Pekerjaan dan Keperjakaan

one pic tells with a thousand mean, our entire business was riding on the word,, all the money is made
between the lines

Catetan Posisi Bintang di Langit Lumintu-Papiko Medio-Februari 2017

uh my goddess, i'm thinking of you & fakehood around mine
Pagi ini--17 Februari 2017 Masehi--kulihat pada sekitar subuh rasi kalajengking sudah sangat tinggi menjulang sombong di langit tenggara. Meski kabut di ufuk cukup tebal, di bawahnya sagitarius juga lumayan terlihat walau agak samar dan juga sudah mulai agak tinggi sepenggalah matahari. Posisi horizontalnya antara bukit semen padang dengan lokasi terbit terselatan matahari di sekitar belakang kampus Unand jika dilihat dari rumahku. Artinya condong ke selatan. Tapi, meski garis tengahnya begini, pagi (atau subuh) tadi--meski seperti biasanya kabut selalu menaungi langit arah pusat kota padang itu--kulihat 2 atau 3 bintang kecil samar2 kerlap-kerlip di bawah dari rasi salib dan dua bintang terang di arah selatan itu yang posisinya cukup tinggi. Sebelum2nya rasa2nya rasi salib dkk di sebelah kirinya (selatan) scorpio ini posisinya cukup rendah sehingga di bawahnya sudah terlalu tebal ufuk plus polusi pusat kota padang untuk masih bisa melihat bintang dengan mata telanjang. Gw curiga jangan2 di antara titik2 kecil inilah salah satunya duo alpha centaury karena konon walau paling dekat tapi cukup redup cahayanya.

Sementara itu pada saat ini--di sekitar subuh itu--bulan sudah pasca-purnama menuju terang setengah (sekitar 3/4 kini) dan berada di posisi sekitar zenith ditemani jupiter yang begitu terang bersama/didampingi sebuah bintang yang aq lupa namanya. Kalau ndak salah ingat, kemaren itu menjelang tengah malam adalah waktu terbitnya bulan di timur bersama jupiter dan bintang kawannya itu yang sedikit mendahului. Posisi terbitnya jika aq berdiri di antara dua rumah lama dan polongan pinggir jalan, maka ia terlihat muncul dari atas atap bedeng/kamar kecil tempat cucian motor ni era (tanahku yang diokupasi hehe) atau sekitaran kiri (utara) sedikit dari arah bukit kampus unand dan kanan sedikit dari puncak tertinggi bukit di belakang sungai lareh. Purnamanya bulan sekitar sebelum pertengahan bulan atau pas ultahku kemaren. Awal bulan adalah saat tergelap; hilal bersamaan dengan awal bulan perhitungan masehi untuk saat ini. Venus masih tetap pada sekitar waktu yang sama secara vertikal (pasca-maghrib), sementara secara horizontal makin ke barat/utara (mirip judul puisi nih hehe). Aq bisa memahami ini karena lintasannya memang di antara bumi dan matahari; tapi aq belum cek evolusi/revolusi(?) venus berapa hari dalam setahunnya dia.

Sementara lintasan jupiter ada di belakang kita, makanya ia sempat di posisi mars sekarang--di atas venus--beberapa bulan yang lalu (atau mungkin sejak setahun yang lalu). Kemudian ia menyalip matahari untuk terbit terlebih dahulu beberapa jam di timur sebelum matahari muncul. Mars kulihat masih setia menemani venus di atasnya seolah mereka punya waktu evolusi yang sama'padahal orbit mars seperti jupiter, ada di belakang bumi dari matahari. Saturnus masih setia di kiri/utara scorpio atau di atas sagitarius; padahal waktu jupiter didahului matahari atau di posisi venus sekarang saturnus agak ke atas sedikit ditemani mars yang berada di kepala capit scorpio beberapa bulan lalu. Beberapa bulan lalu itu kalo gak salah venus justru mendahului matahari sedikit yang mana sekarang diisi oleh merkurius yang tak bisa kulihat dengan mata telanjang. Aq sekarang ragu nih apakah posisi bima sakti masih tetap abadi di belakang sagitarius dan kaki scorpio atau kalau nggak salah baca katanya sekarang di belakang orion? Untuk dilihat langsung belum bisa saat ini karena scorpio belum ke zenith saat menjelang subuh dan dibawah/ufuk kabut seperti biasa cukup tebal menutupi. Oya kemaren2 (mungkin sudah lebih seminggu) pas bangun pagi2 itu aq dibuat bertakbir2 ketika langit selatan sangat bersih antara scorpio dan rasi salib yang sangat banyak bintang2 kecilnya jadi terlihat jelas begitu.

Note tambahan 18 februari: kulihat tadi matahari memang terbit antara puncak tertinggi bukit dengan kampus unand. Sepertinya di posisi yang sama dengan bulan lintasannya. Kemudian tadi pagi subuh kulihat kepala capit scorpio sudah hampir sampai zenith. Sementara sore pas mentari tenggelam kurasa tidak lagi di posisi paling barat daya/selatan karena kuukur dari pantulan sinarnya yang tembus jendela samping kompi ini. Kalo ndak salah posisi terselatannya kira2 bulan desember 2016 kemaren karena cahanyanya dari jendela bisa menyentuh posisi keyboard komputer ini. Berarti sekarang matahari lintasannya dalam perjalanan kembali ke arah utara yang seingatku titik tertimur laut/utaranya nanti dari arah lori atau sebelah kiri/utara puncak bukit tertinggi gunung di belakang jalan sungai lareh-lubuk minturun. Mungkin sekitar juni-juli, cek aja nanti. Kalo tenggelamnya juga searah paling utara berarti akan terlihat sunset dari arah sangat ke pasir jambak. Sementara venus kemaren isya kulihat jika dilihat dari bekas tempat proyek pompa air di samping polongan depan rumah baru/amak maka terlihat di atas sekitar pohon pinang belakang-samping kamar mandi rumahku dan hampir sampai ke atas pohon matua di belakang almarhum kolam. Sepertinya posisi venus makin ke utara secara horizontal. Aq ingat persis kalo beberapa bulan yang lalu ia sangat kesetanan eh ke selatan (di atas area wisma indah belakang stasiun tabiang tu ha) hehe.

Note plus plus: dini hari ini (sekitar jam setengah empat) kulihat bulan dlm keadaan setengah bermandi cahaya mengarah kurang. Posisinya sekitar 60-70 derajat di arah timur dengan wilayah gelap yg setengahnya itu menghadap di sebelah barat. Berarti ini tanggal 19 tidak persis betul saat ini tengah bulan masehi dengan sinar bulan setengah. Kemudian kemaren menjelang maghrib kulihat venus sangat terang meski hari belum terlalu gelap.

Note 9 Maret 2017


Ternyata menjelang pertengahan maret ini ekliptik bulan pindah ke sebelah utara dari garis tengah (searah matahari), bulan kemaren rasanya masih sejalur dengan sirius sekarang sudah di kiri orion. Saat ini bulan setengah terang lebih dikit klo ndak salah ingat. Posisi di atas kepala saat sekitar isya dan dini hari/menjelang subuh ini sudah akan tenggelam di arah barat. Bersamaan menjelang azan kulihat sejak kemaren capit kepala scorpio sudah hampir mencapai zenith sehingga ekornya dan sagitarius di bawah juga sudah cukup tinggi. Rasa2nya memang pusat jalur susu itu masih di teko sagitarius ini walau agak samar juga untuk kemaren dipastikan karena masih agak terhalang awan tipis. Jadi agak sulit membedakannya dengan awan itu walau secara metode jelas formasi awan akan cepat berubah disenggol angin di atmosfer. Satu hal menakjubkan kemaren juga kulihat adalah walau pada zenith bertebaran awan tipis alias langit tidak begitu bersih tapi ada sekitar 4-5 bintang yang masih bisa terlihat. Yang satunya so pasti sirius di yang paling terang, terus dua bintang di formasi orion (bukan yang tiga berjejer). Terus, satu di arah selatan dan satu lagi di arah utara. Pagi ini awan tipis juga cukup menghambat untuk melihat bintang2 yang telanjang. Venus sudah beberapa hari ini aq ndak sempat lihat karena pas maghrib di ufuk barat cukup tebal juga awan dan karena ia agak ke utara jadi terhalang rumah dan pohon kalau aq sambil lewat ke rumah seberang. Sementara si mars kemaren sempat terlihat merona merah di arah yang situ2 juga. Jupiter juga masih mesra pacaran sama bintang ttm-annya, begitu juga saturnus si planet cincin yang masih di kepala sagitarius. Yoi!

Nude, 13 Maret

Kamerun eh kemaren rembulan terlihat telah purnama sudah. Pada sekitar jam 10-11 malam kulihat jupiter dan orion dkk bisa berjumpa bersamaan. Jupe dan pacarnya (spica kalo ndak salah) ada di timur di bawah bulan sementara sirius dan orion sudah menggelincir ke barat. Walau purnama terang dan ada selayang kabut tifis toh jupiter dan beberapa bintang itu terlihat jelas semalam!

23 Maret 2017

Ternyata lintasan bulan memang beda dengan matahari. Klo saat ini jalur matahari tepat di tengah ekliptika maka rembulan ada di selatannya atau kira2 posisi matahari pas pergantian tahun kemaren. Jika aq berdiri tegak lurus dengan (kira2) bayangan matahari terbit hari2 ini dari pohon palm muda depan rumah amak (aq berdiri depan garasi ke polong maka ekliptika atau bayang matahari itu ada di atas atap bedeng cucian ni era (sebelah selatan diri puncak tertinggi bukit sungai lareh) sedangkan posisi terbitnya rembulan di kira2 atas dapur rumah tower atau hampir menyentuh daun batang pohon seberang pinggir jalan itu. Tadi pagi kulihat bulan sudah mulai sabit dan terbit kira2 dini hari. Subuh ia sudah mulai tinggi (tapi sedikit di bawah bimas sakti/sagitarius kini) dan posisi sinarnya menghadap timur. Kalo ndak salah kemaren2 menghadap barat pas sebelum purnama pertengahan bulan ini. Dugaanku jika ia terbit sebelum tengah malam maka ia akan disinari mentari dari arah barat tapi jika terbit sesudah besoknya ia akan disorot paman matahari dari arah timur. Nanti dicek lagi, yoi. Terakhir baru ingat tentang posisi equinoks matahari di barat atau saat sunset jika dilihat selurus bayangan sunrisenya dari pohon palm muda depan rumah amak dan aq berdiri diri di samping semen bekas proyek pompa itu maka akan terlihat mentari tenggelam di sekitar pohon cubadak, baik cubadak mungil depannya yang antara rumahku dgn gudang/lapau ni rina, ataupun yg belakang di tepi parit pembatas "lahanku" dengan tanah si mamak2 kalera yg walau bagaimanapun anaknya amakku itu hehe oya ingat lagi (duh saintis modal ingatan tanpa catatan eksperimen wkwkwk) kalo kuberdiri nyender ke kusen kiri pintu belakang ke dapur rumahku makan akan terlihat sunset (dari sela2 daun) di samping kiri/selatan pohon matua belakang. Jadi antara pinang yg diseberang parit dengan pohon kerambia di depan matua itu. Oks

25 Maret 2017

Sedikit koreksi atas posisi matahari pd saat menjelang sunset sehari kemarin. Posisinya sudah geser bahkan melewati pohon pinang setelah cubadak dan kedondong jika dilihat dr bekas proyek pompa dengan tegak lurus dr bayangan pohon palm muda depan rumah amak. Jadi pas tepat hari equinox kemaren kayaknya lintasan matahari sudah lewat 2 pohon cubadak dan agak pas di atas pohon pinang di banda samping itu. Dari posisi depan palm muda pinggir jalan itu kalo diluruskan ke beranda rumah maka ia berada di antara tiang luar kiri (timur laut) dengan dalam kanan (barat/tenggara). Sementara lintasan jupiter kuperhatikan lagi kemaren juga akan selatan sedikit dari lintasan matahari meski tidak sejauh bulan. Bulan sudah semakin sabit tipis hari ini. 

12 April 2017

Sekitar tanggal ini bulan mulai purnama. Sekitar jam 1-2-3 dini hari ia ada di zenith, terbit di awal malam dan tenggelam pagi hari. Sekitar subuh kulihat venus di timur sekarang terbit mendahului matahari di sekitar puncak tertinggi bukit sungai lareh/equinox (bulan kemaren ia eksis di belakang matahari tenggelam). Terasa betapa kuatnya cahaya venus ini karena waktu itu langit sangat tebal awannya, tidak ada bintang lain yg nampak satupun, bahkan bulan yg sedang purnama juga terlihat samar di barat. Jupiter dan spica masih menemani posisi bulan. Mars makin agal mendekat rasanya ke belakang matahari, sehingga makin sulit di lihat, terlebih cuaca sekarang sering hujan walau kadang terik juga. Merkurius kulihat di app skymap juga sebelum sunset cuma aq gak bisa lihat, mungkin harus ke pinggir pantai dan ketemu langit bersih di ufuk krn ia sangat deket dgn posisi matahari. Milky way juga masih samar2 terlihatnya, belum ketemu momen langit yg bener2 cerah.

29 April 2017
Menjelang pergantian bulan kali ini ternyata ia sudah sabit tipis cukup tinggi pd lebih kurang 50 derajat sehabis adzan maghrib dengan arah sebelah utara (namun setelah saya cek applikasi peta langit ia masih sedikit di selatan ekliptik/garis lintas matahari pd waktu ini). Artinya awal bulan qomariah terjadi kira2 seminggu atau beberapa hari yang lewat; jadi sepertinya perbedaan dengan bulan masehi bergerak mundur dari yang tadinya kalo ndak salah kira2 persis di awal bulan masehi juga. Posisi bulan saat ini kalo dilihat dari jalan depan pintu pagar rumah tower adalah antara lintasan kabel telkom di depannya dengan puncak tiang listrik baru di seberang atau depan rumah lama. Pada sekitar jam setengah tujuh itu hari masih cukup terang, baru mau mulai redup, dan hanya sirius di condong barat dan jupiter di timur yang terlihat bersinar, spica sang pacarnya jupe tak terlihat. Jupiter ini bahkan masih sangat jelas terlihat ketika ditutup kabut tipis dan agak mulai tebal dan bahkan masih terlihat samar ketika kabut tebal bergerak menutupinya. Butuh kabut/awan sangat tebal sptnya untuk menutupi pantulan cahaya matahri dari planet bermassa terbesar di solar system ini, walau ukurannya krn jauh tetap saja terlihat kecil begitu spt bintang-bintang yang lain. Sekitar pukul 18.50 saat hari mulai gelap baru bintang-bintang lain terlihat: betelgeuse dan rigel (3 bintang jejer orion kalah terang dari 2 yang ini), dua yg saya lupa lagi namanya di arah selatan dari sirius (satu sangat terang, satu lagi agak kecil), lalu procyon kalo gak salah sudah ke arah zenith dari barat juga cukup terang, saya kemudian juga melihat mars di bawah bulan ke arah matahari tenggelam. Sinar mars terang juga ternyata krn ia msh bisa terlihat samar dari balik awan yg tdk terlalu tebal sementara arah barat juga masih belum terlalu gelap. Kelihatan planet ini juga mengarah ke utara mengikuti ekliptik. Matahari sore kulihat sekarang ada di atas bangunan ATM BRI simpang by pass lubuk minturun/ruko milik keluarga ningsih jika kulihat dari pintu samping rumah lama. Kulihat di aplikasi peta langit lagi memang planet2 tata surya posisinya dekat2 ke ekliptik bergerak walau nggak persis sama. Orion belt dan sagitarius-scorpio (pusat milky way) ada di agak selatan dari ekliptik ini.


Kamis, 8 Juni 2017
Dini hari ini bulan sudah purnama dan pada sekitar pukul 1-2 malam berada di ketinggian sekitar 45' sebelah barat. Melintangnya tepat di tengah dan saat ini ekliptik matahari masih di sebelah utara. Waktu2 sekarang sekitar subuh pd arah menuju ufuk barat 45' itu adalah posisi milky way dan sagitarius-scorpio. Lumayan terlihat kemaren jalur susunya meski masih agak murah krn langit belum betul2 cerah (katanya momen paling pas sehabis hujan saat partikel debu rontok semua diangkut air ke bawah). Update 9 Juni: setelah tadi kuperhatikan lagi posisi bulan tdk tepat di tengah tapi justru agak ke selatan. Sekitar 2-3 bulan yg lalu kumasih ingat jika berdiri di depan pintu pagar rumah tower maka bulan akan terlihat di sekitar tiang listrik baru rumah lama di seberang jalannya. Namun kini bulan lebih ke arah kiri  sekitar di atas billboardnya pele dengan tugu bagonjong yg sebelah barat laut (arah pulai/sebelah lapau ni rina) sebagai garis tengah dari posisi ekliptik. Kalo ndak salah ingat aku ada catatan juga entah tahun kemaren atau kemarennya lagi yang posisi bulan juga begini di sekitar bulan juni/juli.

