Senin, 22 September 2008

MUTIARA KATA

"Kerajaanku tidak ada di Bumi" (Isa a.s)

Kebencian tidak akan pernah berakhir dengan kebencian lagi, melainkan dengan cinta. (Buddha)

Cinta sejati adalah menenangkan, seperti sinar matahari setelah hujan. (Shakespeare)

"Arbeit macht frei" [kerja membuat merdeka] (Tulisan di kamp Auschwitz I)

"Annisa siwaha katsirah" (Ali bin Abi Thalib)

Bagaimana jawab Muhammad kepada Tuhannya sekiranya ia menghadap-Nya sedangkan ini [sejumlah harta] masih ada di tangannya? (Muhammad)

Manusia sesungguhnya adalah apa yang ia pikirkan di dalam hatinya. (Nabi Daud)

Pertama mereka tidak mempedulikanmu, lalu menertawakanmu, lalu mereka berkelahi denganmu, dan kamu menang. (Mahatma Gandhi)
Saya tidak tahu kunci sukses, tetapi kunci kegagalan adalah mencoba menyenangkan setiap orang. (Bill Cosby)

Kalau Anda mengajarkan sesuatu kepada seseorang, dia tidak akan pernah belajar. (Bernard Shaw)

Gerilyawan menang jika mereka tidak kalah. (Henry Kissinger)

Seorang pemenang mengikuti filosofi empatik, "jangan lakukan terhadap orang lain apa yang Anda tidak ingin mereka lakukan terhadap Anda"; seorang pecundang mengikuti filosofi kerdil, "lakukan terhadap orang lain sebelum mereka melakukannya terhadap guwa." (Anonymous)

Pengantin perempuan yang menangis kelak akan menjadi istri yang tertawa, sedangkan pengantin perempuan yang tertawa bakal menjadi seorang istri yang menangis. (Peribahasa Jerman)

Seorang pecundang tak tahu apa yang akan dilakukannya bila kalah, tetapi sesumbar apa yang akan dilakukannya bila menang. Sedangkan pemenang tidak berbicara apa yang akan dilakukannya bila ia menang, tetapi tahu apa yang akan dilakukannya bila kalah. (Eric Berne)

Setelah memenangkan perdebatan dengan istrinya, hal paling bijaksana yang dapat dilakukan seorang laki-laki adalah meminta maaf. (Anonymous)

Wanita lebih cepat daripada pria dalam menangis dan dalam mengingat peristiwa yang menyebabkan dia menangis. (Anonymous)

Wanita secara alamiah menipu, menangis, dan membuat pusing. (Peribahasa)

Tuliskan kekhawatiran Anda di atas pasir. (Anonymous)

Jangan lakukan semua yang Anda bisa, jangan belanjakan semua yang Anda punya, jangan percaya semua yang Anda dengar, dan jangan mengatakan semua yang Anda tahu. (Peribahasa Cina)

Mereka yang berkuasa harus mendengar dan bersikap tuli, harus melihat dan bersikap buta. (Peribahasa Jerman)

Siapa diri Anda sebenarnya terdengar begitu keras di telinga saya sehingga saya tidak lagi dapat mendengar apa yang Anda katakan. (Emerson)

Anda harus memiliki sasaran jangka panjang untuk menghindarkan Anda dikecewakan oleh kegagalan jangka pendek. (Charles C. Noble)

Banyak orang membuat kesalahan yang sama dengan menganggap kegagalan sebagai musuh kesuksesan. Anda seharusnya menganggap kegagalan dapat mendatangkan hasil. Teruslah maju dan buatlah kesalahan. Berbuatlah sebanyak mungkin. Ingat disitulah anda menemukan kesuksesan. Di penghujung kegagalan (Thomas J Watson)

Jangan menilai pahlawan dari sukses atau gagal. (Roman Tiga Kerajaan)

