Sabtu, 02 Januari 1999

DIARIKU SEPANJANG TAHUN 1999

wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Friday, January 08, 1999

23.30

kira2 seminggu yang lalu aku sudah mulai pandai membawa honda. beberapa kali motor aku bawa ke rumah kamil dan maen2 ke sungai lareh dan juga ke rumah mak angah

hari minggu aku pasang nomor tapi nggak kena dan hari kamis kemaren juga tapi nggak jadi

hari kamis sepulang sekolah aku ke tempat hendri di lapai. ia tinggal di rumah antenya

tadi sepulang dari mesjid aku bilang "kalian jangan macam2" sama tiga orang preman yang duduk di depan rumah aku

hari rabu sepulang sekolah aku, pii, eko, dan imul ke mtsn dan bincang2 dan lihat2 disana kemudian waktu kami pulang orang2 yang akan buka puasa bersama sudah mulai berdatangan

tadi sepulang sekoah aku, dona, etler, boris, adek, dan firman "jjs" ke minang plaza

ceramah nuzul quran ustadz tadi amat enak. antara lain ustadz mengingatkan bahwa sekarang di minang banyak orang islam yang diculik dan dikristenkan orang kristen melalui perempuan berjilbab yang kafir. intinya adalah masyarakat sekarang banyak yang sudah berpaling dari al-quran nur karim

kemaren2 aku ulangan fisika nggak ada satupun yang bisa aku jawab dan aku hanya menconet semua; begitu juga ulangan biologi

aku ingin cerita masalah perempuan di kelasku yang bernama desi, kelihatannya dia suka sama aku. tapi aku tidak suka sama dia, baik dari segi wajahnya, bodinya, maupun gaya bicaranya. mungkin yang lebih sedikit aku sukai karena dia tidak jahat. apakah dia kaya/miskin, taat/jalang aku tidak tahu pasti. tapi kayaknya aku tidak bisa mencintai dia. aku sudah berusaha menjauh dari dia tapi dia berusaha juga bicara sama aku. kadang2 aku hampir muak melihat gayanya. mungkin karena aku selalu bersikap baik padanya ia masih juga bicara sama aku. perempuan lain yang aku juga merasa mereka tertarik padaku ialah dian, enit, tiar, nani, wulan di kelas I 3. dian aku kurang suka sama wajah dan bodinya walaupun ia kaya dan berjilbab. kalo enit aku lebih suka padanya karena ia rajin dan pendiam. kalo tiar ia adalah orang kristen dan aku berdoa kepada allah agar tidak terjerumus kepada kemurtadan dari gadis kafir ini. lalu nani cukup manis dan pandai bicara sayangnya agak gemuk, kalo wulan masih senyum2 saja dan kebanyakan ketawa. di kelas lain ada juga temannya si lili yang aku nggak tahu namanya cukup manis tapi agak pendek. di kelas I 3 bendahara yani juga manis sayang dadanya rata dan sombong (cewek matre kelihatannya). kalo lili juga manis tapi dasar anak sispala tomby bo! di kelas II atau III ada juga cewek yang suka sama aku kelihatannya dan aku tak tahu namanya yang waktu aku berpapasan dengannya di belanti kelihatan ada feeling. yang aku tahu adalah dini fitria. aku kelihatan merasa agak lain kalo ketemu dia, juga evelin dan yang lain. dan gua juga suka sama vivi e.b (pengurus osis). tapi dia entahlah? kalo di tempat les aku punya feeling juga sama anggia (anak kelas I smp 7 itu) dan gua nggak suka sama si yani (anak smu 8) yang lain pula pandangnya sama aku. kalo di rumah anak tetangga di r.m surya juga aneh rasanya... hehe. when I find myeternal love? I pray to Allah swt

memilih perempuan yang patut dicintai:
= agamanya
= keluarganya, kecantikannya, kekayaannya, kepandaiannya. this is about girl!




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Saturday, January 09, 1999

16.20

tadi pagi aku pergi isra miraj ke sekolah. dalam perjalanan pergi badanku basah2. setelah selesai aku dan rozi ke rumahnya. lalu kami ke pasar beli kaset. hari sudah cerah, aku beli kaset guns n roses sedangkan rozi beli slank (live). waktu pulang kepalaku pusing dan perut mual. dan sewaktu naik mobil di tabing ke dalam aku hampir muntah rasanya. sesampai di rumah aku langsung tidur




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Sunday, January 10, 1999

05.52

myfavorite song or singer/group band now is:
= scorpions: still loving you, you and I, always some where
= guns n roses: civil war, anything goes, since I dont have you
= fire house: I live mylife for you, perfect world, no one at all
= slank: josephira, kosong sama kosong, funkie junkie

and then I like another band/singer too like bon jovi, aerosmith, metallica, oasis, jamrud, boomerang, rif, the off spring, michael learn to rock, dewa 19, etc

I want to be apersonal of famous group band

09.15

tadi pagi izal, fuad, dan nurmanedi datang kesini untuk main2. semalam fuad dan nurmanedi tidur di rumah izal

sebentar ini da a baru datang mencari bokap

13.29

sebentar ini aku merenung mengenai kehidupanku. saat ini aku masih tinggal dengan orang tuaku dan sekolah yang jauh dari rumahku. di rumah aku paling sering punya masalah dengan bokap karena masalah prinsip dan kami berdua sama2 keras kepala. dengan adik2ku yang keduanya laki2 kami bertiga juga sering bertengkar walau karena masalah kecil. dengan nyokap masalah aku biasanya tentang duit. kemudian di sekolahku aku punya masalah karena kebanyakan yang sekolah di sana adalah anak2 orang yang cukup kaya. juga, pergaulan mereka juga pergaulan kota. sedang aku ini adalah anak lb minturun yang mungkin mereka anggap remeh walau dalam hati kecil. kemudian di lingkungan aku memang kurang akrab oleh karena sekolahku yang jauh. tentunya aku jarang bergaul dengan teman2ku dekat tempat tinggalku. akhirnya akupun terkucil. lalu aku pikir2 sebaiknya aku pindah saja ke kota2 yang lain untuk melanjutkan sekolah. di sana aku akan jadi anak kost dan menerima uang saku untuk keperluanku dari ortuku sesanggup mereka. dengan begitu aku rasa aku akan lebih berhasil, baik dalam hal belajar ataupun dalam hal lain. dalam pergaulan aku mungkin tak akan seminder waktu sekolah di smu 3. pendapatku ini juga berdasarkan cerita izal karena dia sekolah asrama di mapk padang panjang. jadi anak rantau itu lebih mandiri dan kita tidak terlalu minder lagi dalam bergaul. tidak terlalu tergantung lagi kepada orang tua (anak papi dan mami). aku yakin di smu 3 belajarku tak akan pernah berhasil. entah orang tuaku mau mengerti atau tidak? kalo saja melawan sama orang tua (durhaka) tidak merupakan dosa besar, aku sudah "get out" dari rumah ini. kemana? entahlah...




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Tuesday, January 12, 1999

kemaren aku menghisap sebatang rokok samsoe di kamar ini. kemudian aku ke mesjid lalu mendengar ceramah ramadhan dari tim safari ramadhan tk 1. lalu aku dan toni pergi ke surau gadang. aku membeli sebatang rokok samsoe lagi. kami pergi ke tempat dindong. setelah maen sebentar aku dan toni lalu pulang

kemaren seharian aku di rumah saja. selesai shalat subuh aku tidur sampai jam 1/2 10. lalu aku mandi dan rencananya mau maen ke pasar dan rumah teman2. aku minta duit dan dikasih 1.500, lalu aku minta tambah dan ditambah 1.000 lagi. ternyata hari hujan2 rintik sehingga aku membatalkan rencana ke pasar. lalu aku tidur lagi sampai jam 15.00 dan aku kasihkan lagi uang yang diberikan tadi

ibuku mengasihku uang kayak masih kanak2 saja aku ini. kalo libur2 begini ibuku paling ngasih 500 sehari. sedang keperluanku yang lain seperti baju, celana, kaset, jalan2, dan barang2 lain terpaksa harus kuminta kepada ibuku. karena dia ngasih jajanku perhari padahal aku orang paling nggak tahan melihat duit cuma 1.000 untuk tidak dijajankan. akhirnya duitku tidak pernah terkumpul, paling untuk beli kaset kantau (itupun waktu sekolah karena jajanku 2.500). akibatnya segala keinginanku untuk membeli suatu benda jarang terpenuhi, sebab aku harus ngomong dulu kepada ibuku. padahal ibuku orang yang sangat pelit. walaupun tujuannya baik ia tidak sadar bahwa sistimnya itu sangat menyiksaku. alangkah baiknya jika ia kasih saja aku uang 15.000 seminggu. setidak2nya 5.000 akan bisa aku simpan. aku akan jadi merasa sayang untuk mengurangi juga uang 5.000 rupiah itu. mudah2an ini terpikir oleh beliau

10.30

sebentar ini kami sekeluarga berdiskusi untuk dapat membuat keluarga ini lebih bahagia. mula2nya aku menyampaikan niatku yang ingin pindah sekolah. lalu setelah kami tukar pikiran akhirnya aku memutuskan untuk tetap tinggal disini dan sekolah di smu 3. kemudian uang sakuku akan diberikan per minggu. mereka juga memikirkan untuk mencarikan aku kerja seperti beternak ayam. mudah2an rt kami lebih harmonis




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Friday, January 15, 1999

06.52

sudah 5 hari aku nggak puasa di bulan ramadhan tahun ini (termasuk hari ini) karena sakit. 3 hari yang terakhir sakitku adalah sesak napas. mungkin karena aku menghisap rokok senin malam kemaren

buku pornoku sudah aku bakar

aku dapat duit 25.000 dari bokapku kemaren, rio juga, sedang aan dibelikan baju pemain bola

selama sakit, yakni sudah dua hari, aku tidur di rumah (di kamar aan)

waktu sakit aku merasa Allah swt mengabulkan doaku

kemaren surat balasan mia dari banda aceh tiba




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Sunday, January 17, 1999

10.34

sudah seminggu aku belum juga sehat dari sakit. hari senin kepalaku yang pusing namun aku masih bisa puasa. malamnya aku merokok hingga besoknya sakit asmaku mulai bangkit tapi aku masih bisa puasa. hari rabu sakitku udah mulai makin terasa dan aku mulai nggak puasa. malamnya aku amat menderita. hari kamis mulai mendingan rasanya, aku mulai tidur dengan enak. hari jumat aku sudah bisa pergi berobat tapi nggak dapat obat. malamnya dan esok pernapasanku masih kurang enak juga rasanya. sore2 aku merasa badanku panas sehingga aku tidur cepat2 (demam dan batuk). pagi tadi badanku sudah mulai enak tapi aku masih nggak puasa dan aku ingin beristirahat saja hari ini biar aku sembuh. mudah2an pada hari senin aku bisa puasa dan pada hari raya aku nggak lagi sakit kayak kemaren

kemaren pak am dan pak bus kemari. aku dapat duit 5.000. rupanya bokap cerita sama mereka bahwa aku ingin pindah dari smu 3. lalu pak am bilang sebaiknya aku tetap di smu 3. dia contohkan dirinya yang nggak selesai sekolahnya

12.23

francois botha dari afsel dikalahkan mike tyson dengan k.o di ronde ke lima




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Tuesday, January 19, 1999

20.08

hari ini adalah hari raya idul fitri 1419 h. tadi pagi aku shalat idul fitri di jalan by pass. waktu itu ada seorang barat yang memotret jemaah. entah ia muslim atau tidak aku tidak tahu. selesai ceramah aku bertemu izal lalu kami ke rumahku sebentar, kemudian kami pergi. saya disuruh nyokap untuk salaman dengan uwan. lalu aku tidab disana diberi 10 botol teh sosro. lalu aku balik lagi ke rumah dengan izal. baru kemudian kami berjalan ke rumah izal. lalu kami berangkat ke pasar dengan oto kuning dan carry. tiba di pasar kami putar2 cari yang mau dibeli. aku juga berencana beli majalah hai yang terbaru. lalu kami pergi makan. izal makan soto sedang aku makan lotek karena aku masih batuk. lalu kami ke rumah saudara izal di air camar atau aur duri. disana kami duduk dan juga diberi makan. lalu kami balik pergi ke pasar. izal dikasih duit. di pasar kami jalan untuk shalat dulu di muhammadiyah. di jalan sebelum sampai di sana kami ketemu aan dan iwa. selesai shalat aku beli peci dan berhasil aku tawar 2.500. kemudian aku beli dompet 4.000. dan lalu kalung 3.000. lalu kami pulang dengan naik mobil lubuk minturun. tiba di rumah kami dengan honda ke rumah kamil lalu kami ke sungai lareh ke rumah mak angah. ia juga nggak ada (mungkin pulang kampung) lalu kami balik ke rumah. izal lalu naik oto kuning ke ikur koto

di rumah badanku mulai terasa dingin demam lagi. apalagi waktu turun hujan. untung saat ini (malam ini) sudah mendingan (baikan) dan aku baru saja selesai minum obat

waktu sedang nulis tadi aan ngantarin obat ke kamar ini lalu aku minum

aku harus mengganti puasaku yang 8 hari karena sakit




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Thursday, January 21, 1999

20.55

kemaren aku nggak kemana2. kemaren senja keluarga ante dani datang ke rumah dengan beberapa orang lainnya dan beberapa anak2 yang tak aku kenal. seorang anak laki2 kata aan bermain (menggendong) ciuk. aku cuma di kamar ini saja. segan rasanya aku ikut duduk di rumah. lagipula aku sudah beberapa hari nggak mandi

kemaren kamil kemari. kemaren sore aku ke proja (proyek jauh) untuk lihat anak gadung maen bola. aku nggak maen karena aku belum sehat benar. waktu itu aku malu karena bawa sendal balang (berlainan yang kanan dan kiri). pulangnya udah senja

tadi pagi tek mas sekeluarga (kecuali bang haris), keluarga pak bus, ni in dan suaminya, serta nenek marapalam dan yang lain yang aku nggak kenal datang kemari dengan dua mobil. waktu mereka datang akupun mencuci pakaian di belakang daripada dilihat nggak ada kerjaan sama mereka. dapat duit lagi deh...

sampai saat ini kain jemuranku masih basah. hari hujan mulu sih

tadi sore keluarga yang diteliti nyokap dari lapai datang kemari. mereka punya anak2 yang pintar dan mendapat beasiswa. namun mereka hidup agak kesusahan. mereka sekeluarga ada agak 10 orang (big family). aku dan rio ikut nonton dono, kasino, indro sama mereka. aan waktu itu baru pulang dari pasar beli dompet

kemaren siang di rumahy ada nenek dan teta dari pengambiran. nenek menasehati aku dikit. teta masuk ke kamar ini dan ngomong sebentar sama aku namun aku agak malas ngomong sama dia

rio bocor lagi. miau dan miuk menyew2 tadi di atas tempat seterika baju [di bawah catatan ini gua ngegambar kucin induk dan ngeman ketut wijanarko nototokromo alias iuk lagi manja2 berdua plus ada lambang love mereka]




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Friday, January 22, 1999

21.58

tadi siap jumat aku nonton warkop dki sebentar. lalu aku pergi ke puskesmas lb buaya. lalu aku ke rumah takur dengerin lagu slank dan minjam kaset. lalu kami ke pasar. takur rencananya beli sepatu merk hiper tapi nggak ada. lalu aku beli celana dalam bontex seharga 6.000 (setelah ditawar). takur membeli pig gitar (1.500) di toko musik dan sport. lalu takur pulang naik carry biru dan aku naik mobil putih lubuk minturun. sepatu hiper ada yang harganya 90.000 (di salah satu toko) tapi takur nggak beli karena ada warna putihnya

telpon 3 kali berdering pagi dan aku menerimanya dari teta di pengambiran, pak bus di andaleh, dan bokap di puskesmas

saat ini aku lagi denger kaset konser piss slank-nya takur




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Sunday, January 24, 1999

13.25

kemaren aku ke tempat kamil dan ternyata kaset slank ku terjual. katanya sih dijual 2.000 dan ia aku kasih 500

hari ini hujan mulu aku jadi nggak tahan. untung sekarang udah berhenti. kalo tidak aku mungkin sudah demam dibuatnya. padahal besok aku sekolah

tadi nyokap sama bokap marah. masalahnya simpang siur. mungkin gara2 piring nggak ada yang sukarela mencuci waktu nyokap pergi. yang kena marah juga simpang siur. keluarga ini memang simpang siur




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Saturday, January 30, 1999

aku sudah sakit lagi sejak hari senin hingga kini. penyakitku adalah sakit cacar air, diselingi juga sakit sesak nafas, demam, dll. hari senin itu aku berobak sendiri ke puskesmas dengan pakaian santai saja, yaitu pakaian yang aku biasa pake di rumah: celana hawai dan baju kaos lengan panjangku. sebenarnya aku agak merasa lain juga. obat yang dikasih rupanya aku nggak tahan. lalu dengan nyokap aku ke puskesmas dengan cacar airku yang tambah parah juga. ibu dokter nggak [ada], lalu aku dikasih oleh seorang bapak (pengganti bu dokter) obat dengan dosis lebih rendah. dan hari jumat aku pergi ke puskesmas dengan ortu. aku dan bokap p.p naik motor. sekarang aku tinggal sakit cacar ini. sesak napas dan demam sudah tidak begitu terasa. selama sakit itu aku tidur di rumah dan kamar dikunci. aku nggak sekolah udah tujuh hari

selama aku sakit sudah dua kali etler nelpon kesini. pertama ia nanyain telpon dona, kedua telpon hari

ketika sakit aku benar2 menderita dan aku bertekad untuk menjaga kesehatanku



wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Monday, February 01, 1999

13.32

tadi aku ke rumah sakit rsup m djamil dengan bokap untuk obatin sesak napasku, bukan cacar airku. kemudian aku dironsen, ambilnya rabu besok, sementara bokap ambil obat. lalu pulang pake motor

aku belum juga sekolah. cacarku masih banyak




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Thursday, February 04, 1999

08.18

kemaren aku ke rsup m djamil. menurut hasil ronsen paru2ku normal. aku diberi obat biasa saja. disana aku lihat ada anak sma don bosco yang berobat. orangnya ganteng, namun kelihatan ia agak kurang tau prosedur berobat di sana. gayanya "bapaham". pergi via bypass - kalumbuk - alai - jati and pulang via jati - khatib - tabing dengan naik motor sama apa

anak gadis orang pemilik rumah makan surya sebelah rumah kelihatan ada feel kalo liat aku. aku grogi juga

hari ini rencananya aku mau sekolah lagi. cacarku masih banyak tapi sudah kering. selama seminggu lebih 3 hari aku nggak juga dilihat sama anak I 3. entah apa alasannya. tapi bagiku juga lebih baik aku enggak dilihat

rencananya aku mau beli kaset jamrud atau bryan adams, atau metallica atau yang lainnya... liat nanti!