Pesan-Pesan Almarhum KH Ali Mustafa Yaqub di Twitter

Salah sedikit ulama "radikal" yang menurutku bisa dipercaya betul-betul triple mumpuni kealimannya adalah Dr. Ali Mustafa Yaqub, yang meninggal dunia "secara mendadak" beberapa bulan lewat. "Ulama-ulama" atau ustadz-ustadz "radikal" pascareformasi di Indonesia ini memang berhamburan bagai semut di cangkir; sebagai konsekuensi logis kepulangan pelajar-pelajar tradisional yang menuntut ilmu ke timur tengah dan sekitarnya (atau mantan kombatan perang yang sudah gak kepake lagi) yang sedang dirasuki tren wahabistik-puritanism. Tambah-dengan para terdidik ilmu non-agama yang dirasuki fanatisme trenkil (pesantren kill at), plus kaum-oportunis mendadak tobat yang cari aman supaya selamat (harapannya) dari keharusan bertanggung-jawab atas dosa-dosanya di kehidupan setelah mati (money laundring amalan). Meski non-wahabisme bukan pula sesuatu monopoli sudah pasti benar (atau wahabisme sepenuhnya pula salah alias paradigma pola pikir hitam-putih, praktisme, monolitik, dan generalisir), (cuma) menurut saya ada pola yang menarik ketika puritanisme ini bangkit di era mangkin modern (bahkan posmodern) yang mana peradaban kafir barat makin melejit mengocok-ngocok kepandiran mistisme yang masih merasuki umat Islam yang masih di periode pra-literasi yang ujung-ujungnya juga ada motif "permainan" ekonomi.

Kebanyakan "ulama" radikal itu saya lihat "didewakan" dengan kapasitas kealiman mitos belaka, karena ia terlihatnya ahli ibadah (bagai latta dan uzza). Padahal kealiman ukurannya ya ilmu/pengetahuan. Seahli-ibadah apapun kalau bodoh ya tetap saja bodoh. Salah satu cara membuktikan kealiman ya kita lihat pemikiran-pemikiran orisinilnya lewat tulisan personal; tidak sekedar ahlu ngutip (seperti aq...) dan bukan pula amalan-amalan bergerombol, menyembunyikan kepandiran kapasitas pribadi dengan berkerumun. Apa boleh buat, dalam masyarakat mistikisme ini terdogma pandangan bahwa kebodohan yang berbalut keimanan katanya adalah sebuah kecendekiaan. Atau, sebagaimana disampaikan wakil sekretaris MUI Tengku Zulkarnain , atau : "yang wajib itu menuntut ilmu, pandai itu tidak harus koq". Di kalangan ulama-ulama radikal ini saya justru melihat yang betul-betul alim itu dan pandai menulis ini adalah tokoh-tokoh yang tidak terlalu terkenal. Contohnya adalah para asatidz salafiyyin dari berbagai faksi (yang bahkan sebagian konsisten tidak mau muncul di TV); terutama ketika kemampuan ilmiahnya dipancing keluar saat sedang ada polemik adu dalil, baru seru hehe. Kalau para ulama harakah biasanya justru terlihat bodoh, penuh dgn bahasa normatif ala politisi, dan hanya mentereng dalam tindakan/amaliyah bergerombol yang bersifat klise, seremonik, dan semata formalitas tradisi. Apalagi "ulama industri" yang di-sett sesuai kebutuhan pasar/marketnya, yang celakanya: populer dan jadi idola para awam yang tidak punya kemampuan dalam membuat parameter kealiman seseorang. Nah, sedikit dari yang alim itu adalah Ali Mustafa Yaqub yang konon pernah berguru langsung pada Syaikh Ibn Baz itu.

Saya kesulitan untuk menemukan ulama lainnya di Indonesia yang selevel dengan beliau, meskipun seorang Professor Riziek Sihab yang digadang-gadang sebagai imam besar kaum muslimin Indonesia kekinian, yang sedang "difitnah" dengan #baladacintarizik-gate, yang disebut-sebut oleh "fitnah" wikilileaks sebagai attacked dog-nya polri (alias pemain di dua kaki), yang sebagai pemain politik saya bisa maklumi harus terlihat berbahasa "gampangan" agar bisa terterima oleh otak sederhana publik awam-yang gak mau (atau mungkin juga tidak mampu untuk) repot-repot mempelajari/menyelidiki agama-agama selain hanya semata urusan iming-iming berjuta kenikmatan syurga semata. Oleh karena itulah, tulisan kali ini akan saya dedikasikan untuk mengarsipkan sedikit "kuliah" keimanan yang masih bisa saya petik dari Ustadz Ali Mustafa Yaqub ini. Secara pribadi, waktu sering ngegembel di istiqlal saya pernah menyapa beliau saat ia hendak diwawancara Nona Indirahmawati dari TV One. Hebatnya ia membalas sapaan saya dengan tanpa jaim-nya, seolah-olah kita sudah lama kenal sebelumnya. Padahal beliau bukan termasuk tipe orang-orangan politikus yang bermuka dibuat-buat santun (demi harmoni sosial). Ia malah terkesan tipe bermuka masam (karena banyak mikir dan belajar mungkin). Tapi juga bukan pengalaman personal tersebut yang terlebih jadi motivasi saya mengikuti beliau. Sebelum-sebelumnya saya juga sudah menilai top kapasitas keagamaannya (dari melihat di tivi atau media massa lainnya mungkin, karena ia tidak aktif sama sekali di internet).

Kebetulan, pandangan-pandangan beliau bukan mainstream di lingkungan manhaj kaum radikal; kalau tidak bisa dibilang kadang atau mungkin sering bertentangan. Sementara ia orangnya juga tipe cukup vokal untuk bisa dikatakan berada di kalangan moderat gak jelas itu. Supaya ilmunya tidak tenggelam, atau mungkin ada aktor politik berkuasa yang bisa menghilangkan pengaruhnya, maka sekali lagi artikel kutipan ini aku dedikasikan dengan menyalin-ulang dari akun twitternya yang sempat untuk kusimpan. Terakhir, saya kutip dan panuti beliau tanpa fanatik buta ya mamen. Bahkan tak semua pandangannya aku setuju (mungkin karena aq belum paham), karena bisa dimaklumi manusia tidak punya kapasitas dalam segala hal plus ada pengaruh perspektif "lingkungannya" alias sulit untuk objektif bener. Bagaimanapun, dibanding yang lain-lain beliau menurutku jauh lebih lumayan (ada juga contoh ulama radikal alim yang saya sangat tidak bersetuju dengannya tapi kuakui dia sangat alim seperti Salim Fillah, dan yang betul-betul berwawasan luas seperti ini jarang di barisan radikal). Bahkan saya lebih mengidolakannya dari ulama-ulama yang katanya moderat atau liberal sekalipun, yang biasanya ilmunya tidak tereksploitasi karena harus "cari aman" atau memang karena kalangan moderat gak jelas alias kelas menengah ngehe hehehe. Oke cekidot aja, ini kutilan timeline lengkap dari postingan pertamanya tanggal 10 Juli 2013 hingga terakhir tanggal 13 Maret 2015 (kecuali dua buah cuitan berbahasa Arab untuk teks hadits nabi yang karena untuk kemudahan teknikal aku tidak bisa copaskan). Mari menimba sumur ilmu!


=Silakan Bisa mengunjungi Official Web  http://masjidistiqlal.or.id

=Mari Tingkatkan Amal Ibadah kita Di Bulan Ramadhan ini.

=Assalamualaikum wrwb ,atas masukan dari berbagai pihak kini hadir twitter akun Imam Besar Masjid Istiqlal Prof KH Ali Mustafa Yaqub

=Silakan Bisa kunjungi Official Web  http://masjidistiqlal.or.id

=Fitnah/dosa pd diri seseorang krn keluarga, harta atau tetangganya akan terhapus dg sholat, puasa & sedekah( HR Bukhari dlm kitab as-shiyam)

=Ini Salah satu Hadis palsu "Bekerja Untuk Dunia Seakan Hidup Selamanya"

=dlm bbrp sumber,hadis tsb ditemukan sanadnya,& tdk sampai kpd Nabi saw, tetapi kpd seorang sahabat yg bernama ‘Abdullah bin ‘Amr bin al-‘Ash

=Hadis yang hanya bersumber dari sahabat secara umum tidak bisa dikategorikan sebagai hadis,

=sebab yang disebut hadis adalah sesuatu yang bersumber dari Nabi saw, baik berupa ucapan, perbuatan, persetujuan maupun sifat-sifat Beliau.

=Hadis palsu yg lain yg Populer ditengah Umat Islam adalah "Siapa Menghendaki Dunia atau Akhirat ia Wajib Berilmu"

=hadis tersebut tdk ada dalam kitab-kiab hadis. Ungkapan seperti itu justru di temukan dalam kitab al-Majmu’ Syarah al-Muhaddzab

=kitab al-Majmu’ Syarah al-Muhaddzab karya Imam al-Nawawi (w. 676 H.) dalam juz awal halaman 12,

=dan ternyata ungkapan tersebut bukanlah hadis Nabi saw, melainkan ucapan Imam al-Syafi’I (w. 204 H.)

=Imam Syafi’ rahimahullah berkata”Mencari ilmu itu lebih utama daripada shalat sunnah.

=Ia juga berkata, siapa yang menghendaki dunia ia harus berilmu, dan siapa yang menghendaki akhirat ia harus berilmu”.

=Kami sungguh sangat kenyang menerima pengaduan masyarakat tentang kekecewaan mereka thdp oknum-oknum dai yg memasang tarif dalam berdakwah.

=Banyak masyarakat yg gagal mendatangkan seorang dai krn setelah tawar menawar mrk tidak mampu membayar tarif yg diminta dai yg bersangkutan.

=Masyarakat juga banyak yg bertanya kpd kami, apa hukumnya memasang tarif dalam berdakwah dan memberikan uang sebesar itu kpd dai bertarif.

=Dalam kajian fiqh memang ada tiga pendapat yang berkembang, yang pertama: pendapat yang mengharamkan secara mutlak,

=baik ada perjanjian sebelumnnya maupun tidak, pendapat ini memiliki dalil-dalil yang kuat baik dari al-Qur’an maupun Hadis.

=Pendapat kedua yang membolehkan berdakwah dengan memungut imbalan, pendapat ini berlandaskan kepada Hadis riwayat Imam Bukhori,

=Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya yang paling berhak diambil upahnya adalah al-Qur’an.”

=Dalil ini memang kuat, namun penggunaan (Istidlal) hadis ini untuk membolehkan memungut imbalan dalam berdakwah sangat lemah,

=karena berdasarkan sabab wurud hadis ini, hadis ini tidak berkaitan dengan berdakwah,

=melainkan berkaitan dengan mengobati orang yang sakit dengan pengobatan Ruqyah (membacakan surah al-Fatihah).

=Sementara pendapat ketiga, dan inilah yang diambil oleh Munas ke-4 Ittihadul Muballigin tahun 1996 ;

=apabila ada perjanjian sebelumnya seorang dai akan menerima upah dalam dakwahnya hal itu tidak dibolehkan.

=Sedangkan apabila tidak ada perjanjian apa-apa kemudian dai diberi uang saku, hal itu dibolehkan.

=Dakwah adalah sebuah kewajiban agama, seperti halnya shalat dan puasa, kendati tidak menjadi rukun Islam.

=Surah al-Baqarah ayat 159 mengancam orang-orang yang tidak mau berdakwah, mereka akan dilaknat Allah SWT dan para makhluk yang melaknat.

=Orang yang tidak mau berdakwah kecuali diberi imbalan sama artinya dia tidak mau berdakwah kalau tidak ada imbalan.

=belakangan sungguh sangat memprihatinkan krn byk dai yg dalam dakwahnya memakai cara berdagang sapi dg tawar menawar, perjam, pertitik dsb

=Dai seyogianya adalah orang yang memecahkan masalah umat bukan orang yang membuat masalah bagi umat.

=Dai adalah orang yang meringankan beban umat bukan orang yang membebani umat.

=Dai-dai yang kepingin cepat kaya lebih baik berdagang sapi saja,

=karena terbukti banyak orang yang berdagang sapi mendapatkan uang ratusan milyar rupiah, mobil pun banyak dan istri pun berderet-deret.

=Bersyukurlah dai yang dibuka aibnya oleh Allah SWT di dunia karena ia masih punya kesempatan untuk bertaubat

=Dan celakalah dai ketika aibnya dibuka oleh Allah SWT di akhirat karena dia tidak punya kesempatan lagi untuk bertaubat

=1.Sebuah hadis dikatakan palsu apabila memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

=2. Matan ( teks ) hadis tak sesuai dengan kefasihan bahasa, kebaikan, kelayakan, dan kesopanan bahasa Nabi SAW.

=3.Bertentangan dengan Al-Quran, akal, dan kenyataan.  #Hadispalsu

=4.Rawinya dikenal sebagai pendusta  #HadisPalsu

=5.Pengakuan sendiri dari pembuat  #hadispalsu tersebut

=6.ada petunjuk bahwa di antara perawinya ada yang berdusta.  #Hadispalsu

=7.Rawi menyangkal dirinya pernah memberi riwayat kepada orang yang membuat  #hadispalsu tersebut

=8.  #Hadispalsu mulai muncul pada dekade keempat dari tahun Hijriah atau sekitar 40-an H, setelah terbunuhnya Khalifah Usman bin Affan

=9.Khalifah Usman terbunuh pada 35 H dan dimakamkan pada 36 H. Sejak itulah timbul kelompok-kelompok politik.#HadisPalsu

=10.orang pertama atau kelompok pertama yang membuat  #hadispalsu berasal dari kelompok-kelompok politik

=11.Telitilah kembali setiap hadis yang dinisbatkan kepada Rasulullah SAW. Jangan asal riwayat Bukhari, lalu dikatakan sahih,  #hadispalsu

=12.pemalsuan hadis bermula dari terjadinya fitnah pembunuhan Khalifah Usman, fitnah thdp Ali & Muawiyah,sekitar 35 H hingga 60 H  #Hadispalsu

=13.Para politikus itu berupaya membentengi pendapat2nya dg ayat2 Al- Quran. Namun jika tak ditemukan, mereka mencari hadis Nabi  #hadispalsu

=14.Karena tidak ada hadis Nabi SAW untuk mendukung pendapat mereka, lalu mereka membuat  #hadispalsu,

=15.Pada mulanya umat Islam apabila mendengar sabda Nabi SAW berdiri bulu romanya.#Hadispalsu

=16. Namun stlh terjadinya fitnah ( terbunuhnya Usman bin Affan ),bila mendengar hadis, mrk bertanya, dr manakah hadis ?  #Hadispalsu

=17.Saat itu apabila dari orang-orang Ahlu Sunnah, hadis itu diterima sebagai dalil dalam agama Islam,  #HadisPalsu

=18.Dan apabila diterima dari orang-orang penyebar bid?ah, hadis itu ditolak.#HadisPalsu

=19. Contoh nya ,ada kelompok politik yang mengultuskan Khalifah Ali bin Abi Thalib lalu membuat  #hadispalsu.

=20.Fanatisme buta kelompok itu thdp Ali, membuat mrk membuat hadis palsu. “Aliyyun khairul basyar, faman ankara faqad kafara.”  #Hadispalsu

=21. arti hadist (Ali adalah sebaik-baiknya manusia, barang siapa yang tidak percaya, dia telah kafir )  #HadisPalsu

=22.Nah, ini jelas sekali yang membuat hadis adalah orang yang fanatik dan mengultuskan Ali.  #HadisPalsu

=23. Seiring bergulirnya waktu, pemalsuan hadis juga muncul di kalangan kelompok tasawuf atau kaum sufi.#HadisPalsu

=24. ada beberapa alasan yang mendorong kelompok tasawuf pada zaman itu membuat  #hadispalsu.

=25. dari sisi tujuan. Mereka menganggap, ketika umat sudah bobrok akhlaknya, perlu ada dorongan untuk beramal saleh,  #HadisPalsu

=26. Untuk merangsang beramal saleh, mereka membuat hadis-#hadispalsu

=27. dari segi metode. Metode penetapan hadis orang sufi tidak sama seperti ahli hadis secara umum,  #HadisPalsu

=28.Mereka tidak terikat dengan persyaratan hadis. Misalnya, harus sanadnya terdiri atas orang-orang yang kredibel.#HadisPalsu

=29. Mrk menggunakan dua metode yaitu : Metode pertama, kata dia, disebut sebagai metode al-Kasyf,#hadispalsu

=30.metode al-Kasyf, yakni suatu pengetahuan yang diperoleh tanpa pembelajaran, seperti ilham.  #HadisPalsu

=31.Dengan menggunakan metode al- Kasyf, sebuah hadis bisa dianggap sahih, meskipun para ahli hadis menyatakan tidak sahih.#HadisPalsu

=32. Kedua, mereka menganggap Nabi masih sering datang ke dunia sehingga banyak menemui orang-orang tertentu.#HadisPalsu

=33.Akhirnya, lanjut dia, banyak hadis muncul setelah Nabi SAW wafat.#HadisPalsu

=34.Hadis-  #hadispalsu semakin berkembang pesat di era kepemimpinan Khalifah Umar bin Abdul Aziz, khalifah Dinasti Umayyah

=35. Meski jumlahnya sudah tak terlalu banyak lagi, keberadaan hadis-#hadispalsu berpotensi untuk membuat umat tergelincir dalam kesesatan.

=36.#hadispalsu sama sekali tak boleh digunakan, berbeda dengan hadis dhaif ( lemah ) yang masih bisa digunakan

=37. Hadis dhaif bisa digunakan, kalau dhaifnya tidak terlalu parah. Yang parah itu, misalnya,  #hadispalsu, hadis makruh, dan hadis mungkar.

=38.Guna memahami sebuah hadis itu palsu atau tidak, umat Islam bisa mendeteksinya dengan tiga cara;  #HadisPalsu

=39. Pertama dengan metode pemahaman tekstual dan kontekstual .  #HadisPalsu

=40. Kedua, dengan menggabungkan riwayat-riwayat yang lain.#Hadispalsu

=41.Dan ketiga, melalui metode kontroversialitas hadis,#Hadispalsu

=42. misalnya.Yg tekstual & kontekstual, ttg fatwa nabi apakah pakaian nabi itu kita dihrskan mengikuti seperti itu,trmsk serban,  #hadispalsu

=43.Orang yg memahami secara tekstual apa yg dipakai o/ nabi, ya hrs kita ikuti. Tapi, yg kontekstual tidak, krn itu budaya Arab  #Hadispalsu

=Shalat itu harus karena Allah bukan Shalat mencari hadiah

=Para Pemimpin kalau mau mengajak Ibadah caranya harus mencontohkan dg keteladanan bukan dengan Mobil/Hadiah

=Tak selayaknya orang melaksanakan yang fardhu karena iming-iming hadiah.

=Yg dibutuhkan sekarang bagaimana memperbaiki niat pegawai yang shalat dzuhur berjamaah bukan karena hadiahnya tapi karena kewajibannya.

=Pahala itu diakhirat bukan di dunia. Ini yang jadi masalah adalah membelokkan niat. Dari Lillahita'ala menjadi Lilhadiah

=Katakanlah: sesungguhnya sembahyangku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam (QS 6:162)

=Beramar ma'ruf nahi munkar itu jangan menimbulkan kemunkaran yang baru.

=Bagi siapapun yg ingin memimpin Jakarta atau Indonesia hendaknya dg cara-cara yg legal yakni pemilu, biar rakyat yg menentukan pilihan

=Jangan malu memberi sedikit ,krn tidak memberi itu lebih sedikit daripada memberi sedikit, dan memberi sedikit menjadi banyak bila berulang

=ISIS itu Ikatan Sekelompok Iblis Sesat

=Saya pernah tanya langsung kepada Duta Besar Irak untuk Indonesia, jawabannya ISIS adalah sekelompok orang yang berada di bawah Alqaeda.

=Jika berita-berita pembunuhan terhadap muslim dan nonmuslim yang dilakukan kelompok ISIS benar, berarti mereka bukan Islam

=Islam tidak pernah mengajarkan muslim untuk membunuh karena perbedaan agama

=ISIS menggunakan stempel Rasulullah untuk bendera mereka umat Islam tidak ada yang berani memakai stempel tersebut.

=Yang selalu menjadi incaran kelompok seperti ini adalah anak muda yang bersemangat tinggi tetapi memiliki pengetahuan agama yg masih rendah

=Karena itu umat Islam jangan mudah terkecoh pada penampilan luar atau pertama saja, tapi tengok siapa yang ada di belakangnya

=Rasulullah mengajarkan Islam yang penuh dengan nilai kasih sayang. Islam rahmatan lil alamin.

=Rasulullah,menghadirkan Islam sebagai spirit utk perubahan,perdamaian, persaudaraan baik seagama,sebangsa bahkan sesama manusia di atas bumi

=1. Dalam pengajian-pengajian  #maulid,kita sering mendengar ucapan2 yg di klaim sebagai Sabda Nabi saw

=2. " Barangsiapa mengagungkan hari lahirku, maka kelak dia Surga ia akan bersamaku "  #maulid

=3. "Barangsiapa mendermakan satu dirham utk acara hari lahirku maka dia sdh bersedekah sebesar gunung uhud"#Maulid

=4. Hadis-hadis' ini dalam kitab2 Hadis yang muktabar (kitab2 yg secara ilmiyah dpt dijadikan standar rujukan Hadis) tdk prh didapat  #Maulid

=5. Apakah gerangan para penulis Hadis lupa sehingga tidak mencantumkan 'hadis-hadis' itu dalam kitab-kitab mereka  #Maulid

=6. atau memang 'hadis-hadis' itu tidak pernah ada karena memang Nabi Muhammad s.a.w. tidak pernah bersabda seperti itu?#Maulid

=7. Syekh Ali Tantawi dlm kitabnya Rijal min al-Tarikh, orng yg pertama kali menyelenggarakan perayaan  #Maulid adlh al-Malik al-Mudhaffar.

=8. Ia adalah salah seorang panglima perang pada masa pemerintahan Sultan Shalahuddin al-Ayyubi.  #Maulid

=9. Gelar al-Malik yg disandangnya tdk menunjukkan bahwa ia seorang kepala negara, sebab kepala daerah pd masa itu disebut al-malik.#Maulid

=10. al-Malik al-Mudhaffar di kenal gagah dan pemberani  #Maulid

=11. Sejarawan al-Qadhi Ibnu Khallikan menuturkan bhw perayaan  #maulid yg diadakan oleh al-Malik alMudhaffar pd saat itu bkn acara keagamaan

=12. seperti layaknya sebuah majelis ta'lim, atau pengajian dan sebagainya  #Maulid

=13. Tetapi lebih tepat disebut sebagai pasar malam, pesta maulid, atau festival  #maulid.

=14. Kota Irbil di Irak pada saat itu penuh dibanjiri manusia. Mereka datang dari berbagai penjuru kota  #Maulid

=15. dan daerah-daerah sekitarnya seraya membawa barang-barang dagangan dan hasil kerajinannya  #Maulid

=16. Tenda2 juga dipasang di sana-sini, dihiasi bendera umbul2 dan lampu2 berwarna-warni. Perayaan ini dimulai pada bulan Shafar  #Maulid

=17. Dan sejak saat itu sekolah2 diliburkan. Para artis baik penyanyi, pemain drama ,tdk ketinggalan setiap malam ikut ambil bagian  #Maulid

=18.Sementara al-Malik al-Mudhaffar tiap malam berkeliling ke arena-arena pertunjukan sambil membagi-bagikan hadia  #Maulid

=19. Puncak acara perayaan maulid itu diadakan pada tanggal delapan atau dua belas Rabiulawal.  #Maulid

=20.Pertama kali, ribuan binatang ternak, terdiri dari domba, sapi dan onta diarak keliling arena,  #Maulid

=21. Ribuan binatang ternak itu selanjutnya disembelih untuk konsumsi 'perayaan maulid'.#Maulid

=22. Sesudah Isya, al-Malik al-Mudhaffar keluar dr Istana dg membawa lilin besar diikuti oleh org2 byk, dan semuanya membawa obor  #Maulid

=23. Mereka berjalan berarak-arakan menuju tempat yang biasa dipakai berkhalwat oleh orang-orang sufi  #Maulid

=24. Untuk mengabadikan peristiwa itu, al-Hafidh Ibnu Dihyah menulis buku tentang perayaan  #maulid

=25. dan buku itu merupakan buku yang pertama kali membahas perayaan  #maulid.

=26. Dan itulah tadi peringatan atau perayaan  #Maulid Nabi yang diadakan pertama kali dalam sejarah.

=27. Sampai saat ini para ulama masih berbeda pendapat tentang hukum merayakan  #maulid Nabi saw.

=28. Mufti Besar Kerajaan Saudi Arabia, Syeikh Abdul Aziz bin Baz (w. 1421 H) berpendapat  #Maulid

=29. bahwa mengadakan perayaan  #maulid Nabi saw., itu tidak pernah dicontohkan oleh Nabi saw., maupun para Sahabat beliau

=30. Memperingati hari kelahiran Nabi saw., termasuk perbuatan mengada-ada dalam agama,  #Maulid

=31. atau menurut istilah yang populer adalah bid'ah. Karena itu hukumnya juga haram.  #Maulid

=32. Syekh Dr. Ahmad al-Syurbashi dalam kitabnya Yas'alunaka fi al-Din wa al-Hayah berpendapat:  #Maulid

=33. bahwa peringatan  #Maulid Nabi saw., itu perlu dilihat isinya.

