Selasa, 13 Desember 2011

Lama Ndak Ngeblog

Lama sudah lagi ndak nulis. Sejak 2 bulan belakangan ini aq ga bisa ngonline, bahkan ngompi, walau manyun di rumah. Sejak ditinggal ke Jawa terakhir kemarin laptop mamaku ternyata windowsnya rusak. Karena berupa netbook (axioo) jadi aq ga bisa instal ulang lewat cd seperti yg aq tau. Lalu karena keinginan untuk berhemat gw gak bawa ke tempat instal, selain khawatir ditipu karena ga punya kenalan. Selain itu juga dengan pertimbangan menunggu akhir tahun untuk apakah membeli kompi baru untuk desain sablon digital, laptop baru, atau cukup beli dvd eksternal. Sembari juga nunggu listrik baru di rumah baru yang sebelah.

Kenyataannya kemudian berbekal info dari google (lewat kompi dekstop dgn monitor crt yg sulit nyala n kabur) gw coba2 utk instal xp ke netbook pake flashdisk. Kebetulan master window 7 aq ga punya. Nah, mungkin dari sinilah kerusakan fatal untuk hardisk netbook mamaku dimulai. Salah satu kemungkinannya karena gw pernah matiin netbook di tengah proses format yang terlalu lama. Karena gak mampu nginstal, sementara kemudian monitor crtku juga udah mati total, suatu hari aq bawalah juga ke sebuah tempat dekat UNP yang kebetulan lewat kulihat cuma pasang tarif 30 ribu buat nginstal lepi.

Sempat nginap 2 hari disini tuh netbook ternyata juga ga bisa diinstal. Kemudian kubawa juga ke sebuah toko komputer yang cukup ternama. Ternyata ga bisa juga n diinformasikan hardisknya udah rusak. Nah kebetulan harga hardisk sedang naik 3x lipat, belum ongkos servis. Salah satu alternatif gw saat itu adalah prioritaskan beli lcd untuk monitor dulu tapi gak ketemu-ketemu juga merk advance yang kucari. Suatu hari minggu aku akhirnya pergi ke tempat yang katanya ada barang yang kucari. Sesampai disana ternyata tutup, maklum toko orang cina kayaknya. Mungkin di hari sepulang dari tempat itu gw mampir lagi ke sebuah toko komputer dan mendapat info kalo dari dvd bawaan axioo ada linux live dvd. Karena penasaran maka meski dengan ragu saat itu juga aq membeli dvd eksternal yang kebetulan ada di titik harga paling miring yang kutemui di Padang.

pantai puruih, padang

Dan ternyata emang bisa jalan linux dari dvd eksternal ini. Cuma akses aplikasi terbatas. Ngetik ini aja hanya bisa di notes, open office mungkin gak kuat jalan. Maklum mungkin sepenuhnya berjalan dari ram. Format pemutar videonya juga terbatas, Mp3 player ribet dan berat. Dan waktu bootingnya tiap kali nyalain lambreta banget. Di-standby ndak bisa, jadi ngehang. Tapi lumayanlah buat browsing ternyata mampu dan setting modemnya pun nemu. Sementara ini dululah kupake, belum memutuskan langkah apalagi sebaiknya. Harga kompi sepertinya gak nemu juga yang pas di akhir tahun ini. Listrik baru belum masuk juga. Mesin untuk sablon digital juga belum dapet yang meyakinkan. Monitor lcd advance itu juga belum jadi kubeli. Ga tau juga nih apa kuat dvd playernya os dari sini terus. Sempat juga ada insiden barang dvd eksternal murah ini besoknya kubawa kembali ke toko tempat kubeli karena kuatir barang bekas.

thx komennya ^^