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Friday, February 05, 1999

06.52

kemaren aku mulai sekolah lagi. mula2 aku ke rumah rozi dulu balikin kasetnya. lalu ia bilang kalo orang ujian pra cawu. aku jadi terkejut. namun aku tetap sekolah dan ikut ujian. ujian agama dan bahasa indonesia cukup banayk yang dapat olehku tapi ujian matematika tidak ada yang aku bisa. aku cuma conet ke wulan sedikit dan selebihnya tembak jenggo. pulangnya aku beli kaset di permindo. rencananya aku mau beli kaset jamrud tapi rozi udah punya. lalu aku tanya keset obituary, ada empat album. tapi aku putuskan beli kaset "a hell of noise" yang berisi banyak band metal. ada sepultura, obituari, dll. aku pulangnya naik mobil lubuk minturun (oto putiah)

dona dipenjara seminggu di polres karena menabrak seorang pengendara motor dengan mobilnya di bypass hingga orang itu mati




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Sunday, February 07, 1999

06.28

kemaren sepulang ujian aku dan eko jalan berdua lewat khatib. masih di depan smu 3 kami dipanggil oleh sekelompok anak sekolah dari sekolah lain. kami acuhkan saja. lalu salah seorang dari mereka mengejar kami. di samping smu 3 mereka mengompas kami, minta duit 500. kami menolak, aku sempat ditinju salah seorang dari mereka di dadaku. tapi tak kubalas karena akan lebih gawat keadaannya. akupun mengalah saja. lalu firman datang. aku disuruh oleh salah seorang dari mereka untuk pergi. rupanya firman kenal dengan mereka. firman sempat marah pada mereka karena mengompas kami. sementara eko sudah jalan duluan. tampaknya ia cemas sekali. tiba di khatib dia langsung naik angkot untuk pulang ke belimbing. sementara aku turuti dulu beberapa orang temanku yang duduk di lapau. waktu akan pulang aku melihat mereka sudah tiba di khatib. namun mereka tidak bertemu dengan aku , karena aku sudag ke balik jalan




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Monday, February 08, 1999

20.53

tadi sepulang sekolah lagi2 anak khatib itu memalak di khatib. aku waktu itu cuma tinggal ongkos dan uangku tidak diambil. mereka itu juga orang2 yang meninjuku kemaren. lalu salah seorang dari mereka bilang agar aku lebih sering berkawan dengan mereka dan aku iyakan saja. musti gimana lagi. eko jr juga ditantang sama mereka. tapi tidak jadi. lalu kami pun disuruh pulang. kami pulang naik bis kota lubuk buaya

matematikaku bebar2 payah... deh!




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Thursday, February 11, 1999

hari ini umurku genap 16 tahun

hari selasa kemaren waktu kesenian, kelas I 3 happy banget karena pelajarannya (ambil nilai) tari berpasangan. heboh banget deh. hari itu aku pulang cepat saja, daripada kena palak lagi

hari rabu sehabis olahraga beberapa orang anak kelas dua menyuruhku beli rokok, ya musti gimana lagi... santai aja

karena paginya ibu koperasi enggak [ada] maka siangnya aku bayar baju olahraga. waktu pulang firman dan teman2nya duduk2 di rel (anak brandon). kata firman si surya dihajar sama mereka. aku kemudian pergi pinjam kaset ke rumah rozi, slank kampungan. rencananya aku mau beli kaset jamrud rozi. tiba di rumah udah jam 19.30 baru aku shalat maghrib. di rumah ada buk eni dan suaminya sama rama dan tek ande dan juga ante. kemudian datang lagi tamu pake mobil blazer atau apaan ya?

ketika hati mulai merasakan dan kepala mulai memikirkan... cinta...




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Saturday, February 13, 1999

08.14

tadi malam izal dengan dua orang temannya datang kesini. mereka bincang2 di kamarku. yang seorang perokok, akupun ikut ngerokok di kamar ini. dua orang teman izal itu ingin maen2 ke padang ini. hari ini mereka katanya mau jalan2 ke man 2. kemaren itu kami bicara seenaknya di sini, mulai dari masalah tauran sampai masalah poyok hehe mungkin ada yang dengar. ante dan unang malam itu datang kemari

kemaren waktu ibuk rahmi (guru bahasa inggris) nggak masuk, ada seorang bapak yang masuk dan bercerita panjang lebar. dia juga menanyakan apa ada orang lubuk minturun di smu 3. aku agak malu juga. tapi nggak apa2 lah. bapak itu bilang kalo daerah bypass itu amat potensial untuk mencari/membuat lapangan kerja. dia juga bilang bahwa mental anak2 sumbar ini kurang. padahal orang minang cerdik2 tapi curang (otak pedagang). intinya dia bilang isilah yang namanya otak ini. jangan cuma karena uang karena cari uang itu bisa saja. tapi bahagia letaknya di hati ini dengan berisi iman dan takwa dan otak yang berisi ilmu pengetahuan dan teknologi. dipikir2 asyik juga lho

kemaren para pemalak sudah nggak kelihatan lagi. yang ada cuma anak2 disana saja kelihatannya




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Sunday, February 14, 1999

19.25

tadi sore aku dan izal ke rumah anjang dan aku minjam kaset obituary

pulang sekolah kemaren aman saja koq




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Wednesday, February 17, 1999

08.45

hadiah ultahku ke 16 adalah peta kodya padang

kemaren sepulang sekolah kami (I 3) pulang cepat karena guru kesenian nggak ada. tapi aku menanti rozi untuk minjam kaset. lalu aku dan eko jr menunggu dia di lapau aciak sambil ngisap rokok. aku beli rokok sampoerna hijau, cuma sebatang. kami berbincang2 dan rupanya eko jr punya cewek anak smp 7. lalu setelah takur pulang, kami dan juga penta ke rumahnya. aku pake sepultura febi, penta minjem fire housenya aku. waktu azan maghrib udah bunyi kami pun pulang. aku shalat maghrib di tabing

kemaren waktu praktikum biologi aku sebenarnya ketua kelompok. tapi anggotanya cewek semua dan aku nggak aktif di kelompok. dan aku cuma lihat2 ke kelompok2 lain. waktu ulangan sendirian di labor, aku juga diberi soal2 yang sulit sama bu guru (hari senin)

hari senin aku terlambat karena aku ke pasar dulu buat beli kaset dan buat nama di gelang. di cawu 2 ini aku baru terlambat dua kali. waktu itu aku sama penta

19.14

tadi aku dapat masalah sama yuherdi. waktu ia keluar dari mushalla aku teriaki dia supaya shalat. tapi yuherdi itu orangnya emang lain. ia balik ke tempatku dan menendangku. aku yang menyangka ia bercanda balik membalasnya tapi rupanya ia benar2 marah. ia menendangku beberapa kali lagi dan aku tak membalas. ia juga menantangku berkelahi di luar tapi aku mengalah saja, karena mana mungkin aku bisa mengalahkan dia berkelahi. badannya saja lebih besar dariku. kecuali aku benar2 nekad berkelahi dengan dia. tapi untung aku masih bisa sabar. ia juga bilang akan menungguku di luar. setelah yuherdi pergi aku pun rilex saja. teman2ku bilang santai saja. rendra bahkan bilang kalo ia benar2 menghajarku, si rendra akan ikut nolong aku. lagi pula ia bilang, ia punya tema2 (anak2 underground) yang sering nongkrong di matahari untuk membantu menghajar yuherdi. setiba di lokal pun ia kembali menantangku. tapi aku bilang saja kalo aku nggak akan berkelahi sama dia. dan aku iyakan saja apa katanya. tampaknya dia mulai tidak marah sama aku. waktu aku cerita sama dona ia bilang akan ikut nolong bila yuherdi nekad juga berkelahi denganku. sampai di rumah ini aman saja toh...!




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Friday, February 19, 1999

07.35

kucin melahirkan anak lagi. ngeauuuu....

perasaan badanku kurang enak padahal besok ujian




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Saturday, February 20, 1999

20.05

kemaren aku ujian dalam keadaan demam dan sambil ingusan (mairuik salemo joy). untung saja ujian ppkn nggak begitu sulit dan dapat aku selesaikan. lalu aku cepat keluar. tiba di rumah aku langsung minum obat dan tidur. besok baru aku mulai baca buku dikit2 lagi ujian yang sekarang

ujian matematika banyak yang aku lupa rumusnya dan ujian agama alhamdulillah cukup baik. pulangnya hari hujan. aku selain flu, batukku juga mulai terasa. aku pun pulang lewat pasar dengan eko dan hendri. aku pulang duluan karena badanku kurang enak. untung sekarang udah agak baikan rasanya. cuma hidung masih banyak ingus dan tersumbat dan dada agak sesak sedikit

inikan malam minggu...!




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Wednesday, February 24, 1999

17.00

sejak hari senin rambutku pendek lagi. dipotong sama apa. kurang bagus sih, rambut pada berdiri

kemaren ujian aku terlambat

selama ujian badanku masih juga nggak enak. jadi ujian kurang sreg lah. lagian belajar selama cawu 2 ini belum juga serius. aku juga minum obat sesak nafas. jadi badanku jadi gemetar dan segalanya nggak ada yang enak



wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Saturday, February 27, 1999

14.22

ujian udah selesai. bagi raport sama wali murid tanggal 8 maret. liburan deh...

kemaren aku sama eko jr janjian mau ujian kimia. setibanya di tabing eko jr nggak ada. padahal kami udah janji. lalu aku ke rumah takur, rozi nggak ada (nggak ada orang di rumah). hari hujan mulai reda. aku ke pasar beli kaset aerosmith, lalu beli topi. lalu baca majalah hai di tb padang theatre and pulang pas mulai shalat jumat



wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Sunday, February 28, 1999

19.58

tadi pagi aku bangun waktu subuh dan shalat subuh. di rumah apa kelihatan kesal. lalu aku dengerin musik di kamar ini. tapi listrik ke sini dimatikan. aku kesal juga. lalu aku tidur sampai jam 1/2 10, nonton, makan, denger musik, mandi, nonton, gorengan pisang sampai jam 15.00, lalu aku niat mau maen bola. aku santai dulu nunggu kalo ada yang ngajak maen. rupanya nggak ada yang datang. jam 16 lewat dikit aku pergi ke warung siil. disana juga ada siis, imet, dan ajun. lalu aku ajak mereka maen bola. dan aku bawa bola diam2 lewat belakang. di gaduang juga ada idef dan miza. lalu di apa juga ada aceng (andi cengkok) dan beberapa anak2 kecil. kami main 2 trip dan aku kalah keduanya. baru beberapa saat maen napasku sudah sesak dan perutku terasa sakit karena udah lama nggak maen. aku kalah 600. karena aku maen dua kali dan maenin seorang anak sana sekali. aku juga menyuruh ade kuman gantiin aku karena aku letih. pulang sudah maghrib




