Minggu, 25 Januari 2009

SURFING IRIT BAGI RAKYAT TERPENCIL


Di zaman kontemporer n serba digital ini, jaringan internet merupakan sebuah kenyataan maya yg tak ternafikan lagi telah dan akan semakin merasuki setiap sendi hajat hidup orang banyak. Ia tak akan lagi menjadi sesuatu barang asing yg super-teknologi dan x-klusif karena secara fungsional net ini adalah berarti jaringan data atau sistem informasi (atau dalam bahasa yang lebih jelas lagi: hubungan manusia), "connected people" kata orang2 nokia. Tentu setiap orang dgn berbagai tingkatan intensitasnya memerlukan sarana untuk "berhubungan" antar manusia ini.


Sebagian orang, seperti saya ini, walau tinggal di daerah nan terpencil dari sistem akses informasi berteknologi canggih tersebut (yang tentunya berpusat di pusat, kota besar maksudku, yang ber-SDM dgn uang dan kekuasaan sehingga lebih dulu tersentuh teknologi terdepan {yg telah terkomersilkan}), akses internet bisa jadi juga sudah menjadi kebutuhan. Pada prinsipnya setiap tempat di muka bumi ini selagi terjangkau oleh frekuensi elektrik tentunya bisa terhubung dgn internet lewat apa yg dinamakan jaringan satelit. Kenyataannya utk sekarang ini akses internet lewat jaringan satelit masih sangat mahal sehingga hanya memungkinkan bagi mereka yang walau terpencil namun banyak duit. Nah bagi Anda2 yg kere, ini solusi sejauh yang saya ketahuan.

NGEGUNAIN JARINGAN GPRS SELULER...

Yoi, salah satu akses masuk kita ke jaringan internet internasional adalah jaringan operator seluler. Di antara jaringan operator seluler yg paling luas jangkauannya ke berbagai (bukan seluruh) Indonesia adalah telkomsel. Dengan operator telekomunikasi ini regulernya Anda mesti membayar Rp 5/kB. Ada yang lebih murah dari ini dan jangkauan sinyalnya juga cukup luas yakni indosat (im3, mentari, matrix, starone, im2). Untuk layanan GSM prabayarnya, yakni mentari dan im3, biaya akses gprs regulernya adalah Rp 1/kB. Beberapa operator lain bahkan masih menarif Rp 10/kB. Untuk tahu yang lebih murah lagi silahkan ikuti promo dari berbagai operator seluler tanah air karena memang soal tarif ini tidak tetap. Jika Anda mengambil paket berlangganan, seperti paket unlimitednya indosat maupun telkomsel, tentulah Anda akan mendapatkan tarif yang sangat murah. Namun, jika Anda hanya menggunakan saluran gprs, maka tarif yg murah itu jadi tak begitu bermanfaat karena lambatnya koneksi. Beda jika Anda menggunakan jaringan 3G atau CDMA, apalagi HSDPA. Soal bagaimana mulai "memasangnya" silahkan lihat artikel saya "AKSES INTERNET DI KOMPUTER RUMAH DENGAN HP SEBAGAI MODEM". Yang jelas daripada jaringan gprs ini terdapat dimana daripada ada sinyal henpun GSM Anda. Jadi kalo pun you tinggal di hutan, lagi-lagi asal ada sinyal henpun (dan tidak ada permasalahan dengan operatornya, artinya: situasi sedang normal, tidak sedang dalam masa perbaikan atau apalah) Anda bisa terkoneksi ke internet via gprs.

nah, cekarang kita akan menjelaskan dikit gimana supaya Anda bisa surfing irit sekaligus cepat dalam kanal GPRS ini...

Jaringan GPRS bekerja maksimal dengan kecepatan ndak bakal lebih dari kecepatan modem standar untuk dial up 56 kbps. Kecepatannya naik turun bergantung kepadatan jaringan (banyaknya orang yang lagi nelpon dengan operator yang sama di "sekitar" Anda) dan lain-lain, termasuk kekuatan sinyal dan kondisi HP/modem Anda sendiri. Intinya, ia bekerja banget lambat. Dalam keadaan normal saja, untuk membuka halaman depan situs google dot com kita mungkin membutuhkan waktu setengah menit. Padahal di warnet mungkin Anda bisa membukanya hanya dengan waktu setengah detik! Apalagi jika saluran/kanal GPRS ini hendak kita gunakan untuk membuka website2 yang berukuran besar besar seperti kompas dot com atau detik dot com. Dan satu lagi kelemahan jaringan GPRS ini, sewaktu2 bisa putus di tengah jalan, bisa lama pula karena mungkin jaringan yang nelpon lagi rame.

