Postingan

Menampilkan postingan dari September, 2009

MIYABI HAMIL

Tidak usah takut. Saya bukan polisi. Tempat ini juga bukan kantor kepolisian. Jadi semuanya terbuka. Tidak ada yang ditutup-tutupi. (Boss Koruptor - Doa Yang Mengancam)

CICAK VS BUAYA

ramai diberitakan pemberitaan berupa berita gesekan antara institusi kpk dan polri beberapa minggu belakangan ini. peristiwa ini semakin menarik ketika nama2 komjen susno duadji (sd), kabareskrim polri, mulai jadi sorotan. sd kabarnya diduga menerima uang terimakasih dalam kasus bank century. informasi ini berkat penyadapan yang dilakukan oleh kpk (edunn jenderal polisi berani mereka senggol juga euy). bersamaan pula barangkali dengan ter-publish-nya kasus bank century (dan entah apa ini ujung2nya bisa sampai pula ke presiden cos' boediono udah mulai kebawa2) termulailah genderang perang antara kpk (yang terlibat atau melibatkan diri) vs sd (atau polri). istilah cicak vs buaya pun muncul dari mulut sd untuk menggambarkan perbandingan kekuatan antara adik bau kencur kpk vs kakak bau kentut polri. dan entah apa hubungannya pula dengan antasari gate.

HARI PELANGGAN NASIONAL, OYEAH

I am a nurse and have worked over 35 years in the healthcare field and have seen with my eyes the discrimination of the poor and middleclasses. This has got to stop! (Cassandra Mcmath kpd Obama ttg systim askes AS)

beberapa menit yang lalu gw mengakses detikinet dari henpun. kebetulan pelanggan pln sini lagi padam lampunye seperti biase, tapi jadwalnya tak menentu pule. gw surfing hingga ke suatu artikel beryudul "sehari bak raja di galeri indosat". isunya dalam rangka hari pelanggan nasional, indosat memberikan fasilitas plus2 selama sehari itu (yakni beberapa hari yang lalu). memang sepengetahuan gw memang indosat ini sering mendapat coorporate award untuk urusan pelayanan pelanggan memang. ah... jadi ingat pengalaman gw berurusan dengan "orang indosat" setahunan yang silam... tapi tenang tetep saja tulisan kali ini nggak sekedar gossipin indosat doang pada akhirnya.

stress menyari sarana koneksi inet yang irit, gw dapat info tentang im2 unlimited yang cukup bayar …

PUISI CANTIK:TAK BISA BOBOK

Di gereja St Josef
tanggal 31 Maret 1959
di pagi yang basah
seorang malaikat telah turun.
Seorang malaikat remaja
dengan rambut keriting
berayun di lidah lonceng.
Maka sambil membuat bahana indah
dinyanyikan masmur
yang mengandung sebuah berita
yang bagus.
Dan kakinya yang putih indah
terjuntai

Fantastis.
Di satu Minggu siang yang panas
di gereja yang penuh orangnya
seorang padri muda berdiri di mimbar.
Wajahnya molek dan suci
matanya manis seperti mata kelinci
dan ia mengangkat kedua tangannya
yang bersih halus bagai leli
lalu berkata:
"Sekarang kita bubaran
Hari ini khotbah tak ada"
.
"Lihatlah aku masih muda.
Biarkan aku menjaga sukmaku.
Silakan bubar.
Ijinkan aku memuliakan kesucian.
Aku akan kembali ke biara
Merenungkan keindahan Ilahi." (Rendra)


TAK BISA BOBOK*)

lagi kelaparan tengah malam, meski sudah menjadi kebiasaan, tapi tetap saja yang namanya lapar terasa kurang nyaman, sementara di luar deras mengalir air hujan, pintu rumah boknyo (tempat selalu numpang makan dan parkirnya honda pin…

BOEDAYA CORRUPT V.D-MANA-MANA

"Segosegawe ternyata merupakan kependekan dari "sepeda kanggo sekolah dan nyambut gawe", yaitu merupakan gerakan mengembalikan dan membangkitkan nilai kebutuhan masyarakat untuk menggunakan sepeda sebagai salah satu alternative moda transportasi jarak dekat. Gerakan segosegawe dalam jangka pendek agar dapat membangkitkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat bahwa menggunakan sepeda sebagai alat transportasi alternatif dapat mengurangi polusi dalam rangka antisipasi pemanasan global. Dari sisi implementasi kebijakan, target awal adalah mengajak warga jogja untuk menggunakan alat transportasi sepeda untuk ke sekolah, bekerja maupun kegiatan lainnya dalam jarak dekat. Sedang dalam jangka panjang diharapkan gerakan ini akan berimplikasi kepada penurunan penggunaan kendaraan bermotor sehinga mengurangi polusi, terjadi efisiensi energi, menuju kota yang lebih humanis, meningkatkan derajad kesehatan dan sebagainya. Sedang bagi anak sekolah, bersepeda akan membangkitkan semanga…