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Wednesday, March 03, 1999

22.57

hari senin sore kami juga maen bola. tapi setelah beberapa lama datang anak2 bypass (budi, simu, ijet, ami, siin, dan topin, dan entah siapa lagi?). mereka yang maen lagi sampai maghrib. hari selasa aku datang lambat sehingga aku ngerokok dulu. tiba di sana mereka (anak2 bypass campur anak2 gadung) sudah main sejak awal. sebelum aku tiba satu persatu anak gadung udah keluar. setelah rokok habis aku menyeberang dan yang maen yang kecilnya aan, beben, iboy, siil balas, mereka pun keluar satu persatu tinggal aan sampai akhir permainan. anak2 bypass yang main selain yang kemaren juga ditambah anton dan anak2 surau gadang. aku nggak main. hari rabu aku berencana nggak maen bola, tapi aan bilang kalo preman2 itu (anak bypass) menangkap ikan. akhirnya aku main juga. cuma sebentar anak2 bypass itu udah datang lagi ditambah da em, da il, kamek, aku dan anak2 gadung yang lain nggal main lagi. cuma mereka yang main. anak2 gadung main di sungai. aku ikut tapi cuma ngerokok pusaka di sana dan ngintip orang mandi sama eman angguik. lalu kami balik lagi kecuali siim, toni, dan doni pulang. selesai maen bola air sungai udah besar. kami terpaksa nurut mereka (orang dewasa/anak bypass itu) lewat balai gadang. mereka sebenarnya tidak suka kami nurut, bahkan mereka nyuruh kami cari jalan lain atau pulang duluan. aku juga dengar kalo budi anguih ngomong bolaku ini jelek. kami pulang lewat jalan bypass. karena memain2kan bola, bola hampir saja meletus digilas mobil di bypass gara2 ajun dan miza. untung nggak apa2. tiba di rumah udah jam 19.00 lewat. aku mutusin besok "perai" maennya biar yang dewasa itu nggak datang lagi ke proja dan kami yang maen sampai maghrib

hobi dona waktu libur mandi di tang aie haha

hobi rio... lalok surau!

hobi ngeman ketut wijanarko nototokromo nata de coco [unge/iuk] liat ke atas he!

uang sakuku minggu ini 6.000 udah habis huhu




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Sunday, March 07, 1999

11.38

tadi pagi maen bola di proja

hari kamis kemaren (kalo nggak salah) aku curi uang ibu 5.000 karena duitku udah abis

aku udah dapat uang saku untuk minggu ini 15.000

hari jumat izal datang ke sini. dia ngajak aku ke pesta pernikahan sodaranya di lubuk buaya (nginap di sana) pada malam minggu. hari sabtu aku nggak mau pergi karena aku sariawan dan duit udah habis. mairizal keliatan kesal sama aku

besok sekolah




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Wednesday, March 10, 1999

10.59

tadi pagi nggak pergi olahraga

kemaren malam miuk ditendang bapak. aku jadi sakit hati. pagi ini iuk mencret. aku juga kena karena ia tidur di pangkuanku. perutnya nggak selesai, mungkin karena selalu diangkat dan dibawa kesana kemari dan kemaren kena tendang

saat ini aku dan bapak masih perang dingin

pak zul (dari gama) praktek di smu 3 (bahasa inggris)




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Sunday, March 14, 1999

19.14

tadi pagi jam 9.30 aku berangkat ke sekolah. tiba di khatib aku beli sebatang sampoerna sambil nanti eko baloon. kemudian aku bei 1/2 bungkus. setelah beberapa lama menanti di kedai amak aku ke rumah takur. di sana aku maen gitar, denger lagu, makan kolak. aku ngajak takur ke sekolah. tapi kami akan berangkat hari hujan. aku dan takur ke pasar naik bis. di bis aku dan takur juga ngerokok. tiba di taman (masih dalam bis) kami di kompas anak bola. tapi aku cuma kasih mereka rokok. lalu kami turun di mulia. lalu jalan2 lihat poster dan kaset. lalu membaca di tb padang theater, juga sambil ngerokok. kemudian kami ke kedai teman takur si hamzah di blok a. setelah beberapa lama bincang2 sama hamzah kami pulang. takur naik carry biru. aku naik oto putih ke lubuk minturun. di sana aku beli cendol dan rokok samsoe sebatang. di dalam mobil bapak yang di sebelahku batuk2. aku cumasesekali ngisap rokok. setelah beberapa kali isap rokok aku matikan saja. tiba di rumah jam 16.30




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Wednesday, March 17, 1999

19.50

kemaren mulutku kena sikut oleh salah seorang anak2 pengompas di khatib karena aku tidak beri dia uang. hari ini aku pulang cepat

tadi sepulang olahraga aku dan eko jr ke pasar. kepalaku pusing. tiba di rumah jam 11 aku tetap pergi sekolah. tiba di sekolah cepat sekali, tapi aku kira lambat

eko jr besok parade di bukittinggi




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Thursday, March 18, 1999

19.50

tadi pagi (dini hari) nonton bola inter vs mu dalam piala champion. selesai nonton tidur sampai jam 8.00. lalu shalat subuh. kepala masih pusing, aku nggak pergi maen bola pagi ini. cuma putar2 aja di rumah. jam satu siang tidur sampe jam tiga sore. lalu pergi main bola di proja, menag dua kali kalah sekali. pulang ke rumah lalu mandi. tidak shalat ashar, sampai sekarang.

tadi sore jam tiga siil dan beben tiba mengajak main bola. aan tidak bisa main (tangannya terkilir pagi tadi). lalu aku kasih bola, untuk mereka bawa dulu dan aku nyusul belakangan. lalu aku ke kamar (habis bangun tidur), bapak tiba di depan pintu sambil marah2 (sebabnya sih rumit). tapi pointnya ia mungkin nggak suka aku bergaul dengan anak2 lingkungan sini. mungkin ia mau aku cuma punya pikiran sama sekolahan dan bantu2 mereka (enake dewe emange aku ini apane... anjing yang bisa diatur seenaknya... hah!)




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Sunday, March 21, 1999

22.05

tadi (malam ini) di sebelah (rm surya) ada transaksi mobil curian dan polisi sudah mengintai (berpakaian preman). terdengar satu tembakan, lima tertangkap dan satu orang lari. di depan rumah juga ada mobil yang parkir (mungkin polisi).




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Saturday, March 27, 1999

09.30

kemaren di lokal aku mengejek sambil bercanda eko jon dengan sebutan pembalap (pemuda berbadan gelap). rupanya ia marah. untung akhirnya kami bisa damai. lalu kami dengan eko buyun pergi ke pasar membeli kaset jamrud. tiba di rumah sudah jam 19.30 (aku nggak shalat maghrib). rupanya si eko sensitif juga




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Sunday, March 28, 1999

20.32

tadi pagi shalat idul adha di bypass

tadi sore main bola di proja. ada masalah sedikit dengan anak sana. mereka ingin main tapi kami mau pulang. kami tidak sama besar dengan mereka

tadi senja izal ajis dkk kemari sebentar




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Monday, March 29, 1999

21.30

tadi siang nggak sekolah karena terlambat. aku ke pasar membaca, kamudian balik lagi ke sekolah lalu pulang




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Saturday, April 03, 1999

10.14

kemaren orang libur. sore aku main bola di proja. malam aku disuruh apa beli lotek, kalo nggak ada gado2. ia nggak bilang beli di lapau apuk, cuma aan yang bilang tapi aku kira bercanda. lagi pula aku tak tahu lapau apuk yang mana. lalu aku beli gado2 di surya indah. tiba di rumah apa marah2, karena aku nggak beli lotek di lapau apuk. dan ia menyalahkan aku sambil terus ngomel. aku jadi sakit hati juga. sudah dibeliin, diomelin lagi. padahal ini kan cuma salah paham. maghrib tadi pun papa sempat marah2 sama aku. malam itu aku nggak makan dan pergi keluar rumah mencari ciuk




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Thursday, April 08, 1999

19.50

tadi aku nggak sekolah karena ngantuk/ketiduran

jam dua siang tadi aku ke puskesmas rencananya. tiba di tabing kulihat sendalku berlainan. aku jadi malu, yang satu sendal bagus, yang satu jelek. lalu aku pulang dengan menahan malu (nggak jadi ke puskesmas). mungkin aku disangka gila sama orang lain

sebentar ini aku punya problem lagi dengan apa. sampai2 aku menyumpahinya dengan kata2 kotor. sampai sekarang aku masih mengurung diri di kamar ini. entah gimana nasibku besok. mungkin diusir dari rumah ini




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Sunday, April 11, 1999

10.15

sejak hari kamis baru tadi aku disapa apa untuk ambil koran. kemaren diam2 saja

hari jumat pulang sekolah seorang preman memarahiku karena bergelantungan

tadi pagi ortu beli empat ekor ayam untuk diternakkan




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Monday, April 12, 1999

08.20

ama dan unang dini baru saja pergi ke aceh sebentar ini

hubungan aku dengan apa mulai agak baik dikit

22.00

anak luar sudah mulai masuk smu 3. ngompas sambil bawa kerat kayu

tadi pelajaran matematika ibu dy marah2. pelajaran bahasa indonesia amat menyenangkan, apalagi sama bu dona yang manis deh...

tadi waktu akan pergi kepalaku agak pusing. sekarang udah mendingan rasanya

tadi eko jr cabut karena ia tes di db. pulangnya sama aku

suasana di rumah baik2 saja




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Wednesday, April 14, 1999

19.35

tadi pagi aku pergi ke rumah iswandi. di sana berkumpul juga harry, imul, eko, rendra, [satu nama nggak jelas tercatat di sini], edo, dan iboy dalam rangka [ergelaran kesenian. aku menghabiskan satu batang rokok samsoe dan di rumah iswandi lebih kurang empat batang rokok comondore. imul dan harry bawa motor, seru sekali. pulangnya angin amat kencang

pulang sekolah tadi hujan dan angin turun dengan deras. aku, eko jr, dan pian semobil. kami bercakap2 tentang band dll

anak kelas dua juga masuk sore. waktu ambil wudhu dan shalat amat banyak orang

tadi pagi ama menelpon bahwa ia sudah tiba di banda aceh

kemaren malam hingga tadi siang lampu mati

tiba di rumah bsah kuyup. aku dikasih uang seribu oleh mak angah. di rumah juga ada teta. kemaren pak am, ante meri, dan ilham yang datang




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Friday, April 16, 1999

08.00

kemaren jam sembilan pagi saya sudah berangkat ke rumah iswandi untuk latihan sambil langsung sekolah. di sana hadir saya, edo, abdi, hari, iboy, rendra, iswandi, eko jon, eko aprian, dan cuma hendri yang nggak hadir. eko jon jatuh dan kami tertawakan karena lucu. kemudian jam 12.00 kami ke sekolah. waktu jam kesenian parodi kami dinilai dan disuruh untuk dikembangkan. pulangnya angin kencang sekali




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Saturday, April 17, 1999

20.52

tadi sore waktu maen bola di proja aku mempercarutkan seorang anak subarang yang lebih besar dari aku karena kakinya dan adikku berbenturan. tapi kemudian aku minta maaf

kemaren sepulang sekolah aku, eko buyun, dan hendri ke pasar. eko jr tak jadi ikut karena ia tersinggung diejek oleh eko buyun dan hendri. aku beli senar dan pick gitar. pulang sudah malam (nggak shalat maghrib)




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Wednesday, April 21, 1999

21.35

hari minggu aku nginap di rumah harry bersama iboy dan abdi. siang2nya juga ada imul, eko buyun, rendra, edo, dan iswandi. yang tidak datang eko jr dan hendri. kami adalah satu kelompok dalam pergelaran kesenian. gitar dan tapeku dibawa kesana. harry dengan motornya mengantarku ke sini. malam hari kami ngobrol, main trombol, main gitar, dan dengerin musik sambil ngerokok starmild dan ngopi. aku terakhir tidur jam 12 malam lewat. pagi2 kami pulang

hari senin aku terlambat tapi dapat masuk lokal dengan selamat karena bu drita sedang keluar

hari selasa sepulang sekolah kenek bis kota marah2 padaku karena bergelantungan di pintu. aku diam saja

tadi pagi olahraga, lalu makan lontong. lalu motong rambut di tabing sama eko jr. kemudian tadi di sekolah sidiq dan eko buyun ulang tahun dan dilempari telur sama pl geografi bu iwil/ratna (telpon 59863). sidiq sempat marah2 karena sebelumnya bu ratna memarahi dia




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Thursday, April 22, 1999

11.20

dini hari nonton bola

bangun jam setengah sembilan. jam setengah sebelas ke rumah iswandi, lalu langsung ke sekolah. pulang sekolah menemani eko ke pasar beli kaset

tadi sempat kena marah sama guru biologi karena lama2 di luar




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Monday, April 26, 1999

07.30

sebentar ini aku bertengkar dengan ibuku masalah uang jajan. biasanya kalo sekolah uang jajanku 20.000 seminggu. tapi kalo libur cuma 500 sehari. aku memprotes dan berkata macam2. ibuku kelihatan jadi sedih. aku nyesel, katanya uang sisa itu ditabung buat uang kuliah kami atau buat modal usaha

hari sabtu aku nggak sekolah karena badanku kurang enak dan bibirku bengkak (sariawan mungkin) dan sampai sekarang masih ada

hari minggu aku bocor dan sekarang entah gimana. hari itu aku juga beres2 kamar ini. hari itu nyonya syarwan hamid datang kesini dan singgah di rumah ante




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Wednesday, April 28, 1999

13.30

tadi pagi aku main bola di simpang gia. anak smu 3 (I4 dan I3) vs anak smu 1 (katanya sih). kami kalah karena yang hadir cuma sedikit. lalu hari, aku, eko an, dona, abdi, dan ronal minum dan makan roti di tunggul hitam tempat kerabat hari

hari senin sore aku ke puskesmas. aku nggak tahu kalau di sekolah ada acara perpisahan dengan kelas tiga. acaranya pergelaran band. hari selasa baru aku sekolah




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Sunday, May 02, 1999

10.30

kemaren sore aku ke rumah om zami di subangek. tiba di jalan berbatu motorku mati. waktu aku hidupkan lagi terdengar letusan, rupanya businya lepas. lalu aku bawa dengan jalan kaki hingga ke rumah om zami. di sana motorku coba diperbaiki adiknya ante. rupanya dudukan businya udah lecet. lalu aku diantar pulang dan tiba di rumah apa yang menjemput motor ke sana

tadi malam izal ajis kemari. dia pulang sudah sekitar jam setengah sebelas malam. sebelumnya kami makan miso dulu




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Tuesday, May 04, 1999

19.30

rumah teta di seberang jalan sudah ditempati orang yang juga berjualan bunga

tadi aku nelpon hari

seharian di rumah, hujan lagi




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Sunday, May 09, 1999

21.00

tadi main2 di rumah hari di kalek. kami cuma main2, tugas kesenian belum selesai

kemaren masuk pagi terlambat. aku disuruh pulang sama pak pendi karena pakai baju kaus. tapi di luar aku buka. lalu aku dan ricky serta dua orang anak I 2 masuk diam2 dan tak ada guru yang mencegat




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Friday, May 14, 1999

tadi olahraga di stadion gor h. agus salim



wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Wednesday, May 19, 1999

07.00

hari senin aku ke kalek. bis kota tidak sampai ke sana. aku turun terus beli rokok, kemudian melanjutkan dengan bis kota lain. tiba di sana aku jalan hingga rumah hari. rupanya belum ada yang datang setelah aku tanya orang depan rumah itu. lalu aku ke wartel nelpon si hari. kata bapaknya ia sakit. jadi acara batal, lalu aku pulang

hari senin itu preman2 sini goro menimbun lobang jalan di muka rumah saya sambil minta sumbangan sama mobil lewat

hari hujan melulu

si boy sering nelpon ke sini (dua kali). si eko pernah sekali, tapi terputus. aku nelpon ke rumah si hari tiga kali, tapi terputus begitu ortunya manggilin si hari. maklum jalur di sini begitu

hari senin orang masang bendera golkar di daerah sini. di rumahku tak ada bendera yang dipasang

hari ini aku akan ke kalek lagi




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Friday, May 21, 1999

hari rabu aku bermalam di kalek. pagi hari aku sudah pergi ke sana tapi belum ada orang. lalu aku balik ke rumah. siangnya aku dijemput hari. yang hadir eko buyun, saya, hari, edo, abdi, iboy, dan teman hari si edo juga namanya. yang pulang iboy dan edo, selebihnya nginap. rokok siangnya dua bungkus, malam juga dua bungkus, makan mie. malamnya nasi kami cokelat karena tempat masak nasinya tak dibersihkan. kalo nggak main trombol, kami juga main song, atau mebaca, atau ngobrol2 saja. gitarnya orang sebelah yang dipinjamkan tidak enak bunyinya. aku baru tidur jam dua malam. bangun, shalat subuh, lalu membaca. pagi aku cuci piring. lalu aku dan abdi pulang naik bis. sedang tapeku diantar hari dan edo

akhir2 ini hubunganku dengan ibu kurang baik




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Monday, May 24, 1999

hubunganku dengan keluarga mulai agak baik2

nothing I can do... suntuk dech...!

hampir tiap malam di depan rumah ribut terus karena anak2 itu ngumpulnya di sana, apalagi malam minggu

kucin matanya sakit dan kabur. ia jadi nggak bisa cari makan. kerjanya cuma bermenung




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Wednesday, May 26, 1999

19.55

tadi aku pergi sama eko. kami janjian di tabing. hampir saja kami nggak ketemu. pertama kami ke rumah rozi, lalu ke pasar. eko ke seberang padang dan saya pulang. habis duit gua 4.000-an

si ar aways tampak tidak mau berteman denganku. waktu aku lewat di depannya ia acuh saja

kemaren aku dan izal ajis ke rumah idef




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Thursday, June 03, 1999

09.40

tadi malam terjadi keributan di rm surya. bahkan david mengejar2 seseorang dengan pisau. untung tidak apa2. keluarganya mungkin punya masalah dengan pegawainya

kemaren malam pak am tidur di sini

hari selasa hari sama seorang temannya ke sini. temannya itu pintar main gitar. gitarku distelnya. dia minjam kasetku. katanya dia mau ke medan, tapi aku yakin dia bohong. masak ke medan bisa balik besoknya

kemaren sore aku, adik2ku, iwa, ican, didi, dan neno main bola di sawah




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Saturday, June 05, 1999

23.25

pulang jumat kemaren rombongan siar, arif, alex, dan teman2 nya tampak acuh saja sama aku

tadi aku dan izal ke rumah fuad. aku sedang tidur waktu izal tiba sekitar jam tiga sore. di bis kota ada copet. aku sempat ditanya sama mereka. di rumah fuad ibunya baru saja pulang kampung. fuad sedang main layang2 di lapangan smu 2. terus kami ke rumahnya, lalu ke gor, lalu saya dan izal singgah di rumah rozi takur. hari sudah maghrib, kami pulang dan sokarnya bekas anak mtsn dulu. tapi tetap bayar karena saya kurang kenal. lalu kami singgah di rumah idef. lalu jalan ke rumah izal, makan lotek di warung, shalat, lalu aku pulang. preman2 sudah banyak yang kumpul di sebelah sana, aku acuh saja




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Tuesday, June 08, 1999

10.00

kemaren orang pemilu. paginya aku ke tps, lalu aku dan toni bersepeda ke proja. anak2 main bola di sana, lalu pulang. siang kembali ke tps. sampai sore baru dimulai pemungutan suara untuk dpr. no 1 adalah pan, lalu ppp, golkar, pbb, dll




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Saturday, June 12, 1999

21.30

tadi sore aku dan izal ke rumah idef. pulang udah agak malam

aku bosan di rumah, nggak ada yang bisa dikerjain. apa sibuk kerja sendiri, ama juga




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Friday, June 18, 1999

19.30

hari senin, selasa, rabu, kamis, dan tadi aku terlambat terus tiba di sekolah

hari kamis sepulang sekolah kami mendubbing di rumah hari sampai maghrib. aku sampai sakit perut karena [mungkin maksudku tidak] makan, tapi masih ada saja yang bercanda2 berlebih2an ketika bekerja dan acuh tak acuh waktu bekerja. besoknya atau hari ini kami juga tidak sempat latihan dan untung saja pergelaran operet kami tadi berlangsung lumayan baik walaupun ada banyak kesalahan. sore baru pulang. shalat jumat di khatib, makan di sekolah




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Saturday, June 19, 1999

19.30

tadi pagi aku terlambat dan nggak sekolah. aku bersama eko jon ke pasar, membaca, lalu beli kaset, lalu pulang. aku balik lagi ke sekolah, eko tidak karena badannya kurang sehat. di bis aku dikompas preman, topiku sempat diambil tapi aku dapat lagi. uangku tidak didapatnya, lalu aku nontong pagelaran di sekolah. pulang sudah lewat maghrib tiba di sini

gitarku masih tinggal di rumah hari dan katanya hari senin kami jemput... shit!