=34. Apabila peringatan itu diisi dg pengajian & sejarah kehidupan Nabi saw agar ditiru oleh umatnya, maka hal itu perlu dikerjakan.  #Maulid

=35. Sebab acara seperti itu pada hakikatnya adalah pekerjaan ma'ruf yang perlu dilakukan setiap saat.#Maulid

=36. Namun apabila peringatan Maulid Nabi saw., itu diisi dengan acara-acara maksiat, pemborosan, kemungkaran dan lain sebagainya,#Maulid

=37. maka kedua tokoh tadi sependapat bahwa hal itu hukumnya tidak boleh atau haram.#Maulid

=38. Namun yang perlu dicatat di sini bahwa dalam hal peringatan  #maulid Nabi saw., itu dibolehkan,

=39. Para ulama berbeda pendapat bahwa penggunaan 'hadis-hadis  #maulid' seperti yang disebutkan di depan itu hukumnya tidak boleh

=40. Sebab menggunakan, menyebutkan atau menyampaikan 'hadis-hadis' tsb berarti menisbahkan ucapan-ucapan kepada Nabi Muhammad saw,  #Maulid

=41. sementara beliau tdk prh bersabda seperti itu. Perbuatan seperti inilah yg antara lain diancam oleh Nabi saw dlm sabdanya,#Maulid

=42. Sabda Nabi saw ; Barangsiapa sengaja mendustakan aku maka hendaknya ia bersiap2 duduk diatas bara neraka  #Maulid

=43. Allahumma shalli ‘ala Muhammad, wa ‘ala Ali Muhammad; kama shallaita ‘ala Ibrahim wa ‘ala Ali Ibrahim

=1. NIIS, Khawatij, dan Terorisme

=2.Berita hilangnya 16 WNI di Turki yg diduga bergabung dg Negara Islam di Irak & Suriah kembali mengentakan perhatian dunia

=3. NIIS (Negara Islam Irak dan Suriah) yg konon dibentuk thn 2013 ternyata tidak padam kendati dunia mengetuk mereka

=4.Hal ini memperkuat dugaan bhw NIIS tdk berdiri sendiri ttpi ada pihak yg sengaja mendirikan dan memelihara utk kepentingan tertentu

=5.Dlm sejarah Islam, paham2 radikal telah muncul sepeninggalan Nabi Muhammad SAW, sekurang-kurangnya pada dekade ke-4 Hijriah

=6. Dalam Pemerintahan Amirulmukminin Ali bin Abi Thalib RA telah muncul paham khawarij

=7. Secara Kebahagiaan (maksudnya mungkin kebahasaan -red) Khawarij adalah bentuk plural dr Khawarijah yg berarti kelompok yg keluar

=8. Pada Masa Pemerintahan Ali bin Abi Thalib khawarij adalah kelompok yg tdk loyal lagi thdp Pemerintahan Ali bin Abi Thalib

=9. Dalam konteks masa kini Khawarij adalah kelompok yg berpaham anti Pemerintahan

=10. Mereka berpendapat ketika kepala Negara sdh melakukan sesuatu yg dilarang Allah maka ia dinilai tlh melakukan dosa besar

=11. Dan Krn itu ia tdk wajib ditawari lantaran telah keluar dr agama Islam. Ronde berikutnya kelompok ini berpendapat bhw,

=12. Kepala Negara yg telah melakukan perbuatan seperti itu wajib diperangi dan halal dibunuh. Inilah paham kelompok Khawarij

=13. Pd akhir abad pertama/ paling tdk Awal abad ke 14 Hijriah muncul jg kelompok radikal lain dlm sejarah Islam yaitu kelompok Muktazilah

=14. Berbeda dr kelompok Khawarij yg berawal dr pemikiran politik kemudian merambah ke wilayah teologis,kelompok Muktazilah justru sebaliknya

=15. ia muncul dr pemikiran teologis, kemudian merambah ke wilayah Politik

=16. Paham Muktazilah yg di motori Washi bin Atha ini pendapatnya bersebrangan dg gurunya Imam Al-Hasan Al-Bashri (Ulama generasi Thabi'in)

=17. Menurut Mukhtazilah yg dimaksud amar makruf nahi munkar adlh memerangi para pemimpin bangsa

=18. Maka, dua kelompok ini -Khawarij dan Mukhtazilah menyatu dlm pemikiran dan perilaku radikalisme

=19. Sekurang-kurangnya Awal abad ke-3 H, kedua paham ini hilang ditelan sejarah. Hanya disebut saja dlm Buku bhw ada kelompok Ibadhiah

=20. Namun tiba-tiba Tahun 1991 setelah Perang Teluk dua paham tadi muncul kembali dan menyebar di berbagai belahan dunia

=21. Kendati kelompok2 itu mengibarkan agama sejatinya terorisme tak ada kaitannya dg agama manapun

=22. Karena terorisme memang tdk memiliki agama dan kebangsaan. Sebab terorisme dpt datang dr pemeluk agama mana saja dan dr Bangsa apa saja

=23. Ketika kami menerima empat senator AS di Masjid Istiqlal dan mereka menanyakan ttng ISIS /NIIS kami jwb bhw NIIS bknlah gerakan Islam

=24. ISIS tdk pernah Lahir dr Rahim Umat Islam. Hal itu Krn ISIS karakter dan perilakunya sangat jauh bertentangan dengan ajaran Islam

=25. Oleh krn itu mengaitkan ISIS dg Agama Islam akan melahirkan kesimpulan yg salah krn Islam adlh ajaran yg tertulis dlm Al-Quran & Hadist

=26. Justru yg dilakukan oleh oknum2 muslim yg justru sangat menyimpang dr ajaran Islam

=27. Setiap perbuatan terorisme & radikalisme hrslah dipahami sbg kriminalisasi yg dilakukan oleh seseorang yg boleh Jd menganut agama ttntu

=28. Kendati demikian terorisme dan radikalisme bukanlah ajaran agama yg dianut krn ajaran agama yg dianut sangat mengutuk perlakuan tsb

=29. Terorisme dpt lahir dr ketidakadilan, didesain dan dipelihara pihak2 tertentu utk kepentingan tertentu

=30. Terorisme juga dpt lahir krn kebodohan dlm memahami agama.

Experience Near to Death on 34th Birthday (Pengalaman Nyaris Mati!)

neraka itu mah iaitu org lain, ceunah kitu
Hallo, jumpa lagi bersama kami di ruang hampa ini, maka terpujilah segala kehampaan di dalam hampa yang menghampa bersama kehampaan-Mu (bergaya Hemingway mode on). Memang dini hari ini terbangun utk sesuatu birday2an, namunkali berkebetulan dan berkebenaran juga sedang ada momen ajib yang baru terjadi yang perlu dicatat. Kebeneran mungkin gak ada bahan lain yang sedang perlu dicatat atau hadir untuk diingat oleh otak kosong (dan hati yang tengah hampa ini) xixixi.

Nah begini. Ane akan riwayatkan langsing live dari mulut monyongku ini sendiri yo bro, jadi insyaallah tsiqah, lebih kecil kemungkinan miss-information delivery. Tapi perlu juga terlebih dahulu kita berdo'a agar oleh Allah Taala pada sudut hati Anda itu diterangi pelita sehingga tak salah tangkap akan maksud hatiku ini bercerita. Amen.

Emang sih, ini mungkin cerita gak penting yang ada berbau2 nyinyirisme getho. Topi ya so what gitu loh. Lagi pula ini bukan peristiwa klise. Dan semua harus dicatat, semua mendapat tempat. Jadi begindang guys. Kemaren, pas kemaren, nyawaku nyaris melayang sehari menjelang genap berumur 34 tahun ini. Yoi, hari ini ultah nih dan berlebay2an meski muka tua sejenak bermanja2 bagai teenager berumur 20-an. So twat getho lho!

 Alkisah-kasih, seperti biasa, menjelang jum'atan kemaren aq nganter bapakku ke mesjid (cuma nganter doang dik?). Nah, di perempatan rumahku ini--yang sedang kacau lalu lintasnya karena proses pengaspalan jalan padang bypass ini--aku dan bapakku nyaris ditabrak sama sebuah mobil sedan. Bahkan bukan nyaris lagi tepatnya tapi memang kehantam selayang. Kira-kira mungkin beberapa milimiter pada roda bagian depan. Mungkin juga lebih karena kulihat mobil yang menabrak ini agak berantakan sebagian body sampingnya yang kutabrak. Ajaibnya, motor ndak sampai jatuh apalagi aku dan bapakku mati bersimbah darah di atas tanah nenek moyangku ini untuk saat ini meski waktu itu setir terasa goyang aja karena menghantam "sesuatu".

