Minggu, 11 Januari 2009

AKSES INTERNET DI KOMPUTER RUMAH DENGAN HP SEBAGAI MODEM

Pernahkah terpikir oleh Anda bahwa HP yang Anda miliki bisa digunakan untuk mengakses jaringan internet? Baik langsung dengan browser "bawaan" pabrik HP Anda, browser add on (tambahan yang diunduh belakangan), ataupun "pampangin" di layar personal computer Anda; atau juga live dari kamar Anda, atau toilet Anda sekalipun. Bagi orang yang masih awam dengan akses ke jaringan internet mungkin menyangka bahwa INTERNET itu adalah sesuatu yang asing, mewah, dan jauh dari mereka. Ini hanya terdapat di kantor orang-orang elit, rumah-rumah orang kaya, atau ya warnet. Padahal pada gubuk seorang pemuda miskin yang pengangguran dan sekian lama tak merasakan nyamannya tidur di kasur nan empuk sekalipun ternyata ada akses internet sehingga pemuda busuk, menjijikkan, tiada berguna, dan dicela masyarakat tersebut bisa bercakap-cakap dan saling bertukar surat dengan teman-teman mayanya dari Eropa sampai Saudi Arabia. Tentu saja meski pengangguran, miskin, dan terkucil, pemuda tersebut harus ada listrik, komputer, HP, dan pulsa. Dan ssssssstt, orang kaya-kaya hingga pejabat sekalipun banyak juga loh yang masih gaptek dan parno dengan INTERNET itu tadi.


Jadi bicara tentang internet tidaklah berhubungan dengan status sosial sama sekali melainkan pengetahuan (barangkali disebut "sama sekali" juga ndak tepat, 'cause dalam ilmu sosial apa sih yang pasti?). Seiring kemajuan market, banyak orang sekarang yang menenteng HP yang canggih dan keren di sakunya tanpa tahu persis kegunaan yang banyak tersedia pada HP tersebut. Salah satunya adalah fungsi sebagai modem. Ponsel bisa digunakan sebagai modem jika memiliki fitur GPRS bagi jaringan GSM. Jika HP Anda adalah CDMA Anda justru bisa mendapatkan modem yang lebih tinggi kecepatan aksesnya. Untuk GSM kecepatan yang lebih tinggi bisa didapat jika Anda "memilki" 3G (UMTS) atau 3.5(HSDPA). Nah rata-rata HP yang ada di pasaran sekarang minimal telah memiliki fitur GPRS. Sebagai contoh yang saya gunakan adalah LG KG110 yang saya beli tahun yang lalu (juni 2007) dengan harga 410 ribu perak. Intinya hampir bisa dipastikan HP yang Anda beli dengan harga sama dan atau lebih dari itu sudah memiliki fitur GPRS ini. Sayang kan jika tiada dimanfaatkan?

Seriring perkembangan market lagi, operator selular pun sekarang semakin menawarkan harga bersaing untuk akses internet lewat HP tersebut. Ada berbagai pilihan: prabayar, langganan, durasi, volume, dan berbagai metode penghitungan. Sebagai contoh untuk dibahas di sini saya akan menjelaskan tentang akses internet dengan operator indosat IM3 yang menetapkan tarif prabayar berdasarkan volume sebesar satu rupiah per kilo byte (kB). Jika Anda ingin membrowse website-website yang Anda sukai langsung dari browser di komputer Anda maka Anda bisa me-fungsikan HP Anda sebagai modem dengan menggunakan jaringan operator IM3 ini. Tentu saja browsing langsung dari komputer akan lebih memilki "keleluasaan" dibanding dari browser "bawaan" atau "add on" HP yang memang diformat berukuran lebih kecil. Untuk menghubungkan HP Anda dengan p.t IM3 tadi tentu saja sudah pasti lewat sinyal yang nirkabel. Nah untuk menghubungkan HP Anda dengan komputer salah satunya yang paling gampang adalah dengan kabel data/USB. Di sini sebagai contoh akan saya berikan cara koneksi internet dengan menggunakan motorola C380 (di pasaran sekarang harganya sekitar 300 ribu) karena HP ini sudah memiliki colokan USB mini sehingga gampang cari kabel datanya.

Saat Anda mengaktifkan kartu IM3 biasanya otomatis fasilitas GPRS Anda sudah terdaftar. Pada beberapa operator lain ada yang mesti regristrasi dulu. Caranya macam-macam juga tentunya. Nah jika Anda memilki HP GPRS (yang biasanya juga sudah ada browsernya, baik WAP maupun HTML/WWW), Anda sudah langsung bisa surfing selagi ada pulsa. Pada HP murah/low end biasanya browsernya cuma sanggup membuka situs WAP (contoh: wap.wemmy.wen.ru). Ponsel ini tak mampu membuka situs www.yahoo.com; tapi bisa membuka wap.yahoo.com untuk browser wap versi 2. Sebagai contoh LG KG110 tadi, karena browser wap-nya hanya versi 1 ia juga tak sanggup membuka wap.yahoo.com. Tapi ia bisa membukanya lewat "jalur" lain. Di sini kita tak akan membahas lebih jauh tentang ini. Kalau Anda ingin melihat situs kesayangan Anda dengan tampilan yang lebih lengkap tentu saja sebaiknya Anda langsung membukanya dari browser komputer. Bagaimana caranya?

Pertama Anda harus menginstal driver untuk HP Anda supaya komputer bisa "kenalan" dengan HP tersebut saat keduanya dihubungkan lewat medium kabel usb. Bagi HP motorola Anda bisa cari driver ini di situs/website www.motodev.com jika Anda misalnya cuma "nyolong" kabel mp3 player adik Anda untuk digunakan; dan tentu saja jika Anda membeli kabel USB-nya secara tersendiri biasanya driver tsb juga dikasih dalam bentuk cd (untuk HP mahal biasanya pas beli pertama juga udah dikasih langsung kabel USB sama CD-nya). Setelah driver Anda instal maka silahkan Anda hubungkan dengan kabet data tersebut HP dan komputer. Otomatis nantinya komputer akan mendeteksi HP Anda sebagai modem. Jika Anda memiliki program-program lainnya, Anda juga bisa "membuka" isi HP Anda dari komputer. Mulai dari mengisi ringtone, menyalin sms dan nomor telpon, hingga perbaikan program-program yang rusak di HP Anda.
Setelah komputer Anda sekarang memiliki modem, kedua Anda perlu men-setting koneksinya. Pada Windows XP masuklah ke control panel dan bikin new network connection. Untuk kartu IM3 nantinya Anda harus mengisikan nomor dialnya dengan *99***1#, lalu username dan passwordnya adalah indosat. Setelah selesai langsung dial saja maka terhubunglah Anda dengan seantero jagat. Browser yang populer digunakan ada tiga: Internet Explorer yang merupakan bawaan Windows, Mozila Firefox yang dikenal lebih cepat, atau Opera yang sanggup membuka situs-situs wap (bukan hanya html). Yang perlu Anda ingat untuk koneksi internet dengan cara ini Anda membayar sebesar Rp 1/kB dan kecepatan akses internet GPRS rata-rata hanya 20 kb/s bahkan bisa kurang. Jika Anda telah menggunakan jaringan 3G apalagi 3.5G, Anda akan mendapatkan kecepatan berpuluh-puluh kali lipat dari ini. Jika di rumah Anda hanya ada sinyal GPRS maka untuk mengakali akses yang agak lambat ini sebaiknya Anda hanya membuka situs-situs WAP (bukan yang berawalan WWW) dengan browser Opera. Situs-situs WAP berukuran sangat jauh lebih kecil dari umumnya situs WWW. Kalau bisa sekalian juga matikan akses gambarnya untuk mempercepat koneksi karena file-file gambar pasti berukuran lebih besar dari file teks. Banyak faktor jika kita ingin membicarakan tentang kecepatan akses ini tapi Anda juga bisa mencari sendiri nantinya di Google tentang banyak cara untuk mempercepat akses internet ini. Yang jelas dengan mengakses situs berukuran kecil ini Anda sekaligus juga akan menghemat pulsa Anda yang berkurang. Sebagai contoh penghitungan jika untuk membuka sebuah situs Friendster Mobile (m.friendster.com) rata-rata menggunakan 50 kB dan dalam sejam Anda hanya membuka-buka sebanyak 20 kali (saking lamanya loading hehe sekali lagi ini tergantung banyak faktor termasuk lokasi tempat tinggal Anda) maka Anda hanya akan menghabiskan pulsa 1000 rupiah plus ppn 10%. Lumayan kan? Jika Anda ingin membuka situs WWW dan tak ingin loading (akses) terlalu lama karena besarnya ukuran situs aslinya maka Anda dapat menggunakan jalur khusus. Salah satunya adalah dengan masuk dulu ke wap.gateway.oceanlake.com yang akan memperkecil (seklaigus memperhemat) ukuran sekaligus tampilan situs-situs WWW favorit Anda. Jadi, tetap lumayan kan?

Akhir cerita, dari artikel ini saya hanya ingin memotivasi masyarakat yang selama ini memiliki akses internet di genggamannya tapi tidak menyadarinya. Ponsel karena sudah menjadi barang pasaran hampir semua orang sudah memilkinya tapi fungsi-fungsi tertentu dari hp yang sudah mahal-mahal dan kadang "maksa" demi gaya dibeli tersebut ternyata banyak yang tidak memanfaatkan karena ketidaktahuan. Saya sendiri yang kere dan cuma punya HP murah dengan jaringan GPRS ini kadang "iri" melihat teman-teman saya yang memiliki HP 3G yang sebetulnya sangat saya butuhkan tapi ternyata tidak beliau gunakan. Walaupun hanya memiliki koneksi yang lambat dengan jaringan GPRS, tapi akses internet dengan menggunakan HP sebagai modem ini cukup berguna bagi wilayah-wilayah yang agak terpencil. Jangkauan internet kabel ataupun tower-tower swasta yang berlangganan, apalagi hotspot-hotspot area, biasanya hanya terdapat di pusat kota dan bahkan mungkin hanya di kota-kota besar. Sementara sinyal operator selular (yang berarti juga jaringan GPRS-nya) telah menyebar hingga ke pelosok negeri seiring perkembangan konsumen pengguna layanan telepon dan sms selular ini. Di tengah hutan sekalipun selama ada sinyal operator Anda akan tetap bisa mengakses internet! Soal harga tentu saja semakin lama akan semakin kompetitif dan terdapat tawaran menarik dari berbagai provider. Jadi kenapa tidak, meski Anda terpencil secara geografis dari pusat kota tapi Anda tetap terkoneksi dengan seluruh dunia dengan menjadikan HP Anda sebagai modem INTERNET!


wemmy Al-Fadhli, wem.blogspot.com
stay at koto tangah, padang city
info lebih lanjut hub. 085220578798
kalo Anda bersedia datang sendiri ke rumah
saya akan membantu gratis tis..tis..
dgn syarat tdk digunakan utk mengakses situs xxx
kalo make provider lain macam speedy up to you dech