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Sunday, July 04, 1999

19.15

ujian sudah selesai

tadi di sekolah classmeeting. aku merasa kurang begitu pergaulan di sekolah. waktu itu yang datang ke sekolah anak I 3 cuma firman, etler, boy, edo, dan ronal. aku pun nggak ikut main, cuma liat2 dan mondarmandir saja

malam minggu aku dan adikku semalaman di warung siil balas. kami makan itik curian. aku beli rokok a mild sebungkus dan habis agak setengah. setengah lagi aku beri yang lain. jam tiga pagi aku ke rumah ante untuk tidur




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Tuesday, July 06, 1999

17.00

aku suntuk seharian di rumah, nggak tahu apa yang mau gua kerjain. lampu mati lagi

kemaren aku pergi ke sekolah tapi nggak jadi bagi2 uang. sudah lama aku nati di warung babe, duduk2 di depan sama anak2 I 3 lainnya. guru sedang rapat dan diundur hingga jam 12.00, lalu diundur lagi hingga jam 13.00. rupanya nggak jadi juga, lalu kami pulang saja




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Wednesday, July 07, 1999

09.00

tadi aku tidur di rumah aul. malam aku ngerokok rokok gp. aku juga bawa kaset

tape gw belum juga diperbaiki




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Saturday, July 10, 1999

12.00

kemaren malam jam sembilan aku ke lapau siil. nggak ada anak2 yang lain, cuma siil dan ayahnya. setelah bicara2 sebentar aku balik pulang. tiba di simpang bypass aku ketemu miza, siim, siis, imet, dan toni yang menjual kelapa ke surya indah. miza dan siim menjemput aku untuk tidur di lapau siil. aku bawa gitar. mereka sempat dikejar preman sini karena disangka maling. setibanya di lapau siil ternyata siil dan ayahnya sudah tidur. kami balik ke rumahku untuk ambil kaset dan lampu. lalu kami lewat bypass (beli rokok panama), lalu ke rumah miza. kemudian kami bertiga beli mie di lapau iboy. di sana kami bertemu simu dan gema yang diantar bang amat. gema bertanya siapa aku (mungkin ia nggak kenal atau cari lawan), lalu kami masak mie di rumah miza. di rumah miza rupanya bantal dan kasurnya dibakar api rokok dan asapnya sangat banyak. kami mulanya tidak sadar karena kami kira cuma asap rokok kami. tapi banyak sekali, mataku jadi pedih. kasur dan bantal miza jadi rusak. lalu kami makan sambil ngobrol setelah madamin api di kasur dan bantal. tak lama kemudian baru kami tidur. paginya hidungku ingusan, sekarang masih juga. siil datang pagi itu, bola lampuku kutinggalkan di rumah miza

hari kamis aku juga tidur di rumah aul. sekarang tidur di bawah. aul baru pulang tengah malam (dia maen di lapau uwan). hari itu ante nelpon dari bandung. hari itu juga aku nerima rapor, dan rangking sembilan




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Friday, July 16, 1999

kemaren aku ke padang panjang. aku berangkat siang2 sedang hari hujan. duitku cuma sepuluh ribu. duitku ditambah lima ribu oleh apa, kemudian aku berangkat dengan izal. tiba di sana udara amat dingin. aku kurang akrab dengan sebagian teman2 izal, namun dengan beberapa orang aku akrab. penyakitku kambuh di sana. waktu pulang aku juga payah karena ingusku keluar terus sedang sapu tangan tinggal di padang panjang




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Sunday, July 18, 1999

09.00

hari minggu kemaren (11/7) miza datang ke rumah menjemputku untuk nonton bf di lubuk buaya. tapi aku masih kurang sehat. rupanya mereka nggak jadi nonton hari itu. mereka nonton bf hari senin di sungai lareh. hari senin aku juga keluar malam. mulanya ke lapau siil, terus ke rumah siim. yang lain tidur di rumah siim sedang aku tidur di rumah aul. hari selasa aku dan siim ke lapau siil menjemput gitar. setelah duduk2 di sana lalu kami pulang. sorenya hari itu izal datang kemari ngajak aku ke padang panjang




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Wednesday, July 21, 1999

16.00

tadi siang pulang sekolah aku ke pasar. aku ditanya sama anak stm muhammadiyah (satu orang): dimana aku tinggal. rupanya ia kenal dengan budi dll. lalu ia minta duitku 500 untuk beli rokok. waktu itu di sana juga banyak anak bola di belakang beraksi. di pasar aku, eko, dan yang lain pergi ke go (tempat les). eko mendaftar di sana, juga ronal dan yang lain. lalu kami pulang

aku di lokal II 3, yang jadi ketua si alfred

kemaren aku terlambat tapi masih bisa masuk, pulang aku menemani angga beli topi

tadi aku juga terlambat dan membuat pernyataan di kantor untuk tidak terlambat lagi. aku sempat ditampar (lambat) oleh pak ali karena ia menuduh aku duduk2 di luar sehingga terlambat padahal tidak




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Thursday, July 29, 1999

19.19

aku masih sering terlambat. tadi juga, kemaren juga, sudah dua kali aku manjat lewat belakang (selasa dan kemaren). senin lewat belakang, tas aku tinggal di temapat bude. jam istirahat baru aku bawa masuk

hari senin ada tiga orang anak baru yang masuk. besoknya dua orang lagi dari daerah

ada anak II 2 (namanya aku nggak tahu) yang aku suka. rasanya lain saja kalo tatap muka sama dia [dua buah gambar kecil love]

tadi aku maen bola di tunggul hitam. si ajo nampaknya marahan sama aku. mungkin gara2 kejadian di pustaka (aku nggak mau berikan dia buku sosiologi). gimana caranya ya damai sama dia. ada juga anak II 1 yang sombong. aku nggak bisa terlalu banyak lari. perutku jadi sakit dan nafas sesak




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Saturday, July 31, 1999

17.20

tadi kami (kelas II 3) menjurit anak baru. mereka kami tuduh penyebab alfred kena panggil (padahal hanya kami buat2). empat orang cewe dan tahmid kami suruh berdiri di depan kelas. tahmid sangat sulit dikuasai. beberapa kali kami bertengkar dengannya. bahkan ia sempat mau pulang tapi kami tahan. azis sempat pula menggertak tahmid dengan hapus papan. cewe2 kami kembalikan uangnya tapi mereka tak mau. akhirnya setelah bersitegang selama dua jam pelajaran (menjelang keluar main) tahmid yang mulai mencium lantai. lalu ia sempat menyuruh cewe juga dengan kasar, aku sempat menghentikan. cewe2 pada menangis namun mereka pun pada akhirnya mencium lantai. lalu kami semua minta maaf kepada mereka. seru... coi!




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Sunday, August 01, 1999

07.32

tadi malam eko ke sini, lalu ia pulang. ternyata ia balik lagi sama arif dan alex. mereka minjam kaset. arif juga membuat surat minta maafnya sama ningsih di sini. rokok kami surya (alex yang beli). jam dua belas mereka pulang

19.32

tadi siang aku, aan, dan aul ke rumah tekmas (pesta perkawinan teta). kami naik mobil langsung (oto putih), tidak naik bis kota. di sana kami cuma duduk bermenung dan makan. kurang asyik




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Tuesday, August 03, 1999

18.00

kemaren sore anak II 3 maen bola di simpang gia vs anak II 5. kami sudah lama menunggu. selama menunggu saya merasakan pergaulan yang membeda2kan. jam enam kami baru main. II 3 kalah 2-1. tapi baru satu babak. waktu mau pulang aku jatuh di dekat rel kereta api di trotoar jalan

malam eko buyun maen ke sini

saat ini mataku sedang sakit dan sedikit bengkak




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Wednesday, August 04, 1999

15.10

tadi aku, roni, tahmid, irfanul, kawan tahmid, serta anjang dan trio latihan band di lapai. aku megang gitar, roni vokal, tahmid drum, kawan tahmid gitar. sedang bass cuma tahmid yang bisa, irfanul tidak. tahmid dan roni juga bisa gitar, irfanul juga. drum juga cuma tahmid yang bisa. tadi latihan masih kacau




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Sunday, August 08, 1999

19.10

tadi sore siis dan toni maen ke sini

tadi siang eko yang ke sini

suntuk seharian di rumah hari minggu

aku sekarang ada feeling sama anak baru yang namanya esa. keliatannya ia juga liat2 sama aku, tapi aku masih belum berani. ada juga orang sini yang aku have feel to her but I dont have power to love a girl... why? esa itu pulang sendiri saja. tapi belum berani menyapanya, apalagi menemaninya. baron dan beberapa orang lain tampak juga suka sama esa. aku jadi cemas juga takut didahului... he?