Hal paling menyakitkan adalah memiliki banyak pengetahuan namun tak memiliki cukup kekuatan. (Heroditus)

Mengajari orang lain itu sama dengan belajar dari orang lain. (Drs. Putu Sedana)

Jika telah dirancang dengan teliti dan diatur dengan rapi, dan dilaksanakan dengan efektif, namun tetap gagal, maka kegagalan itu menandakan perubahan, dan dengannya terbuka peluang. (Peter Drucker)

Kegagalan dapat dibagi menjadi dua sebab: orang yang berpikir tapi tidak pernah bertindak dan orang yang bertindak tanpa pernah berpikir. (W A Nance)

Orang-orang yang gagal dibagi menjadi dua; yaitu mereka yang berpikir gagal padahal tidak pernah melakukannya, dan mereka yang melakukan kegagalan dan tak pernah memikirkannya. (John Charles Salak)

Kesuksesan adalah guru yang jelek. Ia menggoda orang cerdas untuk berpikir bahwa mereka tidak dapat gagal. (Bill Gates)

Kesuksesan memiliki banyak ayah, tetapi kegagalan adalah anak yatim. (Peribahasa Amerika)

Kita belajar kesuksesan lebih banyak melalui kegagalan daripada melalui kesuksesan. Kita sering menemukan apa yang akan terjadi, dengan menemukan apa yang tidak akan terjadi; dan mungkin mereka yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah membuat sebuah penemuan. (Samuel Smiles)

Saya tidak membagi dunia dengan orang yang lemah dan kuat, atau orang sukses dan gagal. Saya membagi dunia dengan orang yang mau belajar dengan yang tidak mau belajar. (Benjamin Barber)

Lebih baik memberi jalan Anda kepada seekor anjing daripada digigit olehnya dalam pertarungan untuk memperoleh hak. Bahkan membunuh anjing itu tidak akan menyembuhkan gigitannya. (Abraham Lincoln)

Ketika berbuat tanpa pamrih, saat melakukan kebaikan tanpa berharap balasan apalagi keuntungan dari orang lain, saya memperoleh perasaan bahagia karena telah melakukan sesuatu untuk seseorang tanpa dia mampu melakukan sesuatu pun untuk dikembalikan kepada saya. (Dale Carnegie)

Jangan mengeluh tentang salju di atap rumah tetangga, apabila serambi depan Anda sendiri tidak bersih. (Konfusius)

Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. (Yesus)

Seorang yang berjiwa besar akan memperlihatkan kebesarannya dari cara dia memperlakukan orang kecil. (Carlyle)

Kebanyakan orang yang menjadi gila memperoleh perasaan penting dalam kegilaan mereka, sesuatu yang tidak mampu mereka peroleh dalam dunia nyata. Kalau saya mampu mengulurkan tangan dan mengembalikannya ke dunia nyata, saya tidak akan melakukannya. Dia lebih bahagia dalam kegilaannya. (Dokter Ahli Sebuah Rumah Sakit Jiwa)

Tidak ada yang saya inginkan dengan begitu besar selain makanan untuk harga-diri saya. (Alfred Lunt)

Jangan takut pada musuh yang menyerang Anda. Takutlah pada kawan-kawan yang menyanjung Anda. (Jenderal Alvaro Obregon)

Tersenyumlah, walaupun ketika sedang melakukan percakapan telepon. Karena senyum Anda akan terdengar dalam suara Anda. (Dale Carnegie)

Seseorang tanpa wajah yang tersenyum tidak boleh membuka toko. (Pepatah Cina Kuno)

Banyak orang yang mendatangi seorang dokter, padahal yang mereka butuhkan adalah seorang pendengar. (Reader's Digest)

Alasan mengapa muara dan laut menerima kehormatan dari seratus sungai di gunung adalah karena muara dan laut itu tetap berada di bawah mereka. (Lao Tse)

Setetes madu bisa menangkap lebih banyak lalat dari pada segelas empