Postingan

Menampilkan postingan dari 2009

SBY, KORUPSI, DAN REFORMASI INDONESIA

Saya tidak tahu kunci sukses, tetapi kunci kegagalan adalah mencoba menyenangkan setiap orang. (Bill Cosby)
amat menarik gonjang-ganjing beberapa bulan terakhir ini terkait cicak vs buaya, kpk, pilpres 2009, kabinet indonesia bersatu jilid II, gerakan facebookers dukung bibit-chandra, susno duadji, ito sumardi, hingga bank century. sebuah perjalanan melelahkan yang membuat sby bete karena menenggelamkan publikasi peristiwa ekonomi (mambangkak an paruik) indonesia summit beberapa waktu lalu berselang terpilihnya kabinet baru sby. dan kini saat century gate mulai di-pansus-kan oleh dpr senayan, pak amien rais yang dalam peristiwa ditahannya bibit s riyanto dan chandra m hamzah terdengar anteng2 aza, kini mulai bicara. ya amien adalah salah satu tokoh terpenting dalam arah lokomotif indonesia era reformasi. paska pemahzulan kebudayaan kolusi, korupsi, dan nepotisme ala zaman orde baru.

PERJALANAN MENCARI DUNIA YANG HILANG

Sekilas tidak ada yang salah dengan hidup Oei Hui Lan. Ia memiliki impian hampir semua gadis: cantik, terpelajar, dan menikahi seorang politikus cerdas. Selain itu, Hui Lan adalah putri Oei Tiong Ham, pria terkaya di Asia Tenggara. Ayahnya bahkan disebut-sebut sebagai raja gula asal Semarang.
Ayahnya sangat ambisius dan selalu menekankan putrinya agar menjadi nomor satu. Sedangkan, sang ibu pun berkehendak agar Hui Lan memiliki kedekatan dengan keluarga bangsawan di Eropa dan Amerika.

Kehidupan Hui Lan terlihat sempurna dan bertaburan kemewahan. Berlian, permata dan emas adalah sahabat akrabnya sejak kecil. Ia adalah wanita yang kedudukannya sejajar dengan para petinggi Eropa dan Amerika. Beberapa kali pun ia menerima undangan orang-orang penting, seperti Ratu Elizabeth dan Presiden Kennedy.

Lalu apa yang salah dengan dirinya? Seolah tak puas, Hui Lan tak mengerti bagaimana mencari dunianya yang hilang. Ia kerap berlibur ke negara mana pun yang ia suka, menjelajahi pesta-pesta …

SITUS BERITA VERSI MOBILE

cos di google kulihat dikit banget web page yang ke-index dengan keyword seperti zudul di atas, baiklah, biar aku yang nulisin biar bertengger di posisi nomor satu. dulu kulihat pernah salah satu judul postingan blog-ku pas ku-googling iseng2 ternyata bertengger di posisi teratas dengan pesaing yang kukira engga sedikit, gw lupa, mungkin puluhan, ratusan, atau bahkan ribuan. kalo ndak salah keywordnya pepatah arab. padahal isinya juga asal soal curhatan pendek sebaris kalimat yang nyaris tak ada hubungannya dengan kajian tentang "pepatah arab". ga tau juga nih apa kata pepatah arab disini ikut ke-index.

GAMAWAN FAUZI BARU HENDAK MERANTAU KE JAKARTA

Iman, kesederhanaan, dan qanaah adalah suatu yang tak bisa dipisahkan. Seorang beriman, tecermin dari kesederhanaan hidupnya dan kesederhanaan itu tecermin dari sifatnya yang qanaah. Qanaah adalah sebuah sikap yang menerima ketentuan Allah dengan sabar dan menarik diri dari kecintaan pada dunia. Rasulullah bersabda, “Qanaah adalah harta yang tak akan hilang dan tabungan yang tak akan lenyap." (Abu Faiz)

GERAKAN KLUB POLIGAMI GLOBAL IKHWAN

Sebanyak 150 orang undangan dari seluruh Indonesia memeriahkan launching klub poligami di Hotel Grand Aquila Bandung, Sabtu (17/10) malam. Para tamu undangan yang datang di antaranya dari Papua, Jakarta, Tasikmalaya dan Garut. Dalam peresmian tersebut, hadir juga ketua klub poligami Malaysia Global Ikhwan, Chodijah Binti Am. Di samping peresmian klub poligami, dalam kegiatan yang bertema `Poligami Obat Mujarab Untuk Mendapatkan Cinta Allah`, digelar juga konser musik, operet dan penjelasan mengenai poligami.

MELAYU CERGAS N' CANTIQYU

Dunia adalah tempat yang jahat Charlie. Ada yang bisa berhasil tapi lebih banyak yang hancur. "Semoga kau sudah ada di surga setengah jam". (Before the Devil Knows You're Dead)

STATUS FACEBOOK GADIS REMAJA part 8

Karena hatimu miskin cinta dan rindu kepada Allah, jadinya kau dijajah oleh cinta dan rindu pada yang lain.

STATUS FACEBOOK GADIS REMAJA part 7

"La yukhriju asy syahwata illa khaufun muz'ijun aw syauqun muqliqun!" Artinya tidak ada yang bisa mengusir syahwat atau kecintaan pada kesenangan duniawi selain rasa takut kepada Allah yang menggetarkan hati, atau rasa rindu kepada Allah yang membuat hati merana!

STATUS FACEBOOK GADIS REMAJA part 6

Memendam rasa cinta memang menyakitkan. Lebih menyakitkan lagi jika cinta itu tidak kesampaian.

STATUS FACEBOOK GADIS REMAJA part 5

Pemuda itu mengusap matanya yang basah. Hanya basah. Tak sampai ada airmata yang tumpah.

STATUS FACEBOOK GADIS REMAJA part 4

Membawa cintanya ke jalan sunyi, jalan orang-orang sufi, setia pada yang dicintai sampai mati.

STATUS FACEBOOK GADIS REMAJA part 3

Tidak selamanya perasaan harus dituruti. Akal sehat adalah juga wahyu Ilahi.

STATUS FACEBOOK GADIS REMAJA part 2

Kau jangan kalah oleh perasaan. Sebagian perasaan itu datangnya dari nafsu yang mengajak dosa.

STATUS FACEBOOK GADIS REMAJA part 1

Ia kelihatan tenang, tak ada yang tahu kalau dia sedang didera pilu tiada tara. Cinta yang tak berlabuh di tempatnya, sungguh menyiksa.

KEADILAN TERNYATA MASIH ADA DI INDONESIA

Ya Allah jika memang kehidupan penjara lebih berarti bagiku dari pada dunia luar maka aku lebih memilih tinggal di penjara tapi dekat denganmu daripada aku hidup bersama manusia2 pendusta. (Yusuf as)

SIARAN LANGSUNG MAFIA PERADILAN INDONESIA

"Hidup ini bagaikan panji2 perang, kadang berkibar begitu megah & menantang, kadang tercabik2 begitu kotor & kumal. Bahkan hampir jatuh ke tangan musuh. Tapi bagaimanapun juga, harus di pertahankan dengan sepenuh perjuangan. Sampai nanti di hadapan Tuhan"

RELAWAN GANTENG part 6

"Bomb kills people around, but TV kills the whole generation." (Sekarsaripratiti)

RELAWAN GANTENG part 5

Orang mati tidak terlibat. Orang mati tak punya semangat. Mereka terbaring dalam penantian. (Quiet America)

RELAWAN GANTENG part 4

Am I the only one? Cos I just can't get over it, am constantly grieving. (Michael Jackson)

RELAWAN GANTENG part 3

Bukankah kalian orang amerika terkenal sebagai pejuang sejati? Bahkan kalian mau berkelahi untuk sesuatu yang kalian tak ingini? (Le Divorce)

RELAWAN GANTENG part 2

Tak ada kejahatan cinta di Amerika. Mereka hanya membunuh untuk uang dan narkoba. (Orang Prancis)

RELAWAN GANTENG part 1

Ksatria jatuh cinta pada putri dari Kerajaan Bidadari. Sang Putri naik ke langit membuat ksatria kebingungan. Ksatria pintar naik kuda dan bermain pedang, tapi ia tidak tahu bagaimana caranya terbang. (Dewi Lestari)

SELALU STRATEGI CERDIK SBY

Jika aku berhenti memasang sesuatu aku pasti lebih bahagia. Yang kulakukan hanya duduk pada pantatku yang besar. Jika pantatku tak besar aku akan lebih bahagia. (Adaptation)

COMMUNICATE

"Faith is a gift that I have yet to receive." (Robert Langdon)
====================>
SMS DIKIRIM ........
====================>

setelah buya hamka sulit menemukan orang minang yg bisa jadi panutan bos. ada syekh ... minangkabawi satu2nya muslim asia tenggara (atau non-arab) yang jadi ulama besar di madinah justru org minang sendiri engga tahu (termasuk gw) en kabarnya enggak mau pulang lagi kesini cos sifat2 org minang kalee makanya bantuan arab saudi cukup banyak kesini ^_*

Sampean ada d ciputat jg bos bareng geng nurdin? Kalo iya met berjuang aja bos

Itulah hidup.semangat ajalah bos jalanin aja apa yg elo yakinin asal dgn ilmu n selebihnya berserah n tetap santai krn bukan kita yg memberi putusan akhir pd apa yg telah ditetapkan utk terjadi d dunia fana tapi penuh humor dan tipuan ini yoi

Oya bos dsni ada loh yg sengaja merobohkan bagian rumahnya biar kebagian dana bantuan.lucu bgt yaw

BELIA "17 TAHUN" HEBOHKAN BISNIS INTERNET

Pada September 2007, remaja 17 tahun di Belanda van Poppel mulai membuka news aggregation disebut Breaking News Online. Hanya dalam satu bulan, situs itu langsung terkenal sebagai penjual video Osama Bin Laden. Kisah menjual rekaman Bin Laden kepada kantor berita Reuters itu hanya salah satu kesuksesan Breaking News Online (BNO). Situs aggregator yang mengumpulkan berita-berita penting dari berbagai media dan menyampaikan pada penggunanya itu terbukti sukses.

MARI BERGOYANG, GEMPA PADANG

Semua orang senang punya sesuatu. Tanah, barang-barang, budak. Mereka jadi merasa aman. Tapi semua itu bisa hilang. Akhirnya yang kita miliki hanyalah cerita. Aku ingin memiliki sebuah cerita indah. (Drover)

MIYABI HAMIL

Tidak usah takut. Saya bukan polisi. Tempat ini juga bukan kantor kepolisian. Jadi semuanya terbuka. Tidak ada yang ditutup-tutupi. (Boss Koruptor - Doa Yang Mengancam)

CICAK VS BUAYA

ramai diberitakan pemberitaan berupa berita gesekan antara institusi kpk dan polri beberapa minggu belakangan ini. peristiwa ini semakin menarik ketika nama2 komjen susno duadji (sd), kabareskrim polri, mulai jadi sorotan. sd kabarnya diduga menerima uang terimakasih dalam kasus bank century. informasi ini berkat penyadapan yang dilakukan oleh kpk (edunn jenderal polisi berani mereka senggol juga euy). bersamaan pula barangkali dengan ter-publish-nya kasus bank century (dan entah apa ini ujung2nya bisa sampai pula ke presiden cos' boediono udah mulai kebawa2) termulailah genderang perang antara kpk (yang terlibat atau melibatkan diri) vs sd (atau polri). istilah cicak vs buaya pun muncul dari mulut sd untuk menggambarkan perbandingan kekuatan antara adik bau kencur kpk vs kakak bau kentut polri. dan entah apa hubungannya pula dengan antasari gate.

