dequotes




Manggopoh dan Ulayatokrasi

Sudah bukan zaman lagi pembodohan, sudah bukan waktunya lagi memelihara kebohongan demi kebohongan. Yang lebih penting,  saat ini sudah bukan masanya lagi para pihak mencari kaya sendiri dengan mengeksploitasi faktor-faktor produksi yang secara askriptif milik bersama. Semuanya akan terungkap pada waktunya. Jika saatnya tiba, saat eksplosi ternyata tak berbendung lagi, maka akan banyak makan korban.  Anggota kaum yang lapar, yang tidak bisa menerima ketidakadilan yang dipelihara terus-menerus, tentunya memiliki batas emosi.......... bahkan bisa punya divisi pengelolaan asset suku, yang kemudian melahirkan produk seperti asuransi kesehatan bagi semua anggota kaum, jaminan pendidikan atau beasiswa untuk anggota kaum yang berprestasi, dan lain-lain.
Namun, sayang,  mimpi itu terlalu jauh. Banyak petinggi kaum dan operator bisnis ulayat suku hanya membuka mata selebar saku saja. Mereka mencari untung dan nikmat pribadi di atas lahan milik kaum tanpa memikirkan kehidupan nyata anggota-anggota kaum.  (Ronny Sasmita)




Staf BNN Tewas Ditembak Suami, Tak Tahan Hidup Susah?

Bodoh lu laki-laki (makian binatang). Gue mau gak hidup sengsara. Gue punya kerjaan (makian binatang). Pikir gue laku sama kamu yang kere ini. Kamu pikir saya apa. Saya kerja, saya cantik, saya kerja, kalau kamu? Sini saya yang ajuin, saya masih minder sama keluarga dan teman-teman saya. Gara gara malu setan. Ngomong aja kamu. Saya ngomong kamu anggap sampah (makian binatang). Gak pernah ada realisasi. Suami saya seharusnya tidak begini. Suami saya itu harusnya mampu! Doktor! Direktur! Itu baru suami saya! Cuma odong-odong yang kamu punya....





sebuah masterpiece drama yang menyentuh relung hati anda

Entah kemana hilangnya nyawa sebuah cinta. Betapa romantisnya dahulu ketika memupuknya, mengikatnya, hingga berujar sehidup semati selamanya. Tiba-tiba saja cinta itu menjadi personifikasi sebuah keraguan, manakala penderitaan dan kerapuhan hati dijadikan dalih dari sebuah keraguan cinta itu. Begitulah yang dirasakan Joanna Kramer (Meryl Streep) yang tiba-tiba mendapati dirinya lelah untuk mencintai sang suami, Ted Kramer (Dustin Hoffman).




 Catatan Bioskop Kampus Sundel Bolong
On second thought, I believe the ending part is the most plausible plot to happen, since we are allowed to see Mia has left Greg without further background story. Mia is just one hell of a selfish bitch! Would you choose to see it that way? I wouldn’t certainly.




Hotel Nabawi Syariah Padang “Basibanak” jo “Basipakak” Masalah Pajak

Menurut Andre, semua wajib pajak atau wajib bayar retribusi tetap akan diberlakukan sama oleh Pol PP Padang. “Saya juga sudah mendengar dan mengetahui dari media tentang Hotel Nabawy Syariah itu yang enggan bayar retribusi dengan alasan yang tak masuk akal, yakni katanya di zaman Rasulullah tak ada bayar pajak,” kata Tuanku Rajo Kacik ini, sembari menambahkan, di zaman nabi juga belum ada hotel.





The Longest Week, an uncompelling rom-com

Orang-orang yang tidak puas dengan limit pada kemampuan yang mereka miliki, dan kemudian berupaya untuk menghasilkan sesuatu yang jauh lebih besar dari batas tadi tentu saja layak diberikan apresiasi. Tapi yang menjadi masalah mampu atau tidak mereka mengendalikan dan menangani segala permasalahan yang otomatis jauh lebih besar yang akan menghampiri mereka. Overall, The Longest Week adalah film yang tidak memuaskan. Drama yang melelahkan, sederhananya mungkin seperti itu. Sebuah rom-com yang berupaya agar hiburan yang ia berikan terlihat serius, tapi dibalik itu ia tidak menganggap serius hal-hal yang serius.