Suwerrr deh bro. Tercepat seper-nol koma nol nol sekian detik saja saat itu benturannya lewat sudah nyawaku ini. Di umur hampir saja 34 seharinya lagi. Terbayang-bayang nih sekarang pada batu nisanku tertoreh wafat pada umur 33 tahun saja, sebelum menjadi apa-apa, meski sedikit melewati Chairil Anwar hehe. Memang ada sebuah "pola" yang seru juga nih. Nyaris mati gara-gara perbedaan waktu yang 0,00... sekian detik saja bagai selisih finish-nya mobil jet darat F-one di saat umur gw sedang hampir digenapkan di posisi 33,999999% menjelang sekarang, hari ini, jam menit dan detik ini sudah menjadi cowok dewasa lebay di angka 34, enam tahun lagi menuju 40 atau empat puluh sebagaimana titah penulisan dari mahzab eyd yang mutlak benar itu (life begin at fourty, katanya sih).

-oke, qita lanzutkan, kita? lo aja keleuss!-

Ya itulah, terjadilah yang memang harus terjadi. Bagai ditarik oleh tangan "tuhannya" Maradona, terlambat sekali lagi sepersekian seperdetik tamat sudah gw. Lho tadi lo bilang kecepetan sekaran koq "paradigmanya" pake bohong eh pakai kelambatan? Perhatiken deiksisnya mengacu kemana bro! Hehe ketahuan deh anak studi bahasa. Jadi kembali ke konteks--walau tidak tepat juga dipilih kata ini tapi pas aja oleh nilai rasa digunakan untuk saat ini--saat terjadinya peristiwa itu atau ini itu atau hal tersebut, mobil yang menabrakku ini dikendarai oleh seorang anak muda yang kalau bukan masih sekolah ya paling umur masih kuliahan. Dan mereka bertiga seumuran semua yang ada di mobil (muuph sayah menolak ngatur-ngaturan bahwa dan tidak boleh digunakan di awal kalimat). Jadi ceritanya dalam selang kepercayaan eh waktu yang hitungan detik itu aku tidak menoleh lagi ke arah kanan karena sebelumnya sudah melihat jalur kosong dan sedang fokus memantau arah kiri. Jadi kemungkinan gerombolan anak muda di atas mobil ini juga malah tidak memperhatikan ke depan sehingga nyaris kami saling bertabrakan. Maklum remaja mungkin ia sedang ngobrol, nelpon, mengkhayal atau apapunlah. Dan waktu itu ia melintas dengan kecepatan lumayan, memperlihatkan ketidakhati-hatiannya. Dalam sepersekian detik itu, pas bagian terdepan motorku mulai mencium mobil lewat tersebut --sebelumnya aq dalam posisi berhenti lalu dan baru jalan ketika merasa jalanan sudah kosong--pas bapakku di boncengan lebih dulu meneriaki kalau di depan mobil lewat dan "menabrak" kami.

Karena cuma sepersekian milimeter roda depan itu mungkin menggesek mobil itu dan tidak terjadi hal-hal yang mengerikan maka meski ngasih kode ke mobil itu untuk nunggu aq terlebih dulu mengantar bapakku ke mesjid yang juga tidak terlalu jauh. Bapakku melarang untuk menemui orang itu. Tadinya pas balik dulu ke rumah (jadi curiga nggak jum'atan nih?) aq mau mengabaikan saja mobil itu yang ternyata memang menunggu (ndak tahu dia klo TKP ini adalah tanah keluargaku hehe) tapi kenyataannya aq samperin juga anak2 muda itu. Tapi toh happy ending aq bisa menahan diri untuk tidak marah-marah, lagi pula aq sedikit-banyak juga ada salah tidak tengok-tengok kanan terlebih dahulu sebelum nge-gas. Anak-anak itu mungkin tadinya mau protes karena kulihat bemper samping mobilnya agak lepas dihantam "sedikit" oleh roda depan motorku tapi akhirnya kami saling berjabat tangan saja dan selesai sudah.


tkp, lokasi kejadian, simpang bypass

Okeh, itu saja sedikit cerita yang ingin aq sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini. Mungkin hanya jadi catatan peristiwa saja dulu belum dikontemplasi dan direnungi lagi secara lebih mendalam dan subtil (opo iki?) lalu "dibuat-buat" tafsirannya. Tapi terus terang memang sebuah kebetulan-kebetulan menakjubkan seperti ini membuat kita seperti merasakan sendiri, privat, personal akan kehadiran tuhan atau semacam tuhan tersebut karena bagaimana mungkin "pola" yang indah macam ini begitu saja acak terjadi tanpa ada yang ngatur. Tapi sudahlah saya juga tidak bernafsu mengguru2i orang lain seperti para penjual ayat yang menjadi tuhan sosok tunggangan dan pesuruh untuk melayani syahwatnya di akhirat nanti. Lagi pula peristiwa ini adalah menggurui diri saya sendiri. Ini numpang mejeng di blog juga supaya jadi catatan "abadi" saja selain daripada web gretongan ini tidak mengganggur dari informasi terbaru dari kehidupan orang yang tidak penting yang bahkan tidak menyiapkan peta rencana yang ambisius sebagai road map menuju posisi bergengsi sebagai orang penting yang manusia-manusia sebaran normal berlomba-lomba demi meraihnya. Baiklah, sekian saja dari kami corat-coret tidak bermanfaat ini (bahasa retorika ala mario teguh mode on). Sungguh kami sadar akan kekeliruan kami yang tidak sudi jadi baut-baut supporting bagi geliat kapitalisme global itu. Gembira berada di kaki piramida untuk feed the rich para pemain judi investasi di bilik-bilik gedung menjulang wolf of wallstreet sana yang memainkan aturan dalam berekonomi kita, sadar ataupun (kebanyakannya sih) tidak sadar. Oh tidak, sama sekali gw sekarang tidak lagi ada tendensi menyalah2kan, mengeluh, apalagi tulisan cilik ini merasa daud yang hendak menjungkirkan goliath peradaban mapan ini. Sama sekali tidak. Dan sungguh ngeri juga efeknya jika semua kebohongan terbongkar maka destruksi massal terjadi karena setiap baut-baut ini (redundan on com) akan makin liar memperjuangkan masing-masing punya kepentingan (kebelanda-belandaan) yang tidak ada batasnya bagi warna biru di langit yang fana atau sebetulnya tidak ada itu. Tidak oh sungguh tidak, ini hanyalah kronik refleksi pribadi yang entah dibaca orang atau tidak juga tidak peduli dan Anda lihat sendiri sama sekali bebas iklan alias tidak dimonetisasi karena penulis blog ini tahu diri tengah melemparkan wacana-wacana non-profitable alias "tidak bermanfaat" hahaha. Lagi pula seperti kata ibu direktur perusahaan rating asuransi yang manipulatif dalam "dokumenter" The Big Short itu: "memang saya harus bagaimana? Memang beginilah cara sistem dunia ini bekerja!" Dan aq pun terhanyut melihat senyum manis capres 2019 potensial Ibunda Sri Mulyani Indrawati itu atas segala dagelan kebodohan festival politisasi ini, oknum2 setan yang dibutuhkan (necessarily devil), sementara ia harus jaga kesetimbangan ekonomi sebuah sistem yang memberi makan 200 juta lebih mulut manusia buih Indonesia oleh tuan-tuan pintar di mama2rika sana xixixixixi. Tabik yaa Akhiii!


Mimpi Kawin (Keyword yang Nge-Googly Bangetss)

Bismillah, mudah2an masih ingatss...

Jadi begini, bukan begitu. Kemarin-kemarin aq mimpi kawin cq wet2 dream's. Bener-bener mimpi ya maksudnya bukan impian walau emang sebuah impian (aduh, diksi2 yang membinunkan...). Nah, masa kejadian sekitar jam matahari sepenggalah alias waktu dhuha (jadi ceritanya bobok pagi menjelang siang nih). Nah, tadinya ingin dicatat seketika sebelum lupa. Eh malah hampir lewat 24 jam begini baru sempat gw mampir ke lapak digitalku sembari online (sambil download film parno).

Jadi ya begitu. Pagi kemaren itu daku mimpi basah2 lagi kayak remaja belasan moody. Padahal ndak ada aq ngayal2 apa dulu gitu rasa2nya sebelum tidurku itu. Tapi maklumlah yang namanya rejeki dari Gusti Allah, ndak bapintu. Tapi ini lho mimpinya ini menarik bukan sekedar elemen erotiknya saja yang sebetulnya sekedar pemanis google indeks likely belaka itu. Kebetulan aku masih ingat karena biasanya orang mimpi itu lupa sudah dan ingatnya cuma pokoknya tadi mimpi yang tema dan alurnya udah gak jelas.