Untuk itu kita perlu ngakalinnya. Pertama mematikan akses browser terhadap file gambar, audio, apalagi video. Anda cukup men-surf file teks htmlnya saja. Kedua, gunakan gateway atau situs penyaring. Seperti kita ketahui saluran GPRS memang diciptakan guna mengakses internet dari ponsel. Nah format layar ponsel tentu ukurannya lebih kecil dari layar komputer. Browser handphone pun tentu beda. Kecilnya browser ponsel membuat ukuran data yang diambil lebih kecil pula. Situs yang hendak Anda buka akan diolah dulu di situs penyaring sehingga berukuran lebih kecil, sesuai dengan layar ponsel, jadi lebih hemat, sehingga juga lebih cepat karena Anda tidak perlu mendownload data berukuran besar.

Biasanya, dan sejauh yang saya ketahui, untuk mendapatkan akses yang lebih hemat sekaligus cepat ini Anda sebaiknya tidak menggunakan browser bawaan handphone. Gunakanlah misalnya operamini atau ucweb. Produsen2 browser add on tersebut akan mmperkecil semaksimal mungkin data yang Anda ambil lewat jaringan GPRS. Dengan menggunakan emulator PC Anda juga bisa membuka browser HP ini di layar komputer. Salah satu program yang digunakan untuk menjalankan browser2 tersebut di ponsel adalah JAVA. Nah, emulator berfungsi untuk menjalankan program JAVA tersebut di WINDOWS atau LINUX. Bagaimana caranya, silahkan Anda surf sendiri di google. Yang jelas, supaya lebih hemat dan cepat, Anda perlu mempertimbangkan untuk mematikan akses gambar di browser2 tsb. Tapi tanpa Anda matikan pun sebenarnya ukuran2 gambar tersebut sudah sangat diperkecil dari aslinya.

Jika Anda menggunakan ponsel GPRS ini hanya sebagai modem dan tetap ingin surfing di layar komputer dengan browser untuk kompi maka untuk berhemat dan tetap cepat Anda bisa melakukan hal ini. Pertama gunakan opera untuk membuka website2 yang telah ada versi mobile atau wapnya. Situs2 dalam format wap dirancang lebih mini (utk ponsel) dan opera sanggup membukanya. Dengan saluran GPRS ini Anda mungkin membutuhkan 5 menit atau lebih untuk membuka url friendster dot com. Nah, dengan membuka url versi mobilenya (yakni dengan alamat m.friendster.com) Anda mungkin ganya butuh waktu satu menit. Tentu saja pilihan yang terdapat dalam website yang dibuatkan halaman versi mobilenya ini bisa jadi tak selengkap website html-nya. Tidak semua website ada versi mobilenya ini sehingga browser ponsel sendirilah yang harus bekerja membuat versi mobilenya sesanggupnya.

Kedua Anda gunakan situs penyaring seperti tersebut di atas tadi. Salah satu yang paling terkenal adalah skweezer dot com. Anda masuk dulu ke halaman situs ini baru surfing kemana2. Akses jaringan Anda akan bisa dihemat bahkan hingga 95%. Ibaratnya jika musti membayar seribu Anda jadi hanya membayar 50 rupiah. Memang tampilan situs Anda akan tak lagi seperti versi aslinya. Skweezer akan mengolah situs2 tsb menjadi bertampilan mobile, lebih ringkas. Sayangnya situs ini tidak bisa digunakan untuk log in. Saya sendiri menemukan browser google yang bisa digunakan untuk log in namun dengan tetap hemat. Browser ini saya dapatkan bersama skweezer dan beberapa browser penghemat lainnya di sebuah situs yang punya akses ke pornografi jadi sebaiknya tak kucantumin, silahkan cari sendiri, but thanx deh buat pembikin situsnya. Meski cabul ternyata Anda bisa berbuat baik juga membantu bolongnya isi saku saya buat akses net.

Oke sekian dulu silakan dicoba bagi yang membaca dan tertarik. Jangan ragu untuk bertanya jika ada yang masih kurang jelas and you males buat nyari sendiri. Haha, internet adalah kepustakaan pengetahuan sangat luas namun tak begitu rapi emang kesusunnya, makanya mesti berjuang. Good luck!