Selasa, 24 November 2009

SITUS BERITA VERSI MOBILE

cos di google kulihat dikit banget web page yang ke-index dengan keyword seperti zudul di atas, baiklah, biar aku yang nulisin biar bertengger di posisi nomor satu. dulu kulihat pernah salah satu judul postingan blog-ku pas ku-googling iseng2 ternyata bertengger di posisi teratas dengan pesaing yang kukira engga sedikit, gw lupa, mungkin puluhan, ratusan, atau bahkan ribuan. kalo ndak salah keywordnya pepatah arab. padahal isinya juga asal soal curhatan pendek sebaris kalimat yang nyaris tak ada hubungannya dengan kajian tentang "pepatah arab". ga tau juga nih apa kata pepatah arab disini ikut ke-index.

nah bagi kawan-kawin sekalian yang barangsekali butuh daftar situs berita versi mobile, berikut kukutipkan beberapa dari hasil pencarianku:

http://m.inilah.com
http://wap.vivanews.Com
http://wap.suaramerdeka.com
http://m.detik.com
http://m.okezone.com
http://mobile.liputan6.com
http://m.Liputan6.Com
http://m.kompas.com
http://m.kapanlagi.com
http://www.tvone.co.id/mobile/
http://mobile.media-indonesia.com
http://m.metrotvnews.com
http://m.tempointeraktif.com

barangkali ada yang senang buka2 situs berita selain situs "yang lain2" dan menginginkan yang versi mobile, lite, atau ringannya biar bisa dibuka dari hp. oya itu2 tersebut adalah situs2 dari lokal indonesia yaw tapi tentu ada berita internasionalnya. sebagai catatan situs berita versi mobile favoritku sejauh ini adalah yang http://m.inilah.com yang kulihat cukup dikit nyedot pulsa. ya situs versi mobile macam gini emang hemat bandwith karena didesain dengan ukuran mini. yang wap.suaramerdeka.com juga cukup ringan, bahkan bisa dibuka dari browser wap versi 1 en rata2 hp jaman sekarang sudah mendukung browser wap versi 2 hingga html utuh. sebagian dari situs2 tersebut kulihat akan men-direct ke yang bukan versi mobile jika anda buka dari komputer (bahkan meskipun anda pake gateway seperti skweezer.net). misalnya http://m.detik.com ya iyalah karena dalam versi mobile nya ini tidak ada iklan dan hanya bisa dibuka dari browser yang teridentifikasi sebagai hp. tapi http://m.inilah.com tidak berubah jadi inilah.com jika dibuka dari kompi (gw biasa dengan browser opera).

selain situs-situs berita versi mobile tersebut tak ada salahnya juga anda2 mencoba2 situs2 mobile dari genre2 lainnya seperti berikut ini:

wap.studiohp.com
m.hi5.com
mobile.minangforum.com
m.wordpress.com
m.kaskus.us
m.twitter.com
m.infoanda.com
m.facebook.com
m.politikana.com
m.kafegaul.com


situs2 versi mobile ini memang didesain untuk penggunaan pada browser yang melekat pada gadge handphone yang bersifat mobile atau memiliki mobilitas tinggi atau bisa dibawa kemana2. ukurannya lebih kecil sehingga ringan untuk bandwith konektifitas portable mobile anda yang terbatas. sebetulnya dengan gateway anda juga bisa mengakses situs2 bukan versi mobile secara ringan. cuma desainnya bisa jadi acak kadut karena bukan situs itu sendiri yang menyajikannya langsung melainkan pihak gateway (seperti skweezer.net tadi) yang mengolah ulang sajiannya kepada anda. dan tentunya bejibun lagi situs mobile yang bertebaran di internet. silahkan cari sendiri di mesin pencari seperti google mana2 yang menghadirkan direktorinya secara cukup lengkap. gw sendiri pernah bikin situs dengan alamat wemmy.wen.ru yang bisa dibuka dari browser mobile lawas wap versi 1. cuma sayangnya sepertinya sudah dihapus bapak wen.ru (asal rusia) karena tidak diurus sekedar buat gaya doang. okay met mencoba dan mengikuti dunia peristiwa,,

update: baru2 ini skweezer juga ndak bisa digunakan guna mengakses inilah.com versi mobile, tapi google gateway masih yoi