MENARA SELULER, SERRRRR part III

"Setiap pilihan mudah hari ini memberi akibat esok hari."
"Kau cuma mau masalahmu selesai lalu hidupmu kembali sederhana."
"Di zaman sparta kuno hal-hal penting diputuskan oleh siapa teriak paling keras." (Suster Aloysius)

...
...

hanya siil balas, sang ketua, saja yang kulihat masih menjaga sikap meski di belakangku tentu saja ikut2an terbawa suasana bersama. mungkin ada yang bakal bilang barangkali masyarakat tolol itu yang benar (karena opini orang kebanyakan secara voting demokratis lebih berhak untuk benar) dan gw semestinya instropeksi diri. tentu, ada bagian2 (tapi sayangnya sangat kecil) yang aku jadikan bahan instropeksi karena tentu gw juga tak luput dari kesalahan. tapi percayalah gw bukan berasal dari golongan tolol-matre-cingkahak tersebut dan punya cukup ilmu untuk berargumentasi meski tentu masih lebih banyak lagi yang harus kupelajari dan terus menambah ilmu pengetahuan hingga mati nanti. persoalannya adalah mereka2 menilai diri gw tanpa cukup …

MENARA SELULER, SERRRRR part II

Ada hal-hal di luar pengetahuanmu. Bahkan jika engkau merasa pasti, itu adalah emosi bukan fakta. (Pastur Firly)

...
...

dulu waktu zaman2 smu pernah juga sekali mimpin misi tempur melawan kampung seberang (vs budi kriting cs yang kemaren kutemukan di parung) atau menaikkan nama geng "lapau siil" dengan ekspedisi nakal ke berbagai tempat. memang dibanding kampung2 tetangga, pemuda2 sekitar rumahku ini tergolong "kurang pemberani". gw sendiri karena sejak smp-smu skul ke kota padang memang jadi kuper di sekitar rumah, tambah pula status sosial ortuku yang membuat gw terlalu menonjol dibanding yang lain. dan gw yakin sejak dulu benih2 kedengkian bukan tak mungkin sudah tumbuh. dan gw bisa meraba2 tanda2nya sejak zaman2 kami masih mandi2 telanjang bersama di sungai belakang rumah dari bagaimana sikap mereka kepadaku. mulai dari yang terang2an menunjukkan permusuhan, sampai yang menjilat pantat karena memang waktu itu gw-lah yang paling tajir di antara mereka he2. tambah …

MENARA SELULER, SERRRRR part I

"Cintailah sahabat Anda sampai ke suatu batas, karena mungkin ia akan berbalik menjadi musuh Anda di suatu hari. Dan bencilah musuh Anda hingga ke suatu batas karena mungkin kelak ia berbalik menjadi sahabat Anda."

akhirnya sejak beberapa hari terakhir ini tepat di depan seberang rumahku (<-- maksod looo?) berdiri kokoh-menjulang tinggi sebuah menara operator selular. proses negoisasi (mungkin sewa tanah-keluarga kami) telah berlangsung berbulan sebelumnya (sebelum aku pergi dan kini terpaksa balik lagi dari javanese, sementara). sepertinya jadi "deal" karena siapa yang enggak doyan duit. dan entah persoalan apa yang nanti akan bersisa belakangan. walau tahu, walau aku cucu lelaki tertua di keluarga besar nenekku (dan mungkin membuat was2 beberapa pihak, sehingga sangat senang sekali kalo aku mampus saja di tanah jawa sana), seperti biasa aku "tak mau tahu" dan memang, seperti biasa lagi, tidak terlalu dilibatkan. dan buat gw sebetulnya ndak masalah, fu…

TV LCD MUBAJIRR MESSJID PASAR TAkWA

Bila seseorang menderita waham, gejala itu akan disebut gila. Bila banyak orang menderita waham, gejala itu akan disebut agama... (Richards Dawkins, Pakar Biologi)

setelah berhari2 berdiam di rumah (diam dalam artian betul2 berdiam dan bicara hanya yang perlu2 saja) dan paling jauh hanya sekali pergi ke tabing buat nge-rental vcd (yang hingga kini belum selesai kunonton) dan beli sebungkus teh cap petay dan sekali lagi buat balikinnya dan ngerental warnet, akhirnya jumat pekan kemarin aku berkeluar diri juga dari katak di dalam tempurung. sabalun jumatan gw nyetop angkot ungu jurusan lb minturun-pasar raya dan nyaris telat ikut sholat jumatnya. gara2 nyempatin mandi agak siangan dikit (kalo ga salah) setelah (seperti biasa kalo berdiam di rumah) bisa berhari2 ndak mandi2 (toh tak akan ada yang mencium baunya selain gw sendiri, dan baru hanya bisa berkhayal di malam sunyi sepi akan dicium oleh seorang-atau beberapa-isteri).

