Catetan Posisi Bintang di Langit Lumintu-Papiko Medio-Februari 2017

uh my goddess, i'm thinking of you & fakehood around mine
Pagi ini--17 Februari 2017 Masehi--kulihat pada sekitar subuh rasi kalajengking sudah sangat tinggi menjulang sombong di langit tenggara. Meski kabut di ufuk cukup tebal, di bawahnya sagitarius juga lumayan terlihat walau agak samar dan juga sudah mulai agak tinggi sepenggalah matahari. Posisi horizontalnya antara bukit semen padang dengan lokasi terbit terselatan matahari di sekitar belakang kampus Unand jika dilihat dari rumahku. Artinya condong ke selatan. Tapi, meski garis tengahnya begini, pagi (atau subuh) tadi--meski seperti biasanya kabut selalu menaungi langit arah pusat kota padang itu--kulihat 2 atau 3 bintang kecil samar2 kerlap-kerlip di bawah dari rasi salib dan dua bintang terang di arah selatan itu yang posisinya cukup tinggi. Sebelum2nya rasa2nya rasi salib dkk di sebelah kirinya (selatan) scorpio ini posisinya cukup rendah sehingga di bawahnya sudah terlalu tebal ufuk plus polusi pusat kota padang untuk masih bisa melihat bintang dengan mata telanjang. Gw curiga jangan2 di antara titik2 kecil inilah salah satunya duo alpha centaury karena konon walau paling dekat tapi cukup redup cahayanya.

Sementara itu pada saat ini--di sekitar subuh itu--bulan sudah pasca-purnama menuju terang setengah (sekitar 3/4 kini) dan berada di posisi sekitar zenith ditemani jupiter yang begitu terang bersama/didampingi sebuah bintang yang aq lupa namanya. Kalau ndak salah ingat, kemaren itu menjelang tengah malam adalah waktu terbitnya bulan di timur bersama jupiter dan bintang kawannya itu yang sedikit mendahului. Posisi terbitnya jika aq berdiri di antara dua rumah lama dan polongan pinggir jalan, maka ia terlihat muncul dari atas atap bedeng/kamar kecil tempat cucian motor ni era (tanahku yang diokupasi hehe) atau sekitaran kiri (utara) sedikit dari arah bukit kampus unand dan kanan sedikit dari puncak tertinggi bukit di belakang sungai lareh. Purnamanya bulan sekitar sebelum pertengahan bulan atau pas ultahku kemaren. Awal bulan adalah saat tergelap; hilal bersamaan dengan awal bulan perhitungan masehi untuk saat ini. Venus masih tetap pada sekitar waktu yang sama secara vertikal (pasca-maghrib), sementara secara horizontal makin ke barat/utara (mirip judul puisi nih hehe). Aq bisa memahami ini karena lintasannya memang di antara bumi dan matahari; tapi aq belum cek evolusi/revolusi(?) venus berapa hari dalam setahunnya dia.

Sementara lintasan jupiter ada di belakang kita, makanya ia sempat di posisi mars sekarang--di atas venus--beberapa bulan yang lalu (atau mungkin sejak setahun yang lalu). Kemudian ia menyalip matahari untuk terbit terlebih dahulu beberapa jam di timur sebelum matahari muncul. Mars kulihat masih setia menemani venus di atasnya seolah mereka punya waktu evolusi yang sama'padahal orbit mars seperti jupiter, ada di belakang bumi dari matahari. Saturnus masih setia di kiri/utara scorpio atau di atas sagitarius; padahal waktu jupiter didahului matahari atau di posisi venus sekarang saturnus agak ke atas sedikit ditemani mars yang berada di kepala capit scorpio beberapa bulan lalu. Beberapa bulan lalu itu kalo gak salah venus justru mendahului matahari sedikit yang mana sekarang diisi oleh merkurius yang tak bisa kulihat dengan mata telanjang. Aq sekarang ragu nih apakah posisi bima sakti masih tetap abadi di belakang sagitarius dan kaki scorpio atau kalau nggak salah baca katanya sekarang di belakang orion? Untuk dilihat langsung belum bisa saat ini karena scorpio belum ke zenith saat menjelang subuh dan dibawah/ufuk kabut seperti biasa cukup tebal menutupi. Oya kemaren2 (mungkin sudah lebih seminggu) pas bangun pagi2 itu aq dibuat bertakbir2 ketika langit selatan sangat bersih antara scorpio dan rasi salib yang sangat banyak bintang2 kecilnya jadi terlihat jelas begitu.

Note tambahan 18 februari: kulihat tadi matahari memang terbit antara puncak tertinggi bukit dengan kampus unand. Sepertinya di posisi yang sama dengan bulan lintasannya. Kemudian tadi pagi subuh kulihat kepala capit scorpio sudah hampir sampai zenith. Sementara sore pas mentari tenggelam kurasa tidak lagi di posisi paling barat daya/selatan karena kuukur dari pantulan sinarnya yang tembus jendela samping kompi ini. Kalo ndak salah posisi terselatannya kira2 bulan desember 2016 kemaren karena cahanyanya dari jendela bisa menyentuh posisi keyboard komputer ini. Berarti sekarang matahari lintasannya dalam perjalanan kembali ke arah utara yang seingatku titik tertimur laut/utaranya nanti dari arah lori atau sebelah kiri/utara puncak bukit tertinggi gunung di belakang jalan sungai lareh-lubuk minturun. Mungkin sekitar juni-juli, cek aja nanti. Kalo tenggelamnya juga searah paling utara berarti akan terlihat sunset dari arah sangat ke pasir jambak. Sementara venus kemaren isya kulihat jika dilihat dari bekas tempat proyek pompa air di samping polongan depan rumah baru/amak maka terlihat di atas sekitar pohon pinang belakang-samping kamar mandi rumahku dan hampir sampai ke atas pohon matua di belakang almarhum kolam. Sepertinya posisi venus makin ke utara secara horizontal. Aq ingat persis kalo beberapa bulan yang lalu ia sangat kesetanan eh ke selatan (di atas area wisma indah belakang stasiun tabiang tu ha) hehe.

Note plus plus: dini hari ini (sekitar jam setengah empat) kulihat bulan dlm keadaan setengah bermandi cahaya mengarah kurang. Posisinya sekitar 60-70 derajat di arah timur dengan wilayah gelap yg setengahnya itu menghadap di sebelah barat. Berarti ini tanggal 19 tidak persis betul saat ini tengah bulan masehi dengan sinar bulan setengah. Kemudian kemaren menjelang maghrib kulihat venus sangat terang meski hari belum terlalu gelap.

Note 9 Maret 2017


Ternyata menjelang pertengahan maret ini ekliptik bulan pindah ke sebelah utara dari garis tengah (searah matahari), bulan kemaren rasanya masih sejalur dengan sirius sekarang sudah di kiri orion. Saat ini bulan setengah terang lebih dikit klo ndak salah ingat. Posisi di atas kepala saat sekitar isya dan dini hari/menjelang subuh ini sudah akan tenggelam di arah barat. Bersamaan menjelang azan kulihat sejak kemaren capit kepala scorpio sudah hampir mencapai zenith sehingga ekornya dan sagitarius di bawah juga sudah cukup tinggi. Rasa2nya memang pusat jalur susu itu masih di teko sagitarius ini walau agak samar juga untuk kemaren dipastikan karena masih agak terhalang awan tipis. Jadi agak sulit membedakannya dengan awan itu walau secara metode jelas formasi awan akan cepat berubah disenggol angin di atmosfer. Satu hal menakjubkan kemaren juga kulihat adalah walau pada zenith bertebaran awan tipis alias langit tidak begitu bersih tapi ada sekitar 4-5 bintang yang masih bisa terlihat. Yang satunya so pasti sirius di yang paling terang, terus dua bintang di formasi orion (bukan yang tiga berjejer). Terus, satu di arah selatan dan satu lagi di arah utara. Pagi ini awan tipis juga cukup menghambat untuk melihat bintang2 yang telanjang. Venus sudah beberapa hari ini aq ndak sempat lihat karena pas maghrib di ufuk barat cukup tebal juga awan dan karena ia agak ke utara jadi terhalang rumah dan pohon kalau aq sambil lewat ke rumah seberang. Sementara si mars kemaren sempat terlihat merona merah di arah yang situ2 juga. Jupiter juga masih mesra pacaran sama bintang ttm-annya, begitu juga saturnus si planet cincin yang masih di kepala sagitarius. Yoi!

Nude, 13 Maret

Kamerun eh kemaren rembulan terlihat telah purnama sudah. Pada sekitar jam 10-11 malam kulihat jupiter dan orion dkk bisa berjumpa bersamaan. Jupe dan pacarnya (spica kalo ndak salah) ada di timur di bawah bulan sementara sirius dan orion sudah menggelincir ke barat. Walau purnama terang dan ada selayang kabut tifis toh jupiter dan beberapa bintang itu terlihat jelas semalam!

23 Maret 2017

Ternyata lintasan bulan memang beda dengan matahari. Klo saat ini jalur matahari tepat di tengah ekliptika maka rembulan ada di selatannya atau kira2 posisi matahari pas pergantian tahun kemaren. Jika aq berdiri tegak lurus dengan (kira2) bayangan matahari terbit hari2 ini dari pohon palm muda depan rumah amak (aq berdiri depan garasi ke polong maka ekliptika atau bayang matahari itu ada di atas atap bedeng cucian ni era (sebelah selatan diri puncak tertinggi bukit sungai lareh) sedangkan posisi terbitnya rembulan di kira2 atas dapur rumah tower atau hampir menyentuh daun batang pohon seberang pinggir jalan itu. Tadi pagi kulihat bulan sudah mulai sabit dan terbit kira2 dini hari. Subuh ia sudah mulai tinggi (tapi sedikit di bawah bimas sakti/sagitarius kini) dan posisi sinarnya menghadap timur. Kalo ndak salah kemaren2 menghadap barat pas sebelum purnama pertengahan bulan ini. Dugaanku jika ia terbit sebelum tengah malam maka ia akan disinari mentari dari arah barat tapi jika terbit sesudah besoknya ia akan disorot paman matahari dari arah timur. Nanti dicek lagi, yoi. Terakhir baru ingat tentang posisi equinoks matahari di barat atau saat sunset jika dilihat selurus bayangan sunrisenya dari pohon palm muda depan rumah amak dan aq berdiri diri di samping semen bekas proyek pompa itu maka akan terlihat mentari tenggelam di sekitar pohon cubadak, baik cubadak mungil depannya yang antara rumahku dgn gudang/lapau ni rina, ataupun yg belakang di tepi parit pembatas "lahanku" dengan tanah si mamak2 kalera yg walau bagaimanapun anaknya amakku itu hehe oya ingat lagi (duh saintis modal ingatan tanpa catatan eksperimen wkwkwk) kalo kuberdiri nyender ke kusen kiri pintu belakang ke dapur rumahku makan akan terlihat sunset (dari sela2 daun) di samping kiri/selatan pohon matua belakang. Jadi antara pinang yg diseberang parit dengan pohon kerambia di depan matua itu. Oks

25 Maret 2017

Sedikit koreksi atas posisi matahari pd saat menjelang sunset sehari kemarin. Posisinya sudah geser bahkan melewati pohon pinang setelah cubadak dan kedondong jika dilihat dr bekas proyek pompa dengan tegak lurus dr bayangan pohon palm muda depan rumah amak. Jadi pas tepat hari equinox kemaren kayaknya lintasan matahari sudah lewat 2 pohon cubadak dan agak pas di atas pohon pinang di banda samping itu. Dari posisi depan palm muda pinggir jalan itu kalo diluruskan ke beranda rumah maka ia berada di antara tiang luar kiri (timur laut) dengan dalam kanan (barat/tenggara). Sementara lintasan jupiter kuperhatikan lagi kemaren juga akan selatan sedikit dari lintasan matahari meski tidak sejauh bulan. Bulan sudah semakin sabit tipis hari ini. 

