Senin, 13 Juli 2009

HIDUP BROWSER UCWEB, LANJUTKAN SBY

Politik adalah sebuah tugas sedih: usaha menegakkan keadilan di dunia yang berdosa. (Reinhold Niebuhr)


notice disclaimer nb: tulisan berikut ini sama sekali ndak ada hubungannya dengan pilpres atau pemilu indonesia 2009. cuma coz kata ini pasti lagi tune-in gw coba maksa masukin dan lanjutkan! sekalian sambil nyelam minum tuak gw coba juga praktikkin seni menjilat pantat yang agung bangedd itu. aji-mumpung kelompok sby group sekarang dan lima taon ke depan bakal meng-hegemoni secara politis, lalu ujung2nya (ini yang penting:) ekonomi, maka rasa2nya asik juga dech nyoba jilat2 dikit. aku sendiri golcute (ups, mestinya ini ndak bilang2) jadi nggak apa2 dong sekarang merapat2 hangat ke dekapan kubu cikeas. lahh politisi dan pengusaha pragmatis-oportunis sendiri pun--yang dulunya habis2an membantai 'citra' sby--pasti sekarang jadi kutu loncat merapat ke pak sby. termasuk oposan pdip yang pasti udah capek banget secara kue ekonomi terkucil lima tahun ke belakang, apalagi ikhwan2 matre psk yang demi kepentingan duniawi mau ndak mau yangg mesti realistis. pieces ach maklum saya mah ndak ngerti politik teh naon etaa??

browsing irit secara mobile dengan ucweb

gw termasuk udah cukup lama ngegunain ucweb, opera, dan aplikasi2 jar lainnya semenjak punya hp pinjaman beberapa waktu yang dahulu yang bisa ku-instali aplikasi java. tapi rasa2nya belum nulis spesifik soal browser ucweb ini. dolo2nya biasanya aku make perdana indosat Rp. 1/kb buat browsing pake modem hp. sekarang telkomsel pun--dan sepertinya juga operator2 lain--juga udah pada mulai murah tarif layanan datanya. nah ngenet dengan paduan antara layanan seluler dan aplikasi2 tertentu ini kiranya bisa jadi alternatif buat sebagian orang.

berdasarkan pengalaman gw menggunakan ucweb, browser yang atu ini cukup bisa diandalkan menghemat bandwith akses data yang kita pakai. kita bahkan bisa men-sett loading maksimal hingga hanya 8 kb yang jika dikalikan 1 rupiah berarti dalam sekali buka page situs anda cuma akan keluar duit 8 perak dan dalam 10 halaman website yang anda buka tidak akan sampai menghabiskan 100 rupiah. apalagi untuk chatting di yahoo messenger, ebuddy, dll via situs wap atau mobilenya; bahkan kabarnya ada aplikasi chatting bernama shmessenger yang dalam sejam bahkan tidak sampai menghabiskan 100 perak (bandingkan dengan main di warnet paling di-diskon-in sekalipun, dengan bandwith yang empot2an biasanya kalo lagi pas jam diskon tersebut hehe).

ucweb ini juga bisa di-setting untuk berpindah2 dari menggunakan browser www atau wap dan jaringan langsung atau wap proxy. beliau juga bisa membuka tab window hingga 10 buah layaknya browser komputer biasa. dan berdasarkan pengalaman serta se-pengetahuan guwa browser java yang atu ini jauh lebih cepat dari padamu opera mini. tapi yang jelas anda tidak bisa copy paste atau nyimpan web page ke hardisk komputer dari browser ini (cos sistem operasinya bukan windows); namun kabarnya bisa juga kalo anda mau bersusah2 mencari tahu caranya yang agak rumit (tentunya bagi yang se-kelas pengguna teknologi jaringan internet seperti guwa) dan belum begitu populer lewat googling di 'mesin' pencari.

jika ingin membuka situs wap yang hemat bandwith itu sekaligus connect 100% dengan os kompimu gunakanlah opera big (antonim-nya opera mini hehe). tapi ya mesti diakali agar hemat karena akses internet dengan layanan data seluler hitung2an-nya per-kb informasi yang kita sedot. caranya dengan mematikan gambar, men-setting lay out default browser agar wap page-nya tetap enak dibaca, manajemen waktu (kapan2 ku mo nulis nich soal manajemen bandwith akses data via jaringan seluler bagi internet user yang kere ah hehe sok taunya gw yahh), atau gunakan layanan proxy google mobile, skweezer, dan sejenisnya. intinya untuk browsing hemat ada seni tersendiri pula dan butuh pembiasaan. yang jelas lagi se-pengetahuan gw mozilla dan ie ndak bisa digunakan untuk buka wap/mobile site secara langsung. alternatifnya ya opera, ucweb, dan sejenisnya ini (cari tau ndiri lebih lanjutkan-nya ah).

oks sekian dulu informasi ala kadarnya dari guwa, maklum lagi 'sibuk baget nih' jadi ndak bisa nulis banyak2 dulu. yang jelas saya ingin merekomendasikan bagi pembaca yang budiman sekalian penggunaan browser ucweb ini untuk akses internet dengan jaringan operator seluler; baik lewat komputer maupun langsung dari ponsel. termasuk jika ingin mendapat kabar terbaru yang detik ini juga dari m.detik.com tentang kemenangan sby dan kepiluan lawan2 politiknya (saya enggak nyebut2 jk ato megawati lho yaa). udahlah sudah, siapapun yang menang pilpres 2009 ini dan menjadi presiden republik indonesia tetap saja kalo ingin mengakses situs detikcom atau ym versi mobile yang lebih irit bandwith ini anda mesti men-sett ucweb anda ke wap proxy dan wap browser ya. coz detikcom akan otomatis men-direct anda ke situs www-nya jika tercatat 'panggilan' datang bukan dari jaringan dan browser wap. oke silakan lanjutkan menyimak berita pemilu indonesia dari browser favoritmu karena sekarang zamannya dunia di tangan anda.....