Senin, 04 Januari 2010

INTERNET HEMAT UNTUK ORANG KERE

Anda harus tahan terhadap ulat jika ingin dapat melihat kupu-kupu. (Antoine De Saint)

setelah menemukan fitur user agent switcher pada setting situs mobile leap (mlvb.net) akhirnya aku agak semangat nuliskan ini (lagi). pertama-tama apakah bisa anda mendapatkan internet hemat (bahkan gratis) itu tergantung banyak faktor. misal, bisa saja anda tidak punya pengetahuan apa2 tapi kebetulan bekerja sebagai operator di sebuah warnet (bukan pengangguran ganteng kayak gw hehe) maka tentu anda akan mendapatkan akses jaringan internet gratis yang bisa jadi anda sebetulnya tak membutuhkannya lalupada akhirnya daripada bengong anda gunakan untuk membuka situs2 porno, gambar cabul, cewek telanjang, gadis bugil, dan sejenisnya (ini berlaku kalau anda laki2 normal yaw). bisa jadi pula anda hacker jempolan yang ilmu pemograman komputernya hanya setingkat di bawah mark zuckerberg (pendiri p.t facebook.com) namun kebetulan ditakdirkan tinggal di tempat yang ndak ada hotspotnya dan tak pula punya ongkos untuk transportasi menuju aliran jaringat net terdekat (kecuali barangkali jika ia punya kemampuan untuk mencuri signal internet satelit). ilmu sehebat apapun dan tekad sebesar manapun ndak bakal bisa dipraktikkan dan diwujudkan jika tak ada dukungan infrastruktur, sekecil2nyapun.

gw saat ini menggunakan jaringan telkomsel untuk akses internet dan kedua gw juga bukan ahli hacking (bukan sama sekali) yang berbasiskan studi ilmu computer sebagai disiplin ilmu gw. kebetulan karena kebutuhan saja gw mencari2 tahu dan mencoba2 sedikit untuk bisa memenuhkan kebu-tuhan akses internet gw sesuai kondici w skg. di rumah guwa sebetulnya juga terdapat infrastruktur yang tinggal dilengkapi seperti fixed line lewat telkom speedy. ada juga pilihan yang lebih hemat saat ini dengan berbagai produk cdma yang dengan berbagai "pertimbangan" belum gw jadikan pilihan. sementara ini gw tetap mengakses internet dengan terdaftar sebagai anggota telkomsel flash mobile campus community (cuman yah gampang2 susah juga buat registrasinya). beberapa promo dari berbagai operator cell (yang penetrasinya paling luas, serta ketersediaan gadget yang telah cukup mem-pasar-akat sehingga akan lebih ekonomik) bisa kita ikutin agar punya info tentang tawaran internet hemat paling menarik dan up to date. jika mau lebih terikat dalam waktu lama makin banyak juga pilihan; contohnya investasi beli modem cdma atau beli paket bundling dengan laptop. tapi sekali lagi cari informasi terlebih dahulu ketersediaan jaringannya hingga ke lokasi surfing qt.

beberapa situs popular telah memiliki webpage versi mobile yang minim iklan dan hemat bandwith sehingga hemat pulsa dan irit biaya. sayangnya sebagian besar situs tersebut, misal m.detik.com, akan mendirect ke full version webpagenya jika terdeteksi usernya mengakses dari dekstop kompi bukan browser hp. tentu kita juga bisa mengakses secara hemat situs full version tersebut dengan website gateway skweezer.net dll namun tetap saja versi mobile akan terasa lebih nyaman. baik itu secara tampilan yang jauh lebih ringkas maupun tentunya pulsa yang dihabiskan. terlebih untuk internet hemat bagi orang kere anda akan meng-off gambar, style css alias full teks sehingga butuh tampilan yang lebih sederhana. ini juga supaya tampilan website aslinya ndak terlalu di-acak kadut oleh web gateway. nah, dengan user agent lewat mlvb.net ini (periksa dulu bagian settingannya) bisa dimanipulasi informasi seolah2 kita browsing dari komputer mobile bukan browser dekstop. hasilnya bisa lebih nyaman dalam surfing teks webpage yang ringkas sekaligus irit pulsa tadi. dan sebagai orang kere, kita ga perlu repot2 mem-follow berbagai teknik mencuri2 masuk jaringan ilegal kecuali anda memang berminat untuk studied kesono, setidaknya sebagai seni mencintai ilmu dan pengetahuan. tapi tetep kalo ada dosanya tanggung nndiri eaaaaa. lebih baik kukira yang legal (sejalan dengan UU ITE agar tidak di-prita-kan) dan yg halal gini aza toh mumpung penetrasi jaringan dan pasar pengguna internet makin luas sehingga berbagai provider akan terus lomba2 promosikan paket2 menarik akses jaringannya. rajin2 aza nyari informasi kalo sebagai orang kere anda tetap butuh akses internet yang hemat sesuai kantong qt yang bolong2. dan lagipula lagi makanya perlu juga user agent spt mlvb.net ini, kebanyakan tempat di NKRI ini belum tercover 3G dan kalopun ada infrastruktur jaringan tsb kabarnya masih cukup kedat-kedut sehingga untuk saluran gprs biar lebih speed yahh sebaiknya buka yang mobile2 versionnya aza lah yawww.