Jadi begini cerita. Yang masih bisa kuingat aja ya sebelum memfosil ke bawah sadar di otakku. Setting cerita mimpiku kali ini itu dimulai di rumah gadang nenekku. Mungkin ini pengaruh bahwa setelah sekian lama tak melihat kuburan nenek (dari ibuku)--mungkin juga sejak ia meninggal waktu kumasih mtsn dulu juga tak pernah ku kesana lagi karena ndak akrab dengan keluarga yang tinggal disana (bahkan dengan semua keluarga ibuku, walau ini bukan berarti mereka org2 jahat banget gitu ya)--sekitar setahun terakhir ini aq beberapa kali mengunjungi kuburannya sambil membersihkan sedikit dan sambil mengambil daun2 keladi di parak sana untuk makan ikan kolamku. Bahkan terakhir ku ajak adikku untuk tengok-tengok pas ia sempat pulang beberapa hari kemaren-kemaren.

Memang, kalo diingat2 bentuknya yg kumaksud rumah gadang ini tidak persis spt kenyataan (apalagi sekarang sudah diruntuhkan). Seperti layaknya rumah tradisional minang ketika tiba disana aku naik jenjang untuk menghampiri pintu. Kukira ini bentuknya blending dengan model rumah kakek-nenekku dari pihak bapak di Muaro Labuah sana. Yang menemuiku disana seorang lelaki paruh baya yang tidak kukenal tapi kupahami sebagai dunsanakku juga (karena aq memang tidak terlalu mengenal mereka disana semuanya). Sehabis itu seingatku aq langsung terbang dalam mode low latitude hehe. Di halaman rumah ini aq berpapasan dengan seorang dunsanak udaku yg aku tahu persis orangnya walau ndak tahu (atau mungkin sudah lupa namanya). Kemudian habis itu disebuah rumah kecil samping rumah gadang itu aq ketemu seorang istri muda yang kupahami sebagai bukan bagian dari dunsanakku alias orang lain yang numpang/ngontrak hidup disana atau istri dari salah satu dunsanakku.

Pas disini aq gak split nih apa baru disini dimulai acara terbang2annya ya? Hehe masak aq nanya sama pembaca. Yang jelas sehabis berpapasan dengan ibu muda ini aq melesat terbang ke angkasa kemudian menukik lagi ke bawah dan terbang rendah menyusuri jalan kecil di sekitar rumah itu yang rasa2nya mirip2 gitu dengan mode daerah rumah/kuburan nenekku itu dalam dunia kenyataan. Kemudian aq bertemu anak kecil dan ini aq ingat persis juga bertemu Anto Tompel yang memang anak ini rumahnya tak jauh dari sana. Kukira kehadiran anak muda yang kini jadi preman katanya di Ngungun Saok Lubuk Minturun Landscape ini sebagai perwakilan semiotis dari pergaulan masa kecil hingga remajaku di sekitar rumah. Lalu kapan cerita kawinnya? Udah ndak sabar nih pemirsa pengen nonton....

Sabar mas kita lanjutkan nih alon2 asal kelakoni okeyy. Seterus aq terus terbang rendah tersebut menyusuri jalan hingga lewat sebuah rumah yang kesannya bagi termasuk orang kaya di kampung itu. Nah si bapak pemilik rumah itu kelihatannya orang alim yang ndak percaya melihat cerita orang bahwa aku bisa terbang gitu (ceritanya istrinya atau entah siapa orang lain histeris melihat aku terbang mondar mandir kesana kemari). Si bapak ini terlihat ustadz agak muda gitu makanya kesannya bagiku udah kepengaruh sama padangan keagamaan radikal kontemporer yang anti tbc itu. Makanya wajar ia tak percaya aku bisa terbang krn ini perbuatan bid'ah. Tapi itu juga karena ia tak melihat persis sewaktu aku lewat depan rumahnya. Nah mungkin karena aku jengkel lihat orang sok berilmu ini akupun membuktikan dengan masuk ke dalam rumahnya (sambil tetap dalam posisi terbang rendah menelungkup menyusuri bumi, bukan dengan mode jalan kaki dan tegak).

Setelah masuk dalam rumah ini sementara orag seisi rumah histeris entah kenapa ceritanya aq koq nyosor ke kamar anak gadisnya si bapak ini. Padahal aq ingat sebelumnya dalam mimpi ini nggak ada motif mesumnya sama sekali. Mungkin spontan naluri kelelakian kali ya... karena aq (dalam cerita mimpi ini) adalah seorang "pahlawan" super yang bisa terbang ndak ada yang bisa mencegahku. Di kamar gelap itu aq tidak menemukan si anak gadis tapi (ini seingatku ya) terdengar suara2 menggigil ketakutan yang entah bersembunyi di mana menghindar dariku. Lalu aq terbang menyusuri ruangan lain yang seharusnya bagian belakang dari rumah bapak ustadz muda ini tapi kesannya koq malah seperti ruang tamu juga. Terus terang setting macam ini mengingatkanku pada tempat kosku sama dosen pensiunan UI yang bergelar MA itu dulu di Depok sana (ini dunia nyata ya). Lalu kisah mimpi ini berakhir dengan di ruang tamu yang ruang belakang itu aq menemukan si gadis bersembunyi di balik sebuah meja dengan terbungkus semacam tikar gitu (semacam ia disembunyikan dariku). Si gadis ini bisa kudeteksi karena ia bergerak2 spt menggigil ketakutan plus bersuara2 juga kayak semacam nangis gitu.

Terus apa yang terjadi? Nah ini yang ditunggu2 pembaca budiman sekalian yang menantikan adegan pemerkosaannya. Hehe. Tapi maaf anda kecele lah yaww. Tapi tenang adegan cabulnya ternyata memang ada. Jadi dalam mimpi ini (atau itu, karena terjadinya kemaren pagi), ketika kubuka bungkusan yang menutupi si gadis itu ia malah senang dengan kehadiranku. Kayak menyambut karakter superhero yang datang membebaskannya. Lalu singkat cerita kami "begituan" (disitu dan saat itu juga... #sadis), jadi mohon maaf bapak ustadz mohon tokoh kita dalam cerita mimpi ini tidak dituduh memperkosa anak gadis Anda karena posisi kami ini suka sama suka yaaa hehehehe. Dan terus terang fren adegan begituan yang kami lakukan sangat vulgar dan variatif begitulah, saya sendiri masih punya malu untuk menceritakan detailnya disini, nanti Anda iri hati pula haha.

Mimpiku kali ini mengingatkanku pada salah satu mimpi paling awal di masa kecilku yang masih bisa kuingat hingga sekarang: mampu terbang rendah. Entah apa hikmahnya atau sekedar bunga tidur saja atau tak lebih dari lampiasan obsesi belaka atau mungkin juga semuanya sekaligus menyeketika. Aq juga ndak peduli apakah yang kuceritakan disini dituduh bohong, dusta, dan sebagai2nya oleh manusia2 yang tidak melihat apa untungnya dari membaca membuat sebuah cerita. Toh paling yang baca blog ini engkau wahai laba2 google yang sedang bekerja mengindeks informasi dunia hehe. Terakhir aku punya tips untuk bisa mengingat mimpi, padahal apa yang terjadi padaku ini sudah hampir lewat sehari. Kalau nggak dicatat sekarang besok2 mungkin aq udah lupa. Pertama ia mimpi yang berkesan dulu dan punya cerita tungga alias tidak terlalu rumit. Inilah maka aq masih ingat satu dua mimpiku waktu kecil dulu hanya yang sangat berkesan. Kedua, begitu terbangun Anda harus berusaha mengingat apa yang baru saja terjadi semaksimal mungkin yang bisa diingat sehingga ia menjadi ingatan di dunia nyata yang lebih tahan lama. Menurutku ingatan mimpi itu seperti asap sebuah ledakan yang akan segera hilang setelah kita bangun kalo tidak buru2 dingat lagi atau di-capture. Dan supaya lebih awet lagi dan abadi segera torehkan ke jejak tertulis dan catatan digital sehingga ia menjadi semacam "hardisk-eksternal" bagi memori kehidupanmu. Okeh, tengkiu matur nuwun bagi yang sudi meluangkan waktu berharganya untuk membaca celoteh2 ndak penting ini. Nuhun pisan dah, olraik sampurasun! Rampes!

Media Kak Tarsis Dalam Karyo The Asu Sastrooo

Seorang koruptor zaman Orde Baru yang lolos dari pengawasan Indonesian Coruption Watch bersantap malam bersaama keluarga besarnya. Sambil me...