Selasa, 25 Agustus 2009

MERANTAU 2.1 part 2

Never walk on the travelled path, because it only leads you where the others have been (Graham Bell)


tiga-empat hari atau semingguan numpang disana mulai ada terlihat masalah, aku pun akhirnya ngambil kontrakan ke depok. meski bisa mengerti kamil dalam posisi sulit terhadap teman2nya tapi buat gw kali ini udah kelewatan dan dia toh sudah memilih untuk berperkara denganku. lagian gw emang udah rencana dan nyiapin budget buat ngontrak sendiri tapi tetep aja cara pergi kemaren nggak enak. padahal gw sebetulnya juga males numpang, merasa utang budi sama orang lain, dan hadir disana sekedar unjuk muka khawatir dianggap ndak nganggap dia sbg teman. waktu nyari2 kontrakan ke depok gw juga sudah amat terburu2 sangat dan bagai orang linglung walahhh maklum udah lama engga merambah ibunya kota tiba2 harus segera mendapatkan kontrakan hari itu juga biar ndak jadi gembel. alternatif tinggal di rumah sodara2 ato teman2 lain yang kukenal berhasil dianulir (karena menurut analisisku bukan opsi yang bagus). dengan modus jalan2 keliling2 akhirnya aku dapat satu. setelah punya tempat tinggal sendiri aku mulai episode mencoba2 jalan, membaca2 situasi, karena dekat stasiun kereta sejak tinggal disini aku paling sering nyoba krl yang tiketnya cuma seceng gopek itu. mana tau pula nanti gw kudu nyari nafkah disini. meski beberapa kali lewat stasiun kota tapi seingatku cuman sekali aku sempatkan untuk jalan (kaki) ke mangga dua (dengan nebak2 pula berdasarkan peta yang sempat kulihat) buat liat2 doang lagi (termasuk ngiler juga liat peralatan bisnis sablon kaos digital dipajang bagai barang obralan disana). tapi tetap mikir 100x buat bawa barang ini untuk berbisnis di rumah. uang dan keuntungan yang bakal diraih bukanlah segala2nya halahhhh haha.

beberapa hari tinggal di kos baru seingatku aku mulai diserang penyakit. yang nggak sembuh2 hingga aku pulang sekarang ini. nah di sela2 acara sakit2an ini jika kondisi badan agak mendingan dan gw betul2 bosan tiduran di kamar kusempatkan juga jalan (mungkin ini sebabnya jadi nggak pernah sembuh hehe). pernah sekali gw dalam keadaan selesma berat (bersin2) putar2 semalaman di pinggir jalan margonda, tidur2an di halte atau emper toko coz bapak kos 'nggak mau' bukain pintu hingga subuh. pernah juga karena bosan di kamar meski sedang sakit aku ngerental warnet yang murah semalaman dan ternyata malah diskonek mulu sehingga jadinya numpang tidur doang nyampe subuh. yang jelas aku tidak mengobati penyakit ini selama beberapa waktu (berharap sembuh sendiri) dan baru beberapa waktu menjelang memutuskan pulang gw pake obat2an luar yg dijual murahan. waktu jalan di ciputat aku juga nggak lihat klinik berobat gratis dompet dhuafa republika yang dimaksud sibos cahya. puskesmas yang kutau waktu itu cuma yang di parung karena liat pas lewat ke tempat miza. dan akhirnya nyampe di rumah ini baru aku berobat ke dokter di puskesmas, setelah sebulan lamanya. sialnya pas aku kesana itu rupanya memang jakarta lagi musim penyakit sampe2 sby pun kabarnya terserang flu.

dalam keadaan atit2an gw nyempati juga ke bekasi ketemu sibos. kebetulan disana lagi ada bursa kerja. tapi karena bayar gw nggak jadi masuk. lagian gw juga belum persiapan dengan baik dan cuma pake celana dan baju jeans kesana, emang mau ngelamar jadi satpam. kesana nya juga dengan maksud mau minjam pakaian formal sibos karena gw merasa sayang beli nanti nggak kepake (mana tau jadi pkl kereta cq preman). dan sejak kepergian hari itu gw belum sempat lagi balik kesana ketemu sibos. waktu itu kami betul2 jalan kaki keliling pusat kota bekasi yang penuh debu sehingga fisik saya makin drop dan batuk dibikin makin manjadi2. pas gw hendak balik ke jakarta dapat kereta ekonomi jam terakhir. sempat ceroboh juga waktu itu, karena kereta kosong aku meletakkan tas (yang memang tidak ada barang berharga apa2 haha) secara sembarangan en baru sadar pas ada peristiwa penjambretan yang gagal terhadap seorang anak gadis di gerbong gw. weleh2 abis itu sorot mata penumpang justru tertuju pada guwe, dikira anggota komplotannya kali.