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Monday, August 09, 1999

14.35

tadi takur cerita sama irfan kalo aku suka sama esa. irfan pun mengatakan akan membantuku. tapi aku menolak karena aku belum berani. si mul juga tahu. entah apa irfan bisa pegang rahasia

aku sekarang nggak suka sama sikap iboy. ia nampaknya pemilih teman. dia mengajakku ke II 5 menemui edo, tapi dia dan edo yang pulang sama2




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Friday, August 13, 1999

12.45

saya rasa esa masih suka sama saya. tadi dia pindah duduk ke bangku di sampingku. tapi aku nggak berani bicara sama dia. aku nggak tahu apa yang harus kukatakan. irfan menertawakan aku karena ia tahu aku suka sama esa

tadi aku nggak terlambat (jarang2nya lho!)

perutku tadi terasa sakit. tapi aku nggak mau makan, takut jadi buang air besar nanti. waktu pulang juga. tiba di rumah aku langsung makan. aku nggak shalat jumat




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Sunday, August 15, 1999

07.20

kemaren waktu sepulang sekolah, cewe II 4 itu panjang kali lihatnya sama aku. aku jadi gr dan menyembunyikan wajah dari dia. ketika kutatap wajahnya seolah2 ia bilang mau mengajak aku pergi berdua. lama juga baru ia pergi. waktu ia berdiri di pintu, aku bersandar di meja dekat pintu, kemudian duduk di meja di antara dua orang. Im confuse think about this. cewe mana yang musti kupilih, si esa atau anak II 4 itu (aku belum tahu namanya). lagipula aku masih belum berani untuk pacar2an. aku bertekad menyelesaikan sekolah dan kerja. tapi tatapan mereka make me falling in love. I pray to Allah swt to give me petunjuk. kepalaku jadi pening mikirinnya

malam minggu aku balanjuang di lapau siil. aku juga ikut menangkap belut. aku jadi kedinginan dan urat2 nadiku menegang. tadi waktu aku pulang ada mobil dengan kecepatan tinggi ke teluk bayur. salah seorang penumpangnya mencaruti aku dan idef. sedang siim, miza, dan tomas di belakang diludahinya (tapi tidak kena). aku jadi sakit hati juga




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Monday, August 16, 1999

14.20

anak II 4 itu aku masih belum berani mendekatinya. padahal ia sering duduk di depan lokalku bersama teman2nya. dia pun tadi waktu berpapasan denganku waktu pulang tampak putus asa saja melihatku. Im sorry babe

hari minggu ulang tahun di rumah irni di tabing




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Tuesday, August 17, 1999

06.37

semalam aku di perkemahan smu 3 di subangek. ari dkk datang kemari. dua motor vespa dititipkan di sini. kami berjalan ke sana. iwan berok juga pergi ke sana, ia juga membawa dua orang temannya. di sana aku tidak begitu banyak mengenal orang, jadi aku hanya berputar2 saja ke sana kemari dengan kawan iwan. atau duduk saja. ari dkk sibuk pula dengan urusannya. semalaman aku tidak tidur hingga pagi ini. senar gitarku putus di sana




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Thursday, August 19, 1999

15.45

ketika aku tanya pada eko jr tentang anak II 4 itu, eko bilang namanya elfi dan ia dekat sama pak maisondra. aku hanya bilang sama eko kalo pak maisondra itu kristen. eko bilang elfi itu sudah ada yang punya, jadi aku patah semangat jadinya. tapi nggak apa2 lah

tadi aku, eko, pian, dan penta cabut. pertama kami ke biliar. di sana kami ada masalah dengan pemilik biliar. dia marah2 karena kami, terutama aku, nggak pandai main. terus kami ke gor. di sana kami bicara dengan orang yang setengah gila, ngomongnya ngelantur terus




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Saturday, August 21, 1999

23.00

kemaren menjelang jumat aku bertengkar dengan adik2ku dan juga apa...! pake maen tangan segala...

tadi eko, iwan, ican, dan tomi main ke sini

esa......................... Im sorry.......................




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Monday, August 23, 1999

19.46

minggu all of the time at home, sleep, wash, clothes...

tadi aku maen bola ke tunggul hitam. aku datang terlambat. kepalaku pusing, aku minta diantar imul pulang ke sini. di sana aku menggoda anak II 2 yang bernama ade (kalo nggak salah). sekarang aku serba salah juga, bagaimana kalo kami bertemu di sekolah. si ade itu temannya anak II 4 itu, yang juga temannya si irni...




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Friday, August 27, 1999

19.30

this is still about girl. aku masih belum berani mendekati mereka, baik esa maupun anak II 4 itu. hari2 terus berlalu, pikiranku masih menerawang pada mereka. tadi si elfi itu berdiri di pintu lokalku, aku di dalam, dia kelihatannya memandang dengan kosong. ya... gimana... sih!?




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Tuesday, August 31, 1999

20.00

aku masih suka saja sama anak II 4 itu, tapi aku masih belum berani mendekatinya

hari senin aku maen bola habis2an di tunggul hitam lawan anak II 2. main imbang 2-2. suporter cewe II 3 banyak yang datang memberi semangat

hari senin aku masuk bk gara2 terlambat sudah sering. aku disuruh panggil ortu tapi masih belum aku bilang sama ama dan apa




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Wednesday, September 01, 1999

19.15

polisi sekarang sering razia. kemaren di polsek padang utara, tadi di minang plaza. aku juga digeledah (waktu pulang olahraga). banyak yang ditangkap, ada satu mobil patroli sudah penuh. di sana selain preman2, poyok2 juga ditangkap. banyak orang yang melihat

tadi waktu jam istirahat habis aku jajan roti di kafe. si anak II 4 itu juga datang kemudian. aku rasa dia lihat aku ke kafe. aku coba mandang dia tapi aku nggak berani bicara. si sp sekarang tampak ingin mendekati aku sebagai teman. waktu jajan tadi ia duduk di sampingku. tapi dia nggak bicara apa2? aku juga nggak tahu apa yang mau aku bicarakan. mungkin dia kira aku ini anak punk. melihat gayaku mungkin. esa gimana ya...? pusing!!




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Saturday, September 11, 1999

17.30

tadi aku dipalak sama anak sma lain (mereka teman2nya anak smu 3 bekas smp 25). hampir aku dipaksa tapi aku disuruh pergi oleh seorang dari mereka. di sana juga ada harry, baron, dll tapi mereka diam saja. nggak kompak smu 3 sama sekali

aku masih punya feeling pada anak II 4 itu. tapi sampai sekarang I have not to talk with her. aku nggak punya keberanian and I dont know what should I to say. sementara di lokal pii masih sering memasangkan aku sama si esa. aku sih juga suka sama dia, tapi ada yang lain di hati es, Im sorry. sekarang aku sering becanda dengan si yani pegi. aku memboloki dia sama ari "primus" wardhana. ia malah balas memboloki aku sama suci. tadi malah lena ikut2an bilang sama esa kalo aku kirim salam. sekarang ini aku hanya banyak bermain di lokal saja, waktu istirahat misalnya. aku sekarang tidak terlalu dekat sama anak2 lokal lain (preman2 itu). aku senang sekolah biar everyday see that girl but I have not studying dengan baik. kepala sering pusing. entah apa sekarang motif aku sekolah?




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Saturday, September 18, 1999

19.00

malam hari senin aku bertanggang di pondok iea. nungguin durian sama siim, miza, iwa, siis, dan idef

tadi untuk pertama kali si esa ngomong sama aku. waktu itu akan ulangan matematika. dia minta aku nunjukin dia. juga waktu yani ngomongin aku sama suci, esa bilang agar aku terima saja. gimana nih, aku sebenarnya suka juga sama si esa. tapi aku lebih suka anak II 4 itu (pandangannya sayu... men). sekarang rasanya ia tidak begitu memperhatikan aku lagi, gimana yach...

lokal II 3 rasanya sekarang kurang begitu kompak. hari kamis (jam terakhir-sejarah sama guru pl) si yu berkelahi sama baron. aku juga muak sama sikap baron akhir2 ini. terlalu berlebihan kalo bicara. alfred sekarang juga sudah mulai kelihatan sifat aslinya, individualis amat. toil, azis, tahmid, itu lain pula gayanya. irfanul juga, trio begitu juga, selain itu mungkin yang masih senang aku punya teman sama2 anak II 3




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Wednesday, September 29, 1999

13.10

sekarang aku sering dijodoh2kan dengan suci oleh teman2. aku sebenarnya tidak mau, tapi aku nggak bilang terus terang. takut aku kalau si suci jadi tersinggung. aku masih [gambar love] anak II 4 si elfi itu. apa dia masih have feel atau udah punya pacar lain, aku nggak tahu. tadi ia pulang cepat karena sakit perut aku lihat. ingin rasanya bantuin, tapi aku pura2 acuh saja. aku benar2 nggak bisa ngomong sama tuh cewe

aku sudah mulai ngerokok lagi kini. kemaren aku beli starmild sebungkus




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Sunday, October 03, 1999

19.30

malam minggu aku tidur di lapau siil

sabtu pulang sekolah aku ke rumah ronal, terus balik ke sekolah, lalu ke rumah takur, lalu pulang

sabtu waktu pergi sekolah di bis kota aku dicaruti seseorang. ia orang ikur koto, teman ronal gadung. aku diam saja




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Wednesday, October 06, 1999

13.30

kemaren dalam keadaan demam aku pergi juga sekolah, karena nanti mau latihan di renat. paginya sih agak mendingan tapi di sekolah badanku makin lama makin panas. namun aku paksakan juga pergi latihan siang itu. latihannya juga agak kacau, karena saya nggak begitu mahir main pakai kunci tagak. kemudian kunci juga nggak hafal, melodi nggak ada yang bisa. saat itu yang main aku, panul, tahmid, ronal, dan ajis




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Sunday, October 10, 1999

07.10

aku sakit lagi sejak hari rabu sampai sekarang. kamis, rabu, sabtu aku tempo. sejak selasa sebenarnya aku sudah agak demam juga

hari kamis waktu aku beli lotek di bypass, anak smu 7 yang tinggal di pagai itu ngelihat tajam sama aku dari lampu merah. aku mesti gimana ya, cewek lagi nih?




