujian aden lalok di kostan emilnyo dona di anduriang. waktu ujian ari terakhir aden ka limau manih mambao kerel den mah. gadang kapalo rasoe waktu tu. aden ndak manyangko waktu pengumuman kalau aden lulus di sastra indonesia unpad. apa sempat manangih antaro bangga jo sadiah malapeh den ka banduang. waktu ka pai banyak sanak nan maagiah den pitih. sahinggo wakatu itu ditambah pitih nan alah takumpua sabalune, pith den ampiang 200.000 lai

aden pai jo ama ka banduang kiro2 tanggal 9\8 2001. partamo rencana di banduang aden ka tingga di rumah teta. tapi satibo di siko baru den tau kalau kampus den jauah dari rumah teta. dek raso2e aden ndak betah tingga di rumah teta doh, den tingga di asrama. sakali2 den pai juo ka rumah teta untuak mangetik atau mintak pitih. suasana di asrama pun mulai mambantuak aden untuk mandiri dan mambuaek dan sadar kalau salamo ko aden alah talalu banyak utang ka urang tuo

sapanjang september 2001 aden sibuak jo mabim. samantaro ospek fakultas den ndak ikuik doh. tapi kanai juo waktu palantikan nan diadoan di psbj (seharuse pelantikan di lapangan, tapi karena acara di lapangan bubar makonyo diadoan di kampus nan mangakibatykan aden kanai juo akhire)

waktu ospek partamo di du aden adoh pangalaman menarik. waktu itu aden baru baduo jo teguh di asrama jatinangor. samantaro bisuak pagi2 bana anak baru kumpua di du (dipati ukur). partamo rencana kami ka manginap di kostan ricky patrianda. tapi waktu di jalan, sabalun naiak oto ka bandung, kami papasan jo kawan cewek teguh jo keluarganyo. inyo manawaran maantaan kami ka bandung (mereka tu mambao oto). kami pun manarimo, tapi di jalan kami diajak makan (di rumah makan padang), sudah tu diajak nginap di rumah inyo. kami pun ndak bisa manolak waktu tu. pagi2 kami diantaan ka du sakalian samo jo kawan teguh nan anak baru unpad lo. aden jo teguh pagi tu kaliliang2 mancari kostan patrianda untuak malatakan tas ransel kami nan baisi baju2 karano ndak mungkin tas kami ditinggakan di rumah kawan cewek teguh tu doh. kiroe den lupo waktu itu sahinggo tas kami ditinggakan di sebuah kadai baru kami ka kampus unpad. waktu pulang aden sempat paniang baputa2 mancari kadai tadi tu

salamo ospek jurusan nan di kampus aden maraso sempat ado masalah karano aden kurang bisa menaati peraturan seperti: marapian rambuik, mamakai sarawa salain jeans, dan makai pita. untuang sampai terakhir ospek lapangan di pangalengan aden aman2 sae nyo. ospek balansuang sangat santai. antah baa walau alah ikuik ospek aden tatap maraso kurang dakek jo kawan2 nan lain (mungkin memang alah pribadi den juo). padahal anak2 tu acok juo main ka kamar den ko. hubungan jo senior pun baitu pulo. aden maraso tamasuak nan kurang gaul jo nan lain

kuliah den lumayan santai. aden bahkan pernah mamakai terompa kuliah dan pernah kanai tegur sakali. aden maraso ndak mandapek nan berarti bana salamo semester 1 ko doh. mungkin nan taraso kini aden lebiah mangenal dunia bahasa dan sastra dibandiang dulu. mancaliak kawan2 nan luas wawasannyo dalam bidang iko salut juo den. tapi adoh juo kawan nan mode di rumah. salamo 4 bulan di jatinagor ko aden acok juo damam ketek2, tapi sasak angok alun pernah lai doh. tapi aden pernah mencret salamo 2 minggu

aden ndak betah jo makanan sunda doh sahinggo aden kurang salero makan salamo di siko. apolai aden sempat mencret pulo. samantaro kalau makan2 padang ndak talok dek saku den taruih2 doh

