Kamis, 22 Oktober 2009

SELALU STRATEGI CERDIK SBY

Jika aku berhenti memasang sesuatu aku pasti lebih bahagia. Yang kulakukan hanya duduk pada pantatku yang besar. Jika pantatku tak besar aku akan lebih bahagia. (Adaptation)

tiba2 munculnya nama nyonya linda amelia sari gumelar dalam audisi calon menteri di cikeas memang cukup mengejutkan. apalagi tak tanggung2 nama yang satu ini menggusur nama doktor meutia hatta, putri proklamator nkri dari "kampuang ambo", yang pula petinggi partai pengusung setia pemerintah, pkp, yang digawangi meutia bersama jenderal gaek edi sudrajat. tadinya aku berhenti nulis sampai sini nunggu perkembangan terbaru dan kepastian posisi menteri setelah sby resmi dilantik kemaren. tapi hingga pagi kini dari pro 3 rri kudengar sepertinya pengumumannya masih tertunda bergantung dinamika politik. oke kembali ke nyonya linda gumelar. nah dari perekrutan istri pak agum gumelar ini gw melihat lagi sebuah takhtis cemerlang politik sby.

satu2nya lawan politik yang belum bertekuk lutut pada sby adalah megawati soekarno putri. ini dengan sementara mengabaikan dulu gerindra-hanura yang kekuatan politiknya tidak terlalu besar. dan sebetulnya sepertinya juga hanya tinggal megawati sebagai pribadi karena taufik kiemas saja sudah dapat jatah ketua mpr berkat demokrat. nah perlahan2 orang2 disekitar megawati disedot untuk merapat ke sby. tidak mudah memang karena pdip bisa dibilang memiliki kader2 yang cukup militan. tak se-oportunis pion2 gxxkar misalnya. nah salah satu orang yang cukup punya kekuatan dan agak dekat dengan megawati adalah letjen (purnawirawan) agum gumelar, suaminya ibuk linda tersebut.

pak agum, mantan danjen kopasus ini, adalah salah satu contoh tentara yang cukup perfect. baik sebagai prajurit lapangan, maupun sebagai pejabat karir. kabarnya beliau sempat esmosi ketika gus dur men-cap nya pengecut karena tak mengikuti kehendaknya kala berhadap2an dengan mpr sewaktu gus dur hendak diturunkan. masa sih prajurit kopasus dibilang penakut. selain paduan antara seorang pion pemberani dengan seorang manajemen administratif yang apik menariknya lagi jenderal yang satu ini adalah contoh paduan menarik antara seorang berakhlak sunda yang halus dengan seseorang yang berkemampuan intelektual cukup mumpuni. gw termasuk yang cukup senang mendengar pernyataan2 dan pidato2 cerdas agum di media massa. termasuk di massa2 ketika ia mencawapres di 2004 mendampingi, sayangnya, hamzah haz.

agum gumelar ini sudah beberapa kali menjabat menteri. yang seingat gw saat jadi menteri perhubungan dan ketua pssi. seperti nasib wiranto, yang juga menarik dari agum ini adalah setelah kalah dalam pilpres di 2004 ia malah mencagub di jabar tahun kemaren dan kalah lagi. sayang sekali, padahal ini bukan orang sontoloyo dan saya berani bilang merupakan salah satu tokoh sunda paling tercemerlang sangat saat ini sehabis masa ginanjar kartasasmita. sekali lagi setidaknya gw melihat dari kecerdasannya yang sayang tak sebaik peruntungannya akhir2 ini. sekali lagi jarang2 saya melihat tokoh sunda yang karakternya se-komplit ini meski kalo ikut pilgub di jabar tentu saja gw bakal lebih milih calon pks ketimbang agum yang diusung pdip apalagi orang2 status quo-nya golkar.

nah sepertinya sby melihat pentingnya menarik purnawirawan unggul yang telah sial berkali2 terakhir2 di akhir karirnya ini ke lingkungannya. caranya adalah dengan menempatkan isteri agum di posisi menteri urusan peranan wanita. padahal nama ibuk ini nyaris tak terdengar sama sekali selama ini. kabarnya beliau kesana hanya berbekal kegiatan sebagai pengurus urusan kanker payudara wanita. luar biasa. tentunya menarik nyonya agum ke kursi menteri ini akan cukup mengangkat kembali citra, imej, dan gengsi keluarga besar agum gumelar. dan lalu membuat orang istimewa itu berada di lingkaran sby. tentunya bagi seorang kuat seperti agum yang bukan tak mungkin bisa terkena post power syndrome belakangan ini hal itu akan sangat membantu. apalagi agum gumelar akan jadi salah satu tokoh eks tni paling senior jika try sutrisno telah berlalu nanti. dan pula sekalian tentara selain kawan2nya wiranto dan prabowo sudah semakin tertarik ke dalam lingkaran sby pasca kemenangannya ini. saya lupa agum lulusan akabri tahun berapa, yang jelas ia senior di atas sby dan wiranto. lagian lagi ada bonus tambahan bagi citra sby: menantu agum adalah pebulu tangkis ganteng taufik hidayat.