nyampe di pasar gw shalat ke taqwa sebagai yang terdekat dan ter…

GEMPA TASIKMALAYA: DEKONTRUKSI BAHASA CINTANYA

seorang rekan jadi tambah tak percaya kepada tuhan, melihat aku makin hidup miskin sengsara dengan kian mendekap erat iman di dada; dasar anjinggg2 dunia fana, apa loe pikir beragama itu berhadiah unta dan sepasang payudara??

x: kadang ya kadang ndak ... randomize terserah ialah,
y: dia bener hehe dia punya otoritas dan mutlak meski tafsirnya bermacem,
x: akh jadi nyerah aja nih ... dasar makhluk pesimis,
y: mungkin perlu koreksi memaknakan nyerah dengan "nrimo" tapi menyandingkan berserah dengan kata ambisious sudah pasti lelucon,

dan dia tawa, karna itu terjadi di ke akhir hari kini ^_^

... ia akan dibayar sebesar US $ 10 ribu. Merasa tertantang, Banks memutuskan melakukannya. Kuda jantan pun dikeluarkan. Banks sendiri tengah bersiap-siap melakukan aksinya. Tanpa menunggu waktu Banks berhubungan seks dengan kuda tersebut. Tak beberapa lama, Banks merasa pusing. Ia pun jatuh pingsan. Tubuhnya kejang-kejang. Banks segera dilarikan ke rumah sakit. Selama di rumah sakit, Banks meras…

MERANTAU 2.1 part 8

Bagaimana jawab Muhammad kepada Tuhannya sekiranya ia menghadap-Nya sedangkan ini [sejumlah harta] masih ada di tangannya? (Muhammad)

selanjutnya aku juga mau cerita sedikit perjalanan ke blok m sebagaimana kujanjikan sebelumnya kebetulan masih agak ingat nih. setelah lama bingung bagusnya nyari sepatu yang murah di jakarta ini dimana aku akhirnya jalan ke blok m, sekalian nyari kolor. edannn seluas itu depok apalagi dki jakarta gw bingung sekedar buat nyari sepatu dan kolorrrr! dasar wong kere!

dari depok aku naik kopaja langsung nyampe blok m. awalnya truck ini nurunin penumpang di jalan ndak masuk terminal tapi aku ikutin orang aja (tepatnya: segerombolan anak gadis) dan tak jauh sampailah di blok m. lalu putar2lah aku di mall bawah tanah itu. emang cukup banyak juga yang jual sepatu disitu. tapi saat itu aku ndak tau pasaran harga dan survey2 aja dulu. kemudian aku juga nandain sebuah merk kolor yang kupandang paling irit di sebuah supermarket. tidak membeli dulu karena mana tau nan…

MERANTAU 2.1 part 7

Pertama mereka tidak mempedulikanmu, lalu menertawakanmu, lalu mereka berkelahi denganmu, dan kamu menang. (Mahatma Gandhi)

sehabis kecemplung got tanah pinggir lapangan bola ini aku pergi ke area kampung bandannya dimana yangmana kamanaeuy terdapat sebuah mushalla. sholat dulu kemudian disini. pas orang lagi jamaah, kemungkinan waktu ini udah ashar kalo aku zuhurnya di mushalla yang gede tadi bukan sebaliknya (maklum kemampuan mengingat terbatas nih euy). oya kebetulan ingat lagi waktu di mushalla gede dekat st.kota tadi aku melihat seorang anak yang kayaknya jadi pedagang asongan sedang istirahat di mushalla sambil berbenah barang dagangannya yang semacam kalung asesoris getho. wah jadi kepengen juga pkl waktu itu daripada gw jalan2 ndak jelas macam gini hi2 cuma bingung juga gimana caranya karena maklum non-pengalaman dan belum ketemu ide barang menarik apa yang hendak kujual di jalanan selain ide semula. ya sewaktu masih di padang dan mungkin sudah sejak 2 tahun sebelumnya aku eman…

MERANTAU 2.1 part 6

Saya tidak tahu kunci sukses, tetapi kunci kegagalan adalah mencoba menyenangkan setiap orang. (Bill Cosby)

Gerilyawan menang jika mereka tidak kalah. (Henry Kissinger)

okay sekarang bagian tambahan dari hal2 mungkin menarik yang tadinya lupa dan belakangan baru kuingat. salah satunya adalah perjalananku dengan kedua kaki ini seharian penuh di sekitar kampung bandan, jakut. nama tempat ini sendiri baru kutahu bernama kampung bandan setelah mencek jalur yang pernah kutempuh di peta kemudian. tempat ini letaknya sekitar timur laut dari stasiun kota. sebelumnya jika lihat peta mungkin fokusku pada arah jalan ke mangga dua atau seputaran gunung sahari hingga monas. sebelumnya aku pernah punya target untuk jalan dari st.kota menyusuri sepanjang rel ke selatan sehingga kalo capek tinggal naik krl dari stasiun terdekat. dengan mengikuti jalur kereta lebih mudah untukku mempelajari dan mengingat peta rutenya dibanding asal jalan muter2 yang lain; cause gw engga punya peta tercetaknya ataupun ga…