aie di asrama ko ciek lai nan mambuaek aden ndak sanang di siko. mungkin aie ko lah nan manyababan mencret den, selain kemungkinan gara2 terlalu banyak makan vit-c (untuak maubek sariawan den nan sajak di siko tiok sabanta sae nyo)

aden pernah nonton teater untuak partamo kali di daerah kosambi. wakatu itu aden baduo jo luthfi sumedang (kami dakek rasoe waktu itu)

aden acok juo main ka kostan patrianda (di sinan akhir2 ko aden maraso kurang lamak karano maraso di acuah saenyo). tampek iqbal nan agak acok saketek, kami acok2 jo carito kenangan lamo. tampek baba pernah sakali waktu aden baru2 di siko. wakatu itu adoh anjang, ernal, buya sahinggo kami sempat main di studio ditolong kawan anak2 tu sorang di drum

akhir2 ko (manjalang libur patangko) aden agak basitagang jo kawan2 sakamar gara2 salero musik kami nan babeda. tapi kami lah sempat baikan. namun kini aden mambao tape baliak dari padang. mudah2an kami ndak basitagang pulo baliak doh

saabih uts aden, ari, asril, jo mantol main ka bsm dan dago

saabih uts aden ikuik lko-upbm di pagalengan salamo 2 hari 2 malam. aden kurang sukses ikuik acara tu karano pada acara puncak aden damam dan lalok di biliak. salain itu memang susah maubah dasar den nan indak pandai mengecek di muko umum. namun sajak ikuik acara tu taraso juo adoh parubahan saketek di diri den

di sabalah kamar ko adoh kawan sajurusan dan saangkatan den. tapi aden maraso ndak cocok jo inyo doh. aden baarok bana dapek kawan dakek nan sapamikiran jo awak dan bisa diajak diskusi. dan ciek lai sifat2e den suko

masalah cewek salamo di siko aden ndak talampau mamikian bana doh dan ndak adoh pulo rasoe nan mamikek hati doh. kadang2 aden takana juo samo esa puti setia zul

salamo di siko aden maraso batambah wawasan keislaman den. malah aden ado niat untuak aktif di masalah2 keislaman walau secara praktek ibadah aden masiah alun banyak barubah. selain karena tipe den nan pandiam ko, kondisi fisik den nan lamah maambek langkah den untuk aktif

wakatu acara harry roesli aden sempat biacara sabanta jo harry roesli. wakatu itu aden duduak baduo da kris katiko harry sadang main. dek da kris diagiah tau kalau harry tu urang awak. katiko inyo mambuek lagu nan lirike dari usulan penonton, aden jo da kris mamasuakan kato bahaso minang. tapi nyo salah tangkok sebab nyo ndak mangarati doh. di antaro sado kato dalam lagu tu (bahasa Indonesia jo sunda) cuma kato dari kami nan indak dimangarati urang doh. di pintu kalua psbj den cegat harry dan den agiah tau arti kato tu. malu2in rasoe waktu tu. pernah pulo den manjaga lighting waktu acara malam kaduo. den main2an lah tata lampu tu, sahinggo adoh urang dipangguang nan agak heran mancaliak tata lampu barubah tiok sabanta. cuma waktu tu nan main alun sarius bana lai doh dan nan manonton pun cuma ciek duo urang

aden jo kawan2 lain (tamasuak anak 2000) pernah kanai tampak dek senior angkatan 97 gara2 Indonesia kalah main bola lawan sejarah. wakatu tu banyak anak 2001 nan ndak tibo

tanggal 6\12 2001 aden pulang ka padang surang naik oto transport. kalau disiko aden baarok bana suasana di rumah, tibo di padang den mulai muak lamo2 baiak suasana di rumah, di lapau siil, waktu acara buko basamo smu 3, maupun jo anak2 zodiac. aden pun sempat binguang mamikian esa dan aden pernah manelpon sakali sakedar mohon maaf lahir batin. dengan berbagai alasan aden ndak nio malangkah lebih jauah. akhire hari senin patang aden barangkek ka banduang baduo jo unang

wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww