Rabu, 27 Mei 2009

CHAT DI YAHOO MAIL

...tentu kita bisa berharap sesegera mungkin segala fitur yang ada akan tersedia. kalo perlu kita sekalian berdoa agar yahoo sekaligus mengintegrasikan fasilitas forumnya yang penuh pengiklan esek2 itu haha...

telah beberapa bulan ini sepengetahuan saya yahoo memberi fasilitas chat messengernya pada page mailnya. proses integrasinya ini didapatkan dengan meng-upgrade tampilan account mail anda ke versi terbarunya. saya agak lupa apakah tampilan terbaru mailnya yahoo ini juga bisa drag and drop seperti versi beta ketika google mengeluarkan layanan email gratisnya; yang jelas pembaharuan ini seperti berusaha mengimbangi kemunculan google mail yang sudah mengintegrasikan account chat gtalk dengan page mailnya. peluncuran domain baru untuk server mail yahoo yakni dengan alamat ymail dan rocketmail untuk menarik "pelanggan" baru baru2 ini sepertinya juga menunjukkan itu. dengan ini orang tergoda untuk memiliki pilihan nama account yang masih baru sesuai keinginannya dan lebih kecil kemungkinan sudah dimiliki orang lain. popularitas yahoo mail sepertinya tersaingi oleh gmail. di awal kemunculan gmail bahkan kita cuma bisa mendaftar kalo diundang alias harus masuk waiting list dulu gitu. saya termasuk yang beruntung bisa daftar gmail lewat undangan sebelum layanan ini secara resmi terbuka untuk umum. cukup lama juga menunggu waktu itu dan kini berdua dengan account yahoo kugunakan dan "kusinkronkan" hehe. kalo account2 yang lainnya kayak di hotmail, eudoramail, bolehmail, plasamail, sctvnewsmail, hingga kafegaul kayaknya udah lupa gitu tuh hihihuhuhohoho

nah, kabar menarik terbaru kali ini adalah bahwa fasilitas messenger tersebut ternyata juga bisa kita akses langsung dengan tampilan mail classicnya. barangkali bagi anda yang sudah sangat terbiasa dengan tampilan inbox yang lawas, dan agak merasa reseh dengan tampilan versi barunya, ini merupakan kabar menarik. saya sendiri termasuk yang agak merasa kurang nyaman untuk men-scrolling inbox atau folder2 lainnya pada tampilan baru yahoo jika kita mempunyai incoming message yang cukup banyak. dalam tampilan mail classic anda cukup menggulung dari browsernya saja dan tampilan visualnya berukuran font lebih besar sehingga lebih nyaman untuk dilihat. tapi memang jadi lebih memakan waktu loading jika pindah ke page baru. namun pada mail versi upgrade juga sangat ngebetein menunggu loading list mailbox yang belum tertampil saat kita scroll khan, apalagi kita balik ke atas beliau loading lagi. tambah pula sekarang yahoo karena didera krismon serba di auto-loading nih jendela iklannya. buat sebagian orang dengan akses net memadai sih mungkin ndak masalah dan berkesan atraktif, tapi ya tidak semuanya gitu lah boss

begitu juga tampilan messengernya: pada mail classic menurut saya lebih atraktif! pada versi upgrade kita akan mendapatkan jendela chat yang agak mirip persis jendela suratnya. mending main dari program ym-nya langsung aza kalo gini mah biar terlihat lebih enak buat chating lama. nah, di versi classic ini jendela chatnya dibuat secara pop-up mirip rubrik chatingnya facebook! emang fasilitasnya tidak sekomplit jika kita langsung chat dari program ym. saya lupa persisnya, tapi yang jelas untuk icon2 semacam smiling dll justru yang sudah adanya terintegrasi di versi upgrade. pada versi classic ini mungkin karena baru2 diluncurkan belum ditambahkan. dan tentu kita bisa berharap sesegera mungkin segala fitur yang ada akan tersedia. kalo perlu kita sekalian berdoa agar yahoo sekaligus mengintegrasikan fasilitas forumnya yang penuh pengiklan esek2 itu haha

perbedaan selanjutnya adalah ukuran font dalam messenger di mail classic lebih kecil dibanding tampilan pada versi upgrade. tapi saya merasa ndak masalah karena ia dihadirkan dalam bentuk pop-up dari bawah sehingga bisa terasa menonjol dibandingan pada versi upgrade yang nyampur dengan jendela boks suratnya. satu lagi perbedaannya adalah begitu login pada mail upgrade anda akan langsung online pun begitu juga status friendlist anda; misalnya akan langsung muncul terlihat seperti ym-nya nak gadisku ini: gXna_pbg (I need you...); pada mail classic tidak langsung

oke getho aza informasi dari saya. oh ya untuk mengaktifkan statusmu pada versi classic lihat icon messengernya pada sudut tengah kanan bawah frame folder mailmu yahh