Postingan

Menampilkan postingan dari Juli, 2009

TENTANG CINTA 12

~ Cinta, Murni, Semulajadi Atau Kepentingan? ~


Duduk dirumah gua, peti televisyen, kerusi, bola golf dari batu. Itulah filem kartun Flinstone yang mengisahkan manusia zaman purba yang mempunyai peradapan yang moden. Masalah-masalah Flinstone dan istrinya Wilma serta jirannya yang merangkap sahabat karib mereka Barney Ruble dan istrinya Betty, adalah gambaran situasi antara hubungan masa kini. Suami bekerja diluar rumah, dan istri menguruskan rumah tangga. Kadang-kadang digambarkan, betapa Wilma dan Betty cukup bersyukur kerana suami masing-masing adalah seorang lelaki biasa yang tiada istimewanya dengan segala kelemahan yang layak diterima.

Walaupun demikian, ada banyak mesej yang terselubung pada semua itu. Betapapun pesatnya kemajuan demikian dari zaman ke zaman, hubungan antara lelaki dan wanita yang paling hakiki atau yang mungkin tetap adanya.

Idealisasi cinta sepert ini memang banyak muncul di dalam berbagai cerita rakyat, legenda, atau jenis-jenis sastra yang lain. Shakespeare y…

TENTANG CINTA 11

~ Cinta Mengikut Teori PEA ~


CINTA itu tidak abadi! Nah, itulah kabar mutakhir tentang cinta. Kesimpulan yang amat "berani" itu dinyatakan dan ditemukan oleh seorang antropologi dari Amerika Syarikat, Helen Fischer, setelah melakukan penelitian selama bertahun-tahun. Tapi, mungkinkah cinta boleh di perkutak-katikkan semudah itu, bahkan sempat dibahas dari segi kimia dan sosial juga budaya, padahal bagi kebanyakkan orang, cinta identik dengan sebuah benda misteri? Cinta, meskipun boleh dirasakan, kononnya sangat tidak mudah untuk dimengerti. Ia boleh meluapkan kebahagiaan sekaligus kesengsaraan. Boleh menciptakan kebebasan, namun boleh juga membuat manusia bagaikan seorang tawanan.

Cinta jugalah yang menyemburkan segunung kreativiti bagi sebagian penyair ternama seperti Kahlil Gibran dalam menciptakan puisi, maupun komposer berkaliber Beet-hoven. Tapi, di sinilah membingungkannya, kadang cinta juga boleh membuat orang kehilangan semangat sekaligus mengalami kehancuran kreativi…

TENTANG CINTA 10

~ Mengapa Harus Jatuh Cinta Lagi? ~


Seringkali suami atau istri tidak sepenuhnya menyedari bahwa pasangan mereka bukan pilihanya yang paling tepat. Teman hidup yang telah dipilih belum tentu lelaki atau wanita paling sempurna bagi suami atau istri. Belum tentu pula selera dan keperibadian yang sama dan mengikuti citarasa dengan impian kelelakian atau kewanitaanya.

Diluar keyakinan orang pada jodoh, banyak hal-hal yang ikut mempengaruhi siapa pilihan hidup seseorang. Walaupun akhirnya ia disebut sebagai sudah jodoh' sebagaimana yang diyakini oleh banyak orang, Cuma yang tersedia hanya satu, namun pilihan dan peluang memilih yang lain menjadi pasangan kita sebenarnya masih banyak. Misalnya semakin luas pergaulan seseorang, jodoh bukan lagi cuma sebatas pagar rumah belaka. Semakin matang seseorang, di otaknya semakin kukuh formulasi ideal untuk mencari calon teman hidupnya. Semakin pragmatis pandangan hidup seseorang, semakin dipakai akal sehatnya dalam memilih pasangan hidupnya.

Sebu…

HIDUP BROWSER UCWEB, LANJUTKAN SBY

Politik adalah sebuah tugas sedih: usaha menegakkan keadilan di dunia yang berdosa. (Reinhold Niebuhr)

notice disclaimer nb: tulisan berikut ini sama sekali ndak ada hubungannya dengan pilpres atau pemilu indonesia 2009. cuma coz kata ini pasti lagi tune-in gw coba maksa masukin dan lanjutkan! sekalian sambil nyelam minum tuak gw coba juga praktikkin seni menjilat pantat yang agung bangedd itu. aji-mumpung kelompok sby group sekarang dan lima taon ke depan bakal meng-hegemoni secara politis, lalu ujung2nya (ini yang penting:) ekonomi, maka rasa2nya asik juga dech nyoba jilat2 dikit. aku sendiri golcute (ups, mestinya ini ndak bilang2) jadi nggak apa2 dong sekarang merapat2 hangat ke dekapan kubu cikeas. lahh politisi dan pengusaha pragmatis-oportunis sendiri pun--yang dulunya habis2an membantai 'citra' sby--pasti sekarang jadi kutu loncat merapat ke pak sby. termasuk oposan pdip yang pasti udah capek banget secara kue ekonomi terkucil lima tahun ke belakang, apalagi ikhwan2 mat…

TENTANG CINTA 9

~ Philisophical System Of Love ~


Cinta berpijak pada perasaan sekaligus akal yang sehat. Itu adalah Konsep pertama yang dibentangkan oleh Bowman (seorang pengkaji cinta) kerana manusia jatuh cinta dengan menggunakan perasaan belaka. Memang benar kita jatuh cinta dengan hati, tetapi agar tidak menimbulkan kekacauan dikemudian hari, kita di haruskan juga untuk menggunakan akal yang sihat.

Sangat berbohong kalau antara kita semua boleh jatuh cinta dengan begitu sahaja tanpa boleh mengelak. Yang sesungguhnya terjadi adalah, proses jatuh cinta yang dipengaruhi tradisi, kebiasaan, standard, gagasan dan idealisme dari kelompok dari mana kita berasal. Sangat berbohong pula kalau kita merasa boleh berbuat apa sahaja pada saat jatuh cinta, dan tidak boleh diminta pertanggungjawaban bila perbuatan-perbuatan implusif itu berakibat buruk suatu ketika nanti.

Kehilangan perspektif bukanlah petanda kita telah jatuh cinta, melaikan signal kebodohan. Cinta memerlukan proses yang panjang! Bowman juga men…

POS-KAN KOMEN

Siapa yang berpikir dirinya masih hijau dia akan tumbuh. Siapa berpikir dirinya matang, seperti buah, maka dia akan segera busuk. (Anonimus)

@prosby: "lanzutkan!"

@jk-win: "lebih cepak, lebih baik!"

@sirajanyakomentarpertamax: "akh, terlambat..."

@anonymous: "its nice blog, keep posting deer!"

@lawyer: "ini blog sampah! cukup banyak postingan yang cuma mengutil blog orang lain!"

@profesor bloger: "wahhhhh blog yang kerennn ===> baru kali ini ada yang meletakkan postingnya di komentar dan comment-nya justru di form postingan. selamat, tetap kreatif ya!"

@plagiator: "permisiiiiii,,,,, gw copas yawwwww,"


@abidin: "tolong wem jika kisah2 kita diungkap namaku disamarkan 'cause aku belum siap 'tuk tobat; sejauh ini tips dan strategi yang kita rancang dahulu masih cukup efektif buat menjerat wanita2 cantik yang kita tau kelemahannya 'apa'; ttd = kawan panasmu, abidin lestari"

@newbie: "sala…

TENTANG CINTA 8

~ Pengertian Tentang Cinta ~


Manusia sememangnya makhluk yang rumit. Suka menjadi aneh dengan sendirinya. Hal-hal yang ingin kita katakan atau harus kita bilang, justeru atau malah tidak pernah kita ungkap. Lebih parah lagi, kita sudah terbiasa menggunakan simbol-simbol atau kata-kata lain untuk menunjukan erti sebenarnya.

Walhasil kerana kerapnya maksud kita itu, ia menjadi tidak ter-komunikasi-kan dan membuat orang lain merasa tidak nyaman, tidak sayang, tidak dihargai. Kenapa tidak? Ada masa-masa kita merasa tidak nyaman mengekspresikan cinta yang kita rasa.

Kerana takut mempermalukan orang lain atau diri kita sendiri. Kita ragu untuk mengatakan I Love You. Oleh itu, kita menyampaikan perasaan itu melalui kata-kata yang lain seperti, jaga diri baik-baik, belajar rajin-rajin, hati-hati dijalan raya, jangan pandu laju-laju, jangan lupa makan. Tapi itu sebenarnya adalah opsi-opsi atau makna-makna lain dari perkataan yang sesungguhnya adalah, saya sayang awak, saya sangat peduli pada aw…