12 April 2017

Sekitar tanggal ini bulan mulai purnama. Sekitar jam 1-2-3 dini hari ia ada di zenith, terbit di awal malam dan tenggelam pagi hari. Sekitar subuh kulihat venus di timur sekarang terbit mendahului matahari di sekitar puncak tertinggi bukit sungai lareh/equinox (bulan kemaren ia eksis di belakang matahari tenggelam). Terasa betapa kuatnya cahaya venus ini karena waktu itu langit sangat tebal awannya, tidak ada bintang lain yg nampak satupun, bahkan bulan yg sedang purnama juga terlihat samar di barat. Jupiter dan spica masih menemani posisi bulan. Mars makin agal mendekat rasanya ke belakang matahari, sehingga makin sulit di lihat, terlebih cuaca sekarang sering hujan walau kadang terik juga. Merkurius kulihat di app skymap juga sebelum sunset cuma aq gak bisa lihat, mungkin harus ke pinggir pantai dan ketemu langit bersih di ufuk krn ia sangat deket dgn posisi matahari. Milky way juga masih samar2 terlihatnya, belum ketemu momen langit yg bener2 cerah.

29 April 2017
Menjelang pergantian bulan kali ini ternyata ia sudah sabit tipis cukup tinggi pd lebih kurang 50 derajat sehabis adzan maghrib dengan arah sebelah utara (namun setelah saya cek applikasi peta langit ia masih sedikit di selatan ekliptik/garis lintas matahari pd waktu ini). Artinya awal bulan qomariah terjadi kira2 seminggu atau beberapa hari yang lewat; jadi sepertinya perbedaan dengan bulan masehi bergerak mundur dari yang tadinya kalo ndak salah kira2 persis di awal bulan masehi juga. Posisi bulan saat ini kalo dilihat dari jalan depan pintu pagar rumah tower adalah antara lintasan kabel telkom di depannya dengan puncak tiang listrik baru di seberang atau depan rumah lama. Pada sekitar jam setengah tujuh itu hari masih cukup terang, baru mau mulai redup, dan hanya sirius di condong barat dan jupiter di timur yang terlihat bersinar, spica sang pacarnya jupe tak terlihat. Jupiter ini bahkan masih sangat jelas terlihat ketika ditutup kabut tipis dan agak mulai tebal dan bahkan masih terlihat samar ketika kabut tebal bergerak menutupinya. Butuh kabut/awan sangat tebal sptnya untuk menutupi pantulan cahaya matahri dari planet bermassa terbesar di solar system ini, walau ukurannya krn jauh tetap saja terlihat kecil begitu spt bintang-bintang yang lain. Sekitar pukul 18.50 saat hari mulai gelap baru bintang-bintang lain terlihat: betelgeuse dan rigel (3 bintang jejer orion kalah terang dari 2 yang ini), dua yg saya lupa lagi namanya di arah selatan dari sirius (satu sangat terang, satu lagi agak kecil), lalu procyon kalo gak salah sudah ke arah zenith dari barat juga cukup terang, saya kemudian juga melihat mars di bawah bulan ke arah matahari tenggelam. Sinar mars terang juga ternyata krn ia msh bisa terlihat samar dari balik awan yg tdk terlalu tebal sementara arah barat juga masih belum terlalu gelap. Kelihatan planet ini juga mengarah ke utara mengikuti ekliptik. Matahari sore kulihat sekarang ada di atas bangunan ATM BRI simpang by pass lubuk minturun/ruko milik keluarga ningsih jika kulihat dari pintu samping rumah lama. Kulihat di aplikasi peta langit lagi memang planet2 tata surya posisinya dekat2 ke ekliptik bergerak walau nggak persis sama. Orion belt dan sagitarius-scorpio (pusat milky way) ada di agak selatan dari ekliptik ini.
Posting Komentar