HARI PELANGGAN NASIONAL, OYEAH

I am a nurse and have worked over 35 years in the healthcare field and have seen with my eyes the discrimination of the poor and middleclasses. This has got to stop! (Cassandra Mcmath kpd Obama ttg systim askes AS)

beberapa menit yang lalu gw mengakses detikinet dari henpun. kebetulan pelanggan pln sini lagi padam lampunye seperti biase, tapi jadwalnya tak menentu pule. gw surfing hingga ke suatu artikel beryudul "sehari bak raja di galeri indosat". isunya dalam rangka hari pelanggan nasional, indosat memberikan fasilitas plus2 selama sehari itu (yakni beberapa hari yang lalu). memang sepengetahuan gw memang indosat ini sering mendapat coorporate award untuk urusan pelayanan pelanggan memang. ah... jadi ingat pengalaman gw berurusan dengan "orang indosat" setahunan yang silam... tapi tenang tetep saja tulisan kali ini nggak sekedar gossipin indosat doang pada akhirnya.

stress menyari sarana koneksi inet yang irit, gw dapat info tentang im2 unlimited yang cukup bayar …

PUISI CANTIK:TAK BISA BOBOK

Di gereja St Josef
tanggal 31 Maret 1959
di pagi yang basah
seorang malaikat telah turun.
Seorang malaikat remaja
dengan rambut keriting
berayun di lidah lonceng.
Maka sambil membuat bahana indah
dinyanyikan masmur
yang mengandung sebuah berita
yang bagus.
Dan kakinya yang putih indah
terjuntai

Fantastis.
Di satu Minggu siang yang panas
di gereja yang penuh orangnya
seorang padri muda berdiri di mimbar.
Wajahnya molek dan suci
matanya manis seperti mata kelinci
dan ia mengangkat kedua tangannya
yang bersih halus bagai leli
lalu berkata:
"Sekarang kita bubaran
Hari ini khotbah tak ada"
.
"Lihatlah aku masih muda.
Biarkan aku menjaga sukmaku.
Silakan bubar.
Ijinkan aku memuliakan kesucian.
Aku akan kembali ke biara
Merenungkan keindahan Ilahi." (Rendra)


TAK BISA BOBOK*)

lagi kelaparan tengah malam, meski sudah menjadi kebiasaan, tapi tetap saja yang namanya lapar terasa kurang nyaman, sementara di luar deras mengalir air hujan, pintu rumah boknyo (tempat selalu numpang makan dan parkirnya honda pin…

BOEDAYA CORRUPT V.D-MANA-MANA

"Segosegawe ternyata merupakan kependekan dari "sepeda kanggo sekolah dan nyambut gawe", yaitu merupakan gerakan mengembalikan dan membangkitkan nilai kebutuhan masyarakat untuk menggunakan sepeda sebagai salah satu alternative moda transportasi jarak dekat. Gerakan segosegawe dalam jangka pendek agar dapat membangkitkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat bahwa menggunakan sepeda sebagai alat transportasi alternatif dapat mengurangi polusi dalam rangka antisipasi pemanasan global. Dari sisi implementasi kebijakan, target awal adalah mengajak warga jogja untuk menggunakan alat transportasi sepeda untuk ke sekolah, bekerja maupun kegiatan lainnya dalam jarak dekat. Sedang dalam jangka panjang diharapkan gerakan ini akan berimplikasi kepada penurunan penggunaan kendaraan bermotor sehinga mengurangi polusi, terjadi efisiensi energi, menuju kota yang lebih humanis, meningkatkan derajad kesehatan dan sebagainya. Sedang bagi anak sekolah, bersepeda akan membangkitkan semanga…

MENARA SELULER, SERRRRR part III

"Setiap pilihan mudah hari ini memberi akibat esok hari."
"Kau cuma mau masalahmu selesai lalu hidupmu kembali sederhana."
"Di zaman sparta kuno hal-hal penting diputuskan oleh siapa teriak paling keras." (Suster Aloysius)

...
...

hanya siil balas, sang ketua, saja yang kulihat masih menjaga sikap meski di belakangku tentu saja ikut2an terbawa suasana bersama. mungkin ada yang bakal bilang barangkali masyarakat tolol itu yang benar (karena opini orang kebanyakan secara voting demokratis lebih berhak untuk benar) dan gw semestinya instropeksi diri. tentu, ada bagian2 (tapi sayangnya sangat kecil) yang aku jadikan bahan instropeksi karena tentu gw juga tak luput dari kesalahan. tapi percayalah gw bukan berasal dari golongan tolol-matre-cingkahak tersebut dan punya cukup ilmu untuk berargumentasi meski tentu masih lebih banyak lagi yang harus kupelajari dan terus menambah ilmu pengetahuan hingga mati nanti. persoalannya adalah mereka2 menilai diri gw tanpa cukup …

MENARA SELULER, SERRRRR part II

Ada hal-hal di luar pengetahuanmu. Bahkan jika engkau merasa pasti, itu adalah emosi bukan fakta. (Pastur Firly)

...
...

dulu waktu zaman2 smu pernah juga sekali mimpin misi tempur melawan kampung seberang (vs budi kriting cs yang kemaren kutemukan di parung) atau menaikkan nama geng "lapau siil" dengan ekspedisi nakal ke berbagai tempat. memang dibanding kampung2 tetangga, pemuda2 sekitar rumahku ini tergolong "kurang pemberani". gw sendiri karena sejak smp-smu skul ke kota padang memang jadi kuper di sekitar rumah, tambah pula status sosial ortuku yang membuat gw terlalu menonjol dibanding yang lain. dan gw yakin sejak dulu benih2 kedengkian bukan tak mungkin sudah tumbuh. dan gw bisa meraba2 tanda2nya sejak zaman2 kami masih mandi2 telanjang bersama di sungai belakang rumah dari bagaimana sikap mereka kepadaku. mulai dari yang terang2an menunjukkan permusuhan, sampai yang menjilat pantat karena memang waktu itu gw-lah yang paling tajir di antara mereka he2. tambah …

MENARA SELULER, SERRRRR part I

"Cintailah sahabat Anda sampai ke suatu batas, karena mungkin ia akan berbalik menjadi musuh Anda di suatu hari. Dan bencilah musuh Anda hingga ke suatu batas karena mungkin kelak ia berbalik menjadi sahabat Anda."

akhirnya sejak beberapa hari terakhir ini tepat di depan seberang rumahku (<-- maksod looo?) berdiri kokoh-menjulang tinggi sebuah menara operator selular. proses negoisasi (mungkin sewa tanah-keluarga kami) telah berlangsung berbulan sebelumnya (sebelum aku pergi dan kini terpaksa balik lagi dari javanese, sementara). sepertinya jadi "deal" karena siapa yang enggak doyan duit. dan entah persoalan apa yang nanti akan bersisa belakangan. walau tahu, walau aku cucu lelaki tertua di keluarga besar nenekku (dan mungkin membuat was2 beberapa pihak, sehingga sangat senang sekali kalo aku mampus saja di tanah jawa sana), seperti biasa aku "tak mau tahu" dan memang, seperti biasa lagi, tidak terlalu dilibatkan. dan buat gw sebetulnya ndak masalah, fu…

TV LCD MUBAJIRR MESSJID PASAR TAkWA

Bila seseorang menderita waham, gejala itu akan disebut gila. Bila banyak orang menderita waham, gejala itu akan disebut agama... (Richards Dawkins, Pakar Biologi)

setelah berhari2 berdiam di rumah (diam dalam artian betul2 berdiam dan bicara hanya yang perlu2 saja) dan paling jauh hanya sekali pergi ke tabing buat nge-rental vcd (yang hingga kini belum selesai kunonton) dan beli sebungkus teh cap petay dan sekali lagi buat balikinnya dan ngerental warnet, akhirnya jumat pekan kemarin aku berkeluar diri juga dari katak di dalam tempurung. sabalun jumatan gw nyetop angkot ungu jurusan lb minturun-pasar raya dan nyaris telat ikut sholat jumatnya. gara2 nyempatin mandi agak siangan dikit (kalo ga salah) setelah (seperti biasa kalo berdiam di rumah) bisa berhari2 ndak mandi2 (toh tak akan ada yang mencium baunya selain gw sendiri, dan baru hanya bisa berkhayal di malam sunyi sepi akan dicium oleh seorang-atau beberapa-isteri).

nyampe di pasar gw shalat ke taqwa sebagai yang terdekat dan ter…

GEMPA TASIKMALAYA: DEKONTRUKSI BAHASA CINTANYA

seorang rekan jadi tambah tak percaya kepada tuhan, melihat aku makin hidup miskin sengsara dengan kian mendekap erat iman di dada; dasar anjinggg2 dunia fana, apa loe pikir beragama itu berhadiah unta dan sepasang payudara??

x: kadang ya kadang ndak ... randomize terserah ialah,
y: dia bener hehe dia punya otoritas dan mutlak meski tafsirnya bermacem,
x: akh jadi nyerah aja nih ... dasar makhluk pesimis,
y: mungkin perlu koreksi memaknakan nyerah dengan "nrimo" tapi menyandingkan berserah dengan kata ambisious sudah pasti lelucon,

dan dia tawa, karna itu terjadi di ke akhir hari kini ^_^

... ia akan dibayar sebesar US $ 10 ribu. Merasa tertantang, Banks memutuskan melakukannya. Kuda jantan pun dikeluarkan. Banks sendiri tengah bersiap-siap melakukan aksinya. Tanpa menunggu waktu Banks berhubungan seks dengan kuda tersebut. Tak beberapa lama, Banks merasa pusing. Ia pun jatuh pingsan. Tubuhnya kejang-kejang. Banks segera dilarikan ke rumah sakit. Selama di rumah sakit, Banks meras…

MERANTAU 2.1 part 8

Bagaimana jawab Muhammad kepada Tuhannya sekiranya ia menghadap-Nya sedangkan ini [sejumlah harta] masih ada di tangannya? (Muhammad)

selanjutnya aku juga mau cerita sedikit perjalanan ke blok m sebagaimana kujanjikan sebelumnya kebetulan masih agak ingat nih. setelah lama bingung bagusnya nyari sepatu yang murah di jakarta ini dimana aku akhirnya jalan ke blok m, sekalian nyari kolor. edannn seluas itu depok apalagi dki jakarta gw bingung sekedar buat nyari sepatu dan kolorrrr! dasar wong kere!

dari depok aku naik kopaja langsung nyampe blok m. awalnya truck ini nurunin penumpang di jalan ndak masuk terminal tapi aku ikutin orang aja (tepatnya: segerombolan anak gadis) dan tak jauh sampailah di blok m. lalu putar2lah aku di mall bawah tanah itu. emang cukup banyak juga yang jual sepatu disitu. tapi saat itu aku ndak tau pasaran harga dan survey2 aja dulu. kemudian aku juga nandain sebuah merk kolor yang kupandang paling irit di sebuah supermarket. tidak membeli dulu karena mana tau nan…

MERANTAU 2.1 part 7

Pertama mereka tidak mempedulikanmu, lalu menertawakanmu, lalu mereka berkelahi denganmu, dan kamu menang. (Mahatma Gandhi)

sehabis kecemplung got tanah pinggir lapangan bola ini aku pergi ke area kampung bandannya dimana yangmana kamanaeuy terdapat sebuah mushalla. sholat dulu kemudian disini. pas orang lagi jamaah, kemungkinan waktu ini udah ashar kalo aku zuhurnya di mushalla yang gede tadi bukan sebaliknya (maklum kemampuan mengingat terbatas nih euy). oya kebetulan ingat lagi waktu di mushalla gede dekat st.kota tadi aku melihat seorang anak yang kayaknya jadi pedagang asongan sedang istirahat di mushalla sambil berbenah barang dagangannya yang semacam kalung asesoris getho. wah jadi kepengen juga pkl waktu itu daripada gw jalan2 ndak jelas macam gini hi2 cuma bingung juga gimana caranya karena maklum non-pengalaman dan belum ketemu ide barang menarik apa yang hendak kujual di jalanan selain ide semula. ya sewaktu masih di padang dan mungkin sudah sejak 2 tahun sebelumnya aku eman…

MERANTAU 2.1 part 6

Saya tidak tahu kunci sukses, tetapi kunci kegagalan adalah mencoba menyenangkan setiap orang. (Bill Cosby)

Gerilyawan menang jika mereka tidak kalah. (Henry Kissinger)

okay sekarang bagian tambahan dari hal2 mungkin menarik yang tadinya lupa dan belakangan baru kuingat. salah satunya adalah perjalananku dengan kedua kaki ini seharian penuh di sekitar kampung bandan, jakut. nama tempat ini sendiri baru kutahu bernama kampung bandan setelah mencek jalur yang pernah kutempuh di peta kemudian. tempat ini letaknya sekitar timur laut dari stasiun kota. sebelumnya jika lihat peta mungkin fokusku pada arah jalan ke mangga dua atau seputaran gunung sahari hingga monas. sebelumnya aku pernah punya target untuk jalan dari st.kota menyusuri sepanjang rel ke selatan sehingga kalo capek tinggal naik krl dari stasiun terdekat. dengan mengikuti jalur kereta lebih mudah untukku mempelajari dan mengingat peta rutenya dibanding asal jalan muter2 yang lain; cause gw engga punya peta tercetaknya ataupun ga…

LAYANAN GPRS OPERATOR GSM

Banyak orang membuat kesalahan yang sama dengan menganggap kegagalan sebagai musuh kesuksesan. Anda seharusnya menganggap kegagalan dapat mendatangkan hasil. Teruslah maju dan buatlah kesalahan. Berbuatlah sebanyak mungkin. Ingat disitulah anda menemukan kesuksesan. Di penghujung kegagalan (Thomas J Watson)

setelah pengalaman kesulitan untuk mengaktifkan paket data telkomsel pagi ini dan pengalaman beberapa hari terakhir mencoba2 saluran gprs 3 dan axis, gw jadi pengen nulis tentang ini. pagi ini gw mencoba mengaktifkan paket data 5 mb kartu as gw dengan mengetik sesuai instruksi--baik pada buku petunjuk perdana terbarunya, maupun dari promo yang gencar terdengar--kata2 flash on 5k ke 3636. ternyata ditunggu beberapa saat status message gw ndak delivered. lalu aku ganti bunyi pesannya dengan flash on 5000. tetap tidak delivered. lalu kuganti dengan flash info. masih tidak. sekedar ketik flash (prosedur standar mengaktifkan gprs-nya mana tahu status layanan gprs kartu as yang kupakai in…

MERANTAU 2.1 part 5

Life can be understood only by looking behind, but can be lived only by looking ahead (Soren Kierkegaard)

paginya badan agak mendingan meski masih agak pusing maklum demam ruar biasa semalam dan tentu saja dalam keadaan batuk2. obat konidin kuhentikan dulu sementara minum oskadon yang sekalian buat sakit kepala. nyoba nyari tiket pesawat pagi itu di margonda nggak dapat, pada belum buka. kemudian aku naik kopaja ke pasar minggu. semula kuperkirakan kalo nggak jadi naik bis ke bandara yang aku naik busway aja ke rawamangun eh ternyata shelter transjakarta ndak ada disana, kudu ke ragunan dulu katanya. cukup lama juga aku putar2 nyari travel disana, dari beberapa yang buka harga yang dikasih gila semua di atas sejuta. ada saran juga langsung ke bandara mana tau masih bisa dapat tiket promo. mana tau kan mbak ya akhirnya aku makan dulu di sebuah warung padang. cuma abiss dikit karena selera lidah minta ampun pahitnya lagi makan obat udah beberapa hari ini dan sejak pagi itu hingga dua har…

MERANTAU 2.1 part 4

... “tertib” adalah pergulatan, bukan akhir ... karena kita manusia dengan segala isinya hanya mampu menciptakan kemungkinan, tanpa memberi titik. (Ibra dan Neno - Komentator Tulisan Caping GM)

beberapa waktu sebelum pulang aku menyempatkan juga nyari2 kos yang lebih murah ke bojonggede dan citayam. selain di kos yg depok ini terasa mulai ndak enak. maklum pengangguran, atau orang nggak jelas, sakit2an pula, tinggal sama betawi matre pula. haha ramahnya tuh pak haji cuman sebelum uang kontrakan dibayar lunas. gw yang sebelumnya shalat ke mushallanya pak haji dibawah jadi eneg dan kalo mau jamaah ngusahain ke mesjid yang walau agak jauh (oya, cobalah kau cari mesjid di sepanjang jalan margonda raya tersebut, pasti kesulitan maklum disini orang 'kafir' semua hihi kalo pun islam ya islam aliran matre dan buruk sangka). luar biasa memang perasaan kita menjadi orang yang tertindas xixixi. di bojonggede aku sempat dapat yang kamar kos tapi masih ndak bisa dibawah 100 (haha mungkin ng…

MERANTAU 2.1 part 3

Ratu Adil bukanlah takhayul. Ia sebuah ideal yang tak hadir. (Goenawan Mohamad)

selain jalan2 mutar2 dengan krl atau busway sebagai sarana transportasi yang lebih bisa gw baca petanya (di-flashdisk gw nyiapin peta virtual jakarta yang jarang dibuka kecuali ketemu kompi dan peta tercetak jakarta yang lama gw juga nggak sempat diambil ke bandung) gw juga sudah memasukkan beberapa lamaran kerja yang bisa lewat email. tapi sepertinya tak ada satupun yang jebol coz file2 arsip lamaran gw emang acak dan asal dan engga sempat terlalu diedit karena kudu ngerental kompi dan pula gw sering2 buka2 chip nomer hp ini. buat mencari perkerjaan melamar langsung sudah ada beberapa yang gw tandai tapi ya itulah dalam keadaaan sakit2an gw nggak bisa berbuat banyak. masih bisa selera untuk makan aja (dan lihat cewek cakep) udah syukur waktu itu.

selain itu beberapa kali pula gw menyempatkan main ke tempat miza di parung dan pondok cabe. sewaktu istri miza si wiwid berasa hendak melahirkan dan ia siaga di k…

MERANTAU 2.1 part 2

Never walk on the travelled path, because it only leads you where the others have been (Graham Bell)

tiga-empat hari atau semingguan numpang disana mulai ada terlihat masalah, aku pun akhirnya ngambil kontrakan ke depok. meski bisa mengerti kamil dalam posisi sulit terhadap teman2nya tapi buat gw kali ini udah kelewatan dan dia toh sudah memilih untuk berperkara denganku. lagian gw emang udah rencana dan nyiapin budget buat ngontrak sendiri tapi tetep aja cara pergi kemaren nggak enak. padahal gw sebetulnya juga males numpang, merasa utang budi sama orang lain, dan hadir disana sekedar unjuk muka khawatir dianggap ndak nganggap dia sbg teman. waktu nyari2 kontrakan ke depok gw juga sudah amat terburu2 sangat dan bagai orang linglung walahhh maklum udah lama engga merambah ibunya kota tiba2 harus segera mendapatkan kontrakan hari itu juga biar ndak jadi gembel. alternatif tinggal di rumah sodara2 ato teman2 lain yang kukenal berhasil dianulir (karena menurut analisisku bukan opsi yang b…

MERANTAU 2.1 part 1

Gantungkanlah cita-citamu setinggi langit. Karna jika langit tidak terjangkau, paling tidak kita masih bisa menyentuh awan. (Herison)

hari itu sabtu awal juli 2009, hujan deras yang tiba2 mulai mengguyur koto padang tak sanggup menghentikan azann di dadaku untuk 'khabur' ke jakarta seketika hari itu juga. secara tiba2 dan mendadak dangdut. tiba2 tidak juga ya juga. sebelumnya sudah niat sangat dan suatu kali kesempatan untuk pergi lagi2 pernah dihalangi penyakit tiba2 tepat dua hari sebelum mestinya dan rencananya berangkat. waktu itu ada jatah tiket air asia rio yang engga jadi dipake karena ternyata nggak bisa pulang sehingga gw bisa pergi tanpa perlu terlalu 'terlihat' minta duit buat ongkos. akhirnya tiket itu dipake aan pulang dari kediri. dan salah satu alasanku pergi buru2 kali ini mungkin juga adalah demi mendahului adikku ini yang hendak balik ke bandung coz gw pengen nya dia aja yg lebih baik jaga ortu di rumah. tapi pagi itu meski kemungkinan sakit2an lagi te…