Punya 3 Istri, Semuanya Dilarang Hamil, Takut Longgar

Namanya Mira L. Judul skripsi Biografi dan Dokumentasi Cerita Tentang Ungku Saliah Keramat di Sungai Sariak. Pembimbingnya Dra. Silvia Rosa, M.Hum dan Drs. Khairil Anwar, M.Si. Nama Ungku Saliah juga termuat dalam Jurnal Sosioteknologi yang dikelola Fakultas Seni Rupa dan Disain, Institut Teknologi Bandung (ITB). Di edisi April 2009 jurnal tersebut, ada tulisan panjang berjudul Antara Mitos "Ungku Saliah" dengan "Haji Saleh Masuk Neraka": Makna, Konsep Kata Saleh--Pendekatan Semiotik Budaya. Di badan tulisan, juga di dalam daftar pustaka, Sulastri si penulis naskah itu menyebut, bahwa dirinya antara lain menggunakan skripsi mahasiswa Unand Padang sebagai referensi. Judul skripsi yang dirujuk Sulastri sama dengan milik Mira L. Tahun lulusnya pun sama. Tapi, penulisnya bukan Mira L. Melainkan Miko Putra. Entahlah...




Tuhan Tahu, Tapi Menunggu

"Dan katakanlah kepada orang-orang yang tidak beriman: berbuatlah menurut kemampuanmu, sesungguhnya kami pun berbuat. Dan tunggulah (akibat perbuatanmu), sesungguhnya kami pun menunggu." (QS Hud: 121-122)




"Polisi Bahasa" Itu Sebenarnya Adalah Dari Kalangan Introvert Yang Pemalu

"Keluarga bahagia itu semuanya sama, namun setiap keluarga yang tak bahagia mereka tidak berbahagia dengan caranya masing-masing." 
(Leo Tolstoy, Anna Karenina)





Gak Usah Sok Mengkritik Grammar Bahasa Inggris Temenmu, Kalo Grammar Bahasa Indonesiamu Aja Masih Berantakan

Bahasa, menurut pakar linguistik terapan John E. Joseph dalam Language and Politics (2006), mengandung muatan politis mulai dari ubun-ubun sampai jempolnya, dalam lingkungan paling sempit dan konteks paling sederhana hingga yang terluas dan paling pelik. “Di rumahku, bahkan daftar belanja sangat politis,” tulis Joseph. “Daftar itu dibuat oleh istriku, dan kalau aku menambahkan sesuatu, ia bisa saja menganggapnya sebagai kritik … Caraku menyampaikan masukan ('kita kehabisan barang X' atau 'apakah engkau berkenan membelikan barang X, Sayang?') bakal berakibat langsung terhadap politik rumah tangga kami.”




Hannah Arendt tentang Banalitas Kejahatan

Para pelaku tersebut bukanlah orang-orang jahat yang berhati kejam. Sebaliknya sama seperti Eichmann, mereka adalah orang-orang biasa, yakni rakyat kebanyakan, dan militer yang patuh pada perintah atasan. Dan sama seperti Eichmann, mereka adalah orang-orang yang miskin imajinasi, sehingga tak mampu membayangkan perasaan orang-orang yang mereka tangkap atau bantai pada masa-masa itu. Mereka adalah orang-orang yang tak berpikir, karena hanya asal menjalankan perintah dan mengikuti trend umum masyarakat (menangkap dan membantai), sehingga pembantaian pun dilihat sebagai suatu tindakan yang biasa-biasa saja.




Teori Bumi Datar - Apa yang Dilakukan Habibie?

Salah satu alasan aku malas mencari tahu tentang ekspedisi berd ini adalah karena semuanya hanya 'pendapat', 'pernyataan', dan beragam informasi yang mudah sekali dibelokkan. Aku nggak terlalu suka ngebahas ini karena nggak bisa dibuktikan. Yah, kalau NASA yang punya ribuan foto dari luar angkasa saja nggak bisa dipercaya apalagi hanya pernyataan seorang admiral yang tanpa foto dan persamaan matematis?





Anak Islam Suka Membaca

Buku panduan membaca untuk anak usia 3-5 tahun tersebut dinilai menampilkan pilihan materi yang mengandung muatan radikalisme. Penyusun bukunya menyatakan siap melakukan revisi, meskipun mengaku heran karena selama ini tak ada respons sedemikian keras. Padahal buku tersebut telah mencapai cetakan ke-167.




Pemilih PKS dan Irasionalitas

Konon, saking kuatnya kebencian dan dongeng horor tentang Israel, jika kita mengatakan, penyebab Gajah Mada meninggal karena diracun agen zionis Israel. Itu pasti langsung dipercaya, apalagi cerita itu disebar kepada pemilih PKS. Harap maklum, ini masalah dendam yang ada sejak dalam kandungan.




Literasi Memenangi Kehidupan

Dalam bukunya, The Achieving Society (1961), David McClelland menulis, Inggris menang karena memiliki need for achievement (kebutuhan meraih keberhasilan) lebih tinggi daripada armada Spanyol. Salah satu penentu n-achievement (n-Ach) adalah corak sastra rakyat. Saat tingkat perekonomian Spanyol dan Inggris berada di puncak (tahun 1560-an), corak sastra rakyat Inggris tetap penuh kisah petualangan dan perjuangan. Namun, sastra rakyat Spanyol bergelimang kisah kemewahan dan hiburan.