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Friday, October 22, 1999

09.00

kemaren pagi kucing induk (wawau) mati. kucing ini amat kusayang sekali. dari dulu, sejak mtsn atau mungkin sudah sejak sd ia sudah ada di rumah ini. aku sedih sekali ia mati. kucin sudah lama matanya buta. sudah empat atau lima bulan ini. dulu sewaktu mulai sakit mata, ia masih sering juga keluar cari makan. tapi akhir2 ini ia hanya mengharapkan makanan yang kami berikan. dia hanya di rumah seharian. bahkan sering membuang kotoran di rumah. beberapa hari belakangan ini ia kelihatannya juga ada sakit perut. muntahnya waktu itu berisi cacing (kira2 dua atau tiga minggu yang lalu). dan ia juga kelihatannya sudah takpunya nafsu makan atau berjalan sejak kemaren. setelah ia mati aku baru tahu kalau ia muntah (mungkin) di ruang tamu (banyak sekali, mungkin semalam). malam itu kucin ada di bawah meja ruang tamu. lalu aku bawa ia keluar (takut ia membuang tahi lagi di rumah). ia sempat muntah2 di luar. lalu kucin cuma duduk saja di atas lantai. biasanya ia akan menurut aku masuk lagi ke rumah. tapi ia hanya diam saja duduk. menjelang tidur aku lihat ia keluar (untuk memasukannya lagi ke rumah). tapi ia nggak ada... besok paginya ia kudapati sudah tergeletak di tempat kemaren ia duduk. kucinku yang kusayang... wawau [gambar kucing] semoga inilah yang mengakhiri penderitaannya




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Tuesday, November 23, 1999

19.30

aku sudah sakit sejak sabtu kemaren. hari jumat malam kamil datang kemari, lalu aku ajak maen keluar. gara2 itu besoknya aku nggak sekolah karena flu. tapi malamnya aku juga keluar rumah, hingga besoknya sakitku makin menjadi. dan sejak minggu malam, aku sudah mulai sesak nafas. hari senin aku benar2 menderita, rasanya pengen mati deh. aku menanggung sendiri sakitnya sesak napas. untung ke puskesmas aku diantar apa. di sana aku benar2 susah menahan sesak napas. sekarang aku sudah mulai baikan




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Friday, November 26, 1999

11.30

kemaren aku mulai sekolah. tapi selesai jam biologi aku pulang dan ke puskesmas. sekarang aku mulai merasa baikan lagi




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Sunday, November 28, 1999

21.30

hari jumat aku pulang hujan lebat sekali. untung malamnya aku tidak terlalu parah sakitnya. pulangnya aku susah sekali, untung selamat. dingin brrrrrr...

hari sabtu aku rencanya sekolah jam pertama dan ke dua saja, aku cuma bawa buku satu. akhirnya aku baru bisa keluar pada jam ke tiga, karena ada anak siang yang mau keluar. malam minggu aku juga keluar untuk jemput gitar. tapi jadi kelamaan padahal aku masih demam




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Thursday, December 02, 1999

15.35

kemaren aku dijemput oleh toil dan ajay ke rumah untuk maen bola lawan anak I 3 di simpang gia pagi hari. waktu itu hari hujan2 dikit aku jadi malas pergi. tapi rupanya mereka datang menjemput, terpaksa aku pergi. walau aku cemas penyakitku bisa kambuh. waktu itu aku baru bangun tidur ketika mereka panggil aku. orang di rumah tidak ada pula, terpaksa rumah kukunci saja. di sana aku baik2 saja. aku jadi kiper, kami menang. pulangnya aku naik kendaraan umum. celanaku amat kotor. naik bis kota stokarnya nggak minta ongkos sama aku. mungkin karena ia kira aku orang bagak, atau aku mungkin dikira gembel. atau mungkin ia lupa minta ongkos. ke dalam di tabing aku cuma duduk di tepi saja. waktu itu aku papasan dengan irni

si yani dan nia rupanya tahu hari ulang tahunku. mereka tanya: aku mau diberi hadiah apa. aku jadi serba salah. takut juga aku kalo mereka sampai melempari aku dengan telur... iih...!

hari selasa pagi aku ke rumah tahmid. di sana sudah ada panul, trio, azis, dan ronal. rencananya kami mau latihan lagu yang dibuat tahmid, tapi jadinya cuma main2 saja. waktu tiba di sana aku diketawain sama orang karena nggak bisa buka pagar. padahal pagarnya tidak dikunci. odoy bana deh...




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Saturday, December 04, 1999

18.59

tahmid tu kadang2 sombong juga orangnya. hari jumat aku lihat dia di lapau amak lalu aku nanti, rupanya ia jalan duluan dengan si tomi. saat itu si suci juga turun dari bis kota, jadi aku susul saja mereka berdua




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Monday, December 06, 1999

19.30

tadi waktu jam biologi ibuk nggak ada. orang2 cuma pada ngerumpi. si esa duduk sendirian di belakang, tapi aku nggak berani ngomong sama dia. si mul bahkan maksa aku ke tempat si esa. aku sekarang jadi nyesal juga. waktu pulang ia tampak marah sama aku. waktu pulang aku ke permindo, lalu ke sipp fm buat cari buku gitar. tapi nggak dapat




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Tuesday, December 07, 1999

18.58

tadi aku sudah ngomong sama esa apa ia marah pada saya. tapi dia bilang tidak, dan senyumnya itu manis lho... tapi aku cuma sebentar ngomong sama dia (aku nggak pandai ngomong serius sama cewek, kalo nggak sudah dari dulu... men!). kemudian aku bayar uang lks sama enit. lega sudah perasaanku, ternyata dia nggak marah sama aku. salah tingkah juga aku tadi ngomong sama dia (memberanikan diri aja... bung!)




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Wednesday, December 08, 1999

19.10

tadi aku latihan di garis langit (sakit palaku...). pergi ke sana pake taksi lho, main nggak bener

waktu pulang (mau pergi ke garis langit) di khatib juga ada si esa. tapi aku acuh saja. habis aku nggak tahu harus ngomong gimana sama dia. mudah2an dia nggak marah sama aku. di sekolah aku juga pusing datang duluan. cewe2 itu yang pada nurut aku untuk salaman. aku cuma duduk saja. kampud marah2 sama aku karena bukan aku yang nurut mereka

tadi aku dan eko nurut izal ke ikur koto, lalu kemari jalan kaki. kami cuma duduk2 saja lihat orang balimau sambil maen gitar

besok puasa!




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Thursday, December 09, 1999

04.34

aku selesai sahur pertama di ramadhan 1420 h ini. aku nulis sambil dengerin lagu november rain

aku sekarang kesal dengan ama. uang belanja cuma dikasih 1.000 sehari. biasanya aku beli koran, sekarang nggak bisa. mana cukup. terpaksa aku keluar rumah yang cuma pergi tarawih dan uang seribu itu untuk jajan. aku jadi kesal bener, padahal sekarang bulan puasa




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Sunday, December 12, 1999

11.04

kemaren aku tidur di lapau siil. ada siil, idef, dan acua. kami ngomong2 aja sampai pagi. kira2 jam tiga lewat baru kami makan mie untuk sahur. pagi aku tidur, idef juga; sementara siil dan acua pergi asmara subuh. jam tujuh baru aku pulang

hari jumat aku ngerekam kaset cranberies di rumah eko pake tip udanya




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Monday, December 13, 1999

08.55

sejak kemaren badanku udah nggak enak. gara2 keluar malam mungkin. padahal malam minggu aku cuma sebatang merokok. apa mungkin aku sakit lagi?




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Tuesday, December 14, 1999

19.04

tadi aku dan kamil putar2 di pasar. pertama2 kami nonton di padang theater. lalu baca buku di sana. lalu aku beli kaset dan kami pulang




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Thursday, December 16, 1999

08.10

tadi malam aku juga tidur di lapau siil. pulang jam 1/2 empat buat sahur dengan siis. miza udah pulang




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Monday, December 20, 1999

19.01

11 hari jelang tahun 2000

bulan puasa ini aku kebanyakan hanya tidur di rumah. kadang eko siang2 datang kemari atau aku main ke rumahnya. malam biasanya main2 sebentar dengan eko selesai tarawih lalu pulang




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Sunday, December 26, 1999

19.30

malam minggu aku, eko, siil, siis, miza, beben, dan iwa balanjuang di lapau siil. kira2 jam sebelas kami terlebih dahulu mencari belut di sawah. lalu kami maota2 saja lagi sampai jam tiga. baru saya dan siis beli nasi sayua di surya indah. aku pulang udah pagi aja

hari sabtu aku dan eko sore2 duduk di tempat lobrik (berok) waktu aku dan eko mau ke tempat ucok. tapi ada teman ijel yang maksa kami kesana karena aku bawa gitar

kesehatanku terasa masih rawan. sedang tidur siang terkadang aku merasa panas dingin saja badan ini




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Tuesday, December 28, 1999

19.35

empat hari menjelang milenium ke tiga coy...!

kemaren malam aku, siil, idef, acua, miza, dan doni nonton di rental cd. acua didatangi kakaknya waktu ia di lapau siil. aku kira itu cuma temannya. kakaknya menyuruh ia untuk pulang ke pulai




wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Date: Wednesday, December 29, 1999

13.22

kemaren malam jam sembilan aku ke lapau siil; lalu aku, siis, dan miza mencolok di sawah karena hari itu gelap. asyik juga mencolok kemaren. kami dapat limbek dua ekor, ruting satu, belut2, dan ikan2 kecil. kami sahur kira2 jam dua di lapau siil. di sana juga ada beben. aku, miza, dan siis selesai mencolok juga pergi beli sate sebungkus lalu kami makan di banku depan mieso mas no