Sabtu, 06 Juni 2009

PIDATO OBAMA DI KAIRO

...ia juga sempat mengutip sebuah ayat quran yang menyatakan bahwa membunuh satu nyawa manusia (tanpa hak) adalah sama saja dengan membunuh semua manusia,

...agar anak cucu abraham (ibrahim) baik yang muslim, kristen, ataupun yahudi, bisa hidup damai di yerusalem,

...akan bertindak adil dan sepertinya menyatakan tidak mendukung tujuan berdirinya negara israel raya seperti yang dimaksud protokol yahudi dari tepi sungai tigris dan eufrat di irak.


baru aza guwe selesei dengerin speech-nya mister barrack hussein obama di al-azhar university cairo, mesir, timur tengah. setelah kairo tenar dengan ketika cinta bertasbih dan ayat2 cinta, sekarang kota seribu menara itu sedang "demam" dengan pidato obama. metro tv sendiri meliput sebuah pesantren salafi di yogya yang melakukan kegiatan bareng nonton pidato obama niy; ya masih mendinglah bukan nonton bareng liga inggris sebagai sebuah saluran propaganda kebudayaan ideologi freemansory yahudi. berikut ini akan kukutipkan beberapa bagian dari pidato tersebut yang dapat kutangkap dan mengerti. memang bisa jadi ada yang salah dengan keterbatasan english langage-ku dan terus terang hingga nulis sekarang belum baca versi lengkap terjemahannya. setidaknya guwa bisa menafsirkanlah arti tepuk2an tangan mahasiswa al-azharnya. oke kita lihat yukk:

Tentang Konflik Israel-Palestina

yups kutipanku ini tak akan berurut karena akan kumulai saja dari bagian yang paling kuingat, hingga sampai ingatan ku niy tamat. bagian isu israil-falestin ini sendiri baru dibahas barrack obama di tengah2 pidatonya; setelah ia bicara tentang islam cs barat, afganishtan-al-qaeda, pluralitas kaum muslimin di indonesia, perang irak, hingga nuklir iran dan no-nuclear for peace.

obama berpendapat bahwa kedua belah pihak harus sama2 mengakui eksistensi masing2 pihak lawan agar bisa hidup berdampingan; agar anak cucu abraham (ibrahim) baik yang muslim, kristen, ataupun yahudi, bisa hidup damai di yerusalem. disini obama mengkritik taktik bom bunuh diri yang dilakukan beberapa faksi palestina yang dikatakannya sebagai sesuatu yang tak akan sukses. ia juga sepertinya memberikan contoh tentang perjuangan kulit hitam di amerika untuk "merdeka" yang tanpa harus dengan kekerasan, hingga dirinya sendiri sekarang bisa terpilih sebagai the elected president of the united states of america. obama bilang bahwa perjuangan kaum kulit hitam yang dulu dikenal sebagai bangsa budak di negara2 kulit putih ini patut dijadikan contoh sejarah berharga bagi seluruh dunia.

ia juga menyebut2 hamas sebagai sebuah organisasi/partai yang punya kekuatan/dukungan rakyat palestina harus mengambil peran bagi proses perdamaian ini. caranya adalah dengan menghentikan taktik bom syahid yang terbukti tak akan "sukses" itu tadi dan mengakui keberadaan negara israel. disini terlihat obama mengakui dan menghargai eksistensi hamas, beda dengan pandangan politik amerika selama ini yang men-cap hamas sebagai organisasi teroris sehingga takperlu diajak berunding apalagi diskusi. disini obama juga menyebut2 soal tembakan roket yang sebaiknya dihentikan dan dimulainya perundingan. untuk itu ia serukan agar setiap faksi dalam tubuh negara palestina agar bersatu untuk bisa memulai perundingan dengan israel.

disini obama juga terlihat cukup eksplisit mengakui hubungan cukup spesial antara amerika dan israel. terkait ini ia juga menyebut2 tentang tragedi holocaust dan terluntang-lantungnya bangsa yahudi tanpa negara sebegitu lama. juga bagaimana pertama mendatangi (kembali) tanah yerusalem musti menghadapi teror dan perjuangan berat penuh darah dari kaum militan muslimin. tapi ia juga menekankan bahwa ia akan bertindak adil dan sepertinya menyatakan tidak mendukung tujuan berdirinya negara israel raya seperti yang dimaksud protokol yahudi dari tepi sungai tigris dan eufrat di irak hingga tepian laut tengah. kedua negara menurut obama harus punya eksistensi masing2. dia juga menyarankan tentang penghentian proyek pembangunan perumahan yahudi di wilayah palestina. oya tentang proyek pemukiman ini suatu saat saya akan nulis khusus analisis menariknya. apa yang dilakukan obama ini cukup menarik karena sebelum2nya presiden2 amerika tidak berani terang2an untuk membantah kemauan israel. bahkan obama menjanjikan "tiada dusta di antara kita", apa yang ia katakan katanya itu pulalah yang akan dia kerjakan. ini membuka terus secara eksplisit kalo selama ini dalam kasus konflik israel-palestina amerika suka kurang jujur. nama lainnya: standar ganda.

Tentang Al-Qaeda

meski menyatakan akan mengusahakan hubungan yang lebih baik dengan dunia islam, obama menyatakan tidak sama sekali untuk para pembunuh khawarij al-qaeda. bagian ini bahkan sudah ditekankan di dengan cukup panjang di awal2 pidatonya. barangkali karena sebelum ini sudah mengunjungi saudi arabia salaf (musuhnya ekstrimis makar al-qaeda) obama jadi punya dukungan moral dan argumentasi yang bisa diterima muslim untuk meng-kick out kelompok aliran al-qaeda (termasuk taliban) ini dari daftar sahabat kaum musliminnya.

ia juga sempat mengutip sebuah ayat quran yang menyatakan bahwa membunuh satu nyawa manusia (tanpa hak) adalah sama saja dengan membunuh semua manusia. obama mengatakan bahwa al-qaeda telah membunuh sekitar 3000 orang "tak berdosa" di WTC new york yang hingga kini katanya masih sangat berbekas bagi warga amerika. obama menekankan bahwa ini adalah fakta, bukan opini. nggak jelas juga apa ia menyinggung kemungkinan kerjasama al-qaeda dengan CIA sendiri, tapi sepertinya ini nggaklah ya karena masih sangat sumir. obama meyakinkan bahwa ia berhak "membantai" habis kaum al-qaeda ini; tapi dia juga meyakinkan bahwa telah menyediakan anggaran yang cukup besar untuk selama beberapa tahun untuk pembangunan kembali afganishtan dan pakistan pasca perang nantinya. sebagai informasi tambahan sekarang pasukan pakistan, afganishtan, dan amerika lagi bertempur habis2an utamanya di lembah swat yang merupakan basis taliban dan al-qaeda. saya sendiri agak menyayangkan bahwa talibannya mollah omar mesti disamakan persis dengan al-qaedanya osama bin laden.

oya tambahan juga yang baru kuingat: ketika berbicara tentang tragedi holocaust terhadap ===| maaf pembaca yang budiman dan pakdiman, sebentar ini aku break dulu barang dua menit nonton pidato SBY di PRJ yang terlihat agak meniru2 gaya obama dengan tag tentang harapan dan secercah cahaya, oks kita lanjutkan! |=== bangsa yahudi di kamp kosentrasi auschwitz dll-nya untuk menjaga atensi pemirsa muslimin ia juga lanjut menyinggung pula tentang tragedi di bosnia herzegovina dan darfour sudan. dari satu sudut pandang memang ndak adil siy mengaitkan peristiwa holocaust yang didalangin hitler--sang seniman lukis berdarah yahudi juga yang jago pidato seperti pak karno ini--dengan perang mereka dengan muslim palestina atau wilayah lainnya. apalagi kebenaran sejarah holocoust sempat dipertanyakan karena ada dugaan bahwa hal ini juga didalangin dan sudah merupakan bagian dari rencana klub elit orang yahudi. tapi obama sepertinya merasa perlu mengutip ini karena bagaimanapun menjaga perasaan sahabat israelnya dan mempertegas bantahan terhadap tudingan presiden iran mahmoud ahmadinejaad yang meragukan kebenaran peristiwa holocaust. setidaknya di sisi lain kita sebagai muslim toh juga bisa melihat ini sebagai sebuah tragedi memilukan pada kemanusiaan-humanitat. oya tambahannya banyak juga ya, lanjut!

Obama Mengutip Quran dan Ucapkan Assalamualaikum

Ya ini terjadi, dengan berpidato tanpa teks obama setidaknya hafal (tentunya dalam versi terjemahan bahasa inggris) membaca kurang lebih tiga atau empat ayat quran pendek di beberapa bagian pidatonya. salah satunya sudah saya sebutkan tadi. menariknya lagi sejauh tangkapan saya jumlah kutipan quran-nya ini jauh lebih banyak daripada jumlah kutipan lain seperti kata2 emas tokoh thomas jeferson. di bagian awal pidatonya dia juga mengucapkan "assalamualaikum" kepada hadirin pemirsa.

Pujian Obama kepada Kebudayaan Islam

obama dalam pidato yang dipotong metro tv setelah mendekati pukul enam sore ini kudengar beberapa kali menyebutkan indonesia, tanah masa kecilnya yang merupakan negeri dengan penduduk muslim kuantitas (kualitasnya sih ndak tau tuh?) terbesar di dunia. ia menceritakan bahwa di indonesia sering mendengar suara azan dari mesjid dekat rumahnya di menteng dalam. dia ceritakan pula betapa di indonesia mendapatkan pelajaran berharga tentang toleransi beragama dan pluralitas yang ada. ia sebut2 tentang keluarga ayah kandungnya asal kenya yang sebagian besar adalah muslim juga. ia juga sebut bagaimana di amerika telah berdiri ribuan mesjid dan berbaurnya muslim amerika. ia sebut pula bahwa pemerintahnya memberi kemudahan untuk menjalankan ibadah haji bagi warga muslim amerika--nah bagian yang ini aku agak sangat ngira2 sih, mungkin aza aku salah tangkap niy.

obama juga menyebut2 tentang sejarah muslim amerika, bahkan mengait2kan dengan beberapa tokoh dan presiden amerika awal. bagian ini aku emang kurang jelas ngertinya. tapi dari yang dapat kutangkap intinya adalah bagaimana muslim bisa berbaur dan membangun di sejarah amerika serikat. ia kemudian juga menyebut2 bahwa ia membaca tentang indahnya sejarah peradaban islam di andalusia spanyol (masa pemerintahan khalifah pelarian bani utsmaniah dari bani abbasiyah di baghdad). dia saya tangkap juga menyebut islam sebagai agama pembawa pencerahan. gak tau niy apa dia menyinggung juga soal peran besar ilmuwan islam dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan science. intinya peradaban islam bisa berjalan seiring dengan peradaban barat.

Persian Gulf and Operation Desert Storm

dengan cukup lantang obama menyatakan bahwa perang irak adalah sebuah kesalahan. meski dia menekankan bahwa menurunkan diktator sadam husein adalah sebuah keharusan namun ia menjanjikan akan segera mengembalikan kekuasaan ke tangan rakyat irak dalam tempo yang sesingkat2nya, tahun 2012 lama juga yahh. emang konflik paramiliter antara sunni-syiah-kurdi disana cukup rumit bin komplicated. tapi pernyataan obama ini menegaskan lagi bahwa ia berbeda arah dengan niat bush junior yang kepincut minyak irak. selain membereskan masalah penjara abu ghraib, obama juga telah membuktikan janji kampanye pilpresnya untuk menutup segera kamp penahanan guantanamo di teluk cuba yang dipandang sangat menghina dan menginjak2 kaum muslimin itu. dinas intelijen, militer, dan aparat hukum amerika sendiri terlihat jadi serba kebirit2 guna melaksanakan perintah obama ini; karena penjara guantanamo sendiri terkait erat dengan sistem pertahanan amerika serikat. obama juga kudengar menekankan untuk jangan lagi ada perpecahan antara dan syiah di tubuh muslim karena seperti kita lihat sendiri betapa berdarah2nya konflik sektarian ini berkecamuk di irak hingga kini.

obama juga terlihat kembali membicarakan isu nuklir iran. ia mengatakan bahwa jika tujuan sistem nuklir iran adalah bukan untuk kepentingan militer tentu dibolehkan. maka itu diperlukan kerjasama pemerintah iran dengan dunia internasional lewat badan IAEA sebagai inspektor koleksi persenjataan nuklir dunia. sebagai info saja kabar terakhir yang kudengar iran telah berhasil menguji coba rudal nuklir yang diperkirakan bisa mencapai israel dari wilayahnya. tentu saja kabar ini akan sangat membuat keder israel karena justru islam syiah satu inilah yang paling modern sistem militernya dan akan juga membuat sulit lobi obama terhadap desakan koneksi yahudi amerika. yang cukup menarik lagi dari pernyataan obama adalah bahwa ia setuju jika satu negara dilarang maka akan tak adil jika sementara yang lain diperbolehkan memiliki. obama kudengar akan mengusahakan untuk menghapus sama sekali persenjataan nuklir untuk tujuan militer di muka bumi ini demi perdamaian dunia. tapi entah bagaimana dengan isu tentang eksistensi keberadaan instalasi nuklir ramona israel yang sangat rahasia itu.

Polisi Demokrasi Dunia

terakhir yang masih sempat diliput metro tv sebelum dipotong karena habisnya jadwal tayang adalah pidato obama tentang demokrasi. disini dia menekankan pentingnya keberadaan demokrasi untuk dunia fana ini. tapi (mungkin merujuk pada irak) ia menekankan bahwa meski berstatus sebagai pengawal demokrasi dunia ia juga tak ingin memaksakan sistem ini secara state to state melainkan hendaknya betul2 kehendak dari rakyat negara yang bersangkutan; baru amerika serikat akan membantu. sepertinya pidato obama ini juga agak menyentil mesir sendiri tempat dia berpidato karena seperti diketahui presiden hosni mobarak adalah salah satu pemimpin otoriter yang paling lama berkuasa di dunia saat ini, setelah soeharto di indonesia wafat beberapa waktu lalu. sebagaimanadaripada diketahui juga universitas al-azhar di kairo ini merupakan salah satu basis pergerakan mahasiswa ikhwanul muslimin--hamas di palestina, pas di malaysia, dan pks di indonesia berafiliasi ke ulama2 khalaf ini, kata yang salaf atau kaum klasik konservatif puritan sih. sebagaimanajuga diketahui lagi disini pulalah salah satu tokoh ikhwan yakni sayid qutub digantung oleh pemerintah mesir dan hingga sekarang aktivis2 ikhwan di mesir kabarnya terus diburu atau setidaknya "dikendalikan". sementara di indonesia sendiri cerita seorang teman salaf saya yang pro-"total" pada pemerintah atau umaro mengatakan/menyindir bahwa pks (dulunya pk saja) masak kudu nyembunyiin sendal segala kalo ngaji agar pintu kamarnya tak terdeteksi agen bin hehe. sekarang tampaknya pks makin bisa berterima di tengah masyarakat indonesia--dan sayangnya terlihat makin tambah pragmatis saja, tapi ya itulah politik, jika ingin populer kudu bergerak ke "tengah". dan dengan gerakan masuk lewat parlemen guna meraih kekuasaan untuk memuliakan din islam ala pks atau ikhwan ini terbukti membuat mereka "pro"-demokrasi.

kembali ke mesir, cukup panjang juga disini obama menekankan indoktrinisasi keyakinan sistem demokrasinya pada masyarakat islam. tapi ya tak banyak yang kuingat sepertinya. jadi ya oke cukup segini sudah cukup panjang rasanya. terlebih dan kurang mohon maaf dan silakan cek cross check sendiri ke berbagai sumber referensi lain. sekarang saya kudu memasukkan beberapa link dan tag html lainnya biar page posting tulisan ini keliatan lebih atraktif dan membantu anda menuju ke berbagai sumber referensi terkait lainnya. oks kembali ke indonesia atau rumah anda; yuk ah, wassalam.