P3 Perlu Cost Politik

"Kalau ada diantara partai politik yang tidak butuh cost politik dari calon, omong kosong namanya." (Maidestal Hari Mahesa, Ketua DPC PPP Kota Padang)




Mistik Syar'i: Luruskan Mitos Tempat Angker

Saat melakukan ekspedisi di PT Semen Padang, para karyawan mengatakan sering diganggu oleh makluk halus yang ada di lokasi tersebut. Saat dilakukan proses metafisik, terungkap penunggu daerah tersebut tak suka apabila ada karyawan yang melalaikan shalat karena alasan pekerjaan. Lelaki 25 tahun ini mengatakan, banyak pelajaran yang ia dapat setelah bergabung dengan komunitas, yakni mengembangkan mental dan spiritual sehingga lebih mendekatkan diri kepada Allah.




Bebek-bebek Kebudayaan

Ini bisa dimengerti sebab bangsa Indonesia dalam banyak hal adalah pengikut, importir, dan–pada tingkat tertentu–pemulung konsep keilmuan asing.




Hancurkan 23 Ribu Smartphone Tak Layak, Kemendag: Patut Ditiru

Semua bermula pada 2000. Saat pergantian abad, di Korea Selatan muncul Samsung SCH-V200. Di layar LCD yang sempit, dengan ukuran 1,5 inci—telepon flip ini punya kamera yang bisa menghasilkan sebuah foto dengan kerapatan gambar 0,35 megapiksel. Jauh dari sempurna. Dengan memori onboard atau bawaan dari pabrik, daya tampung telepon itu pun terbatas. Hanya bisa menyimpan 20 gambar saja. Tak hanya itu, untuk memindahkan foto pun ribet. Harus disambungkan ke komputer. Toh begitu kemunculan ponsel itu jelas sebuah berita besar. Memasuki dekade baru, tepatnya pada 2010, perkembangan ponsel kamera bak badai, semua bergerak dengan cepat dan menyapu siapa saja yang punya kemampuan biasa-biasa saja.





Tetep Masalah Bagi2 Pisang Intinya Seh...

”Saya benar-benar tidak tahu apa yang dikatakan tentang Izzy, Axl mengatakan.” Itu seperti kamu bisa berbincang dan berpikir itu adalah satu hal dan hari berikutnya itu adalah hal lain. Dan saya tidak mencoba untuk perduli tentang Izzy. Itu hanya masalah dia, apapun itu.” Stradlin menjawab dalam akun twitter pribadinya merespon komentar Axl, menulis “Omong Kosong” Mereka tidak mau membagi hasil “jarahan” secara sama. Semudah itu. Terus bergerak.” Pernyataan itu menguak alasan Izzy Stradlin tidak ikut dalam reuni band legendaris tersebut.




Mantan Gitaris Guns N Roses Jualan Air Minum Kemasan

"Saya tidak membaca terlalu banyak hal mengenai diri saya selain dari apa yang terdapat pada media sosial saya. Orang-orang kelihatan sudah tahu lebih banyak tentang saya daripada diri saya sendiri. Saya pikir orang bingung ketika saya bergabung dengan Guns N' Roses. Saya melihat beberapa komentar seperti, 'Hey, dia mencoba menjadi Slash!' Itu tidak benar sama sekali," ujar Daren Jay Ashbaa kala itu.




Review Film: The Bridge on the River Kwai (1957)

Salah satu film perang yang luar biasa, yang menceritakan aspek lain tentang perang. Film ini kuat di penggambaran karakternya. Pertama, Colonel Saito, yang sangat keras dan membanggakan semangat Bushido-nya. Dia terus kukuh dengan sikapnya, tapi ketika disadarinya situasi tidak berjalan baik baginya, dia harus mengalah. Jika jembatan gagal dibangun tepat waktu, maka hukuman mati baginya. Karena itulah, dengan mencari alasan atas perayaan kemenangan Jepang atas Rusia, dia memberi Nicholson kelonggaran. Nicholson sendiri yang paling konsisten dari awal hingga akhir. Dan yang mengagumkan sekaligus sulit dipercaya adalah, sikapnya yang bersemangat untuk menyelesaikan pembangunan jembatan itu sebaik mungkin. Meskipun pada aslinya jembatan itu untuk musuh, Nicholson tidak melakukannya demi mereka, melainkan untuk tentara Inggris itu sendiri. Mau tak mau gw harus salut dengan karakter ini, meskipun di situasi nyata, orang seperti dia tidak benar-benar ada. Sementara Shears pada dasarnya adalah orang yang hanya ingin terbebas dari semua masalah ini, meskipun dengan begitu dia mesti kembali ke tempat tahanan di Thailand itu. Warden orang yang efektif dan taat pada peraturan dan misinya. Sewaktu kakinya terluka, dia berkeras agar Shears melanjutkan operasi tanpa dia. Momen itu jadi salah satu yg berkesan. Shears, menolak perintah Warden, dan berargumen. "I'm not gonna leave you here to die, Warden... because I don't care about your bridge, and I don't care about your rules. If we go on, we go on together." Momen lainnya adalah di akhir film. Mendapati Joyce mati tertembak, Nicholson berkata "What have I done?' Sedangkan setelah jembatan hancur dan Nicholson mati, Warden beralan "I had to do it." Sedangkan reaksi anak buah Nicholson yang menyaksikan, "Madness!", mengacu pada keras kepalanya masing-masing pihak yang menyebabkan tragedi itu.




Berisiko Hukum, Pebisnis Muda Diingatkan Tetap Hati-hati Buat Perjanjian 

Kepada petugas, dia mengaku kabur karena melihat pintu rutan sudah terbuka dan teman teman satu selnya pada keluar. “Erfaim mengaku hanya ikut ikutan saja,” tandasnya. Erfaim adalah satu dari 448 tahanan Rutan Pekanbaru yang kabur. Mereka kabur dipicu pungutan liar dan penganiayaan yang diduga kerap dilakukan petugas rutan. #the_bebex




Social Climber, Si Miskin Yang Berusaha Terlihat Kaya

"lingkungan pergaulan sering gak mau terima org yg materinya (yg kasat mata seperti gadget, fashion, asesori, mobil) keliatan kere.. yang tua/lansia jg bgitu.. ortu saya jg baru dianggap exist sama tetangga sejak ketauan "ooh ternyata mampu" travel ke luar negeri utk berobat dan beli tanah 1 kavling di jakarta, dasar keparat semua itu orang..." (chibitora)




Kabar-Manusiawi.com

Hal senada juga diungkapkan wanita paruh baya yang mengaku anaknya tinggal di Blok B selalu dianiaya sipir jika tidak ada uang. “Kalau di HUTANNN itu, sikit sikit duit, sikit duit. Kalau tidak ada uang, keluarga kita akan sengsara di sana. Saya kemarin saja mau kasih obat kulit, selalu dimintai uang. Rupanya setelah kita tanya, ternyata obat yang saya beri tidak diberikan. Sedihnya ternyata anak saya di sana tidak diobati,” imbuh wanita berambut sebahu yang juga meminta identitasnya disembunyikan. Untuk itu pihak keluarga tahanan meminta agar Kepala Rutan Pekanbaru serta anak buahnya diganti. “Kita minta mereka semua diganti. Apalagi kepala rutannya, dia juga orang yang paling bertanggungjawab atas kekejaman anak buahnya,”imbuhnya.




Singlish, bahasa yang ingin ‘dihilangkan’ oleh pemerintah Singapura

"Jika kita menginginkan perekonomian (negara ini) mendunia, kita harus membuang  bahasa ini, dan dengan kata lain, membuang sedikit identitas kita!”




Zakar Naik tak sehebat hyang Anda prasangkakan koq...

"Lain lagi ketika melakukan cocoklogi dimana Zakir Naik mengklaim bahwa Al Quran bercerita tentang teori big bang dalam surah al Anbiya ayat 30 yang mengatakan bahwa bumi dan langit dulunya adalah satu padu, namun mengabaikan bahwa al Quran juga bercerita bahwa bumi lebih dulu diciptakan daripada langit dalam surah Fussilat ayat 9-12 yang menurut sains sangat tidak masuk akal."




Kedatangan-Mu

"Wanita itu sudah tahu tentang keseluruhan hidupnya -- bahwa ia dan suaminya akan berpisah, bahwa anak mereka akan meninggal karena penyakitnya -- tapi ia sudah memutuskan untuk menerima takdir hidupnya." (Niken Aridinanti)




boleh pegang2 asal "sopan"

 “Untuk menekan pembunuhan berencana, yang paling jitu itu ya mengubah KUHP. Karena saat ini, segala lini persoalan hukum kita masih berkiblat ke Belanda, termasuk ahli hukumnya juga terpapar pemikiran Belanda. Konsep hukum kita ini untuk siapa, itu saja masih belum jelas sampai sekarang!” (Guru Besar Hukum Pidana Universitas Andalas Profesor Ismansyah)

Posting Komentar

Media Kak Tarsis Dalam Karyo The Asu Sastrooo

Seorang koruptor zaman Orde Baru yang lolos dari pengawasan Indonesian Coruption Watch bersantap malam bersaama keluarga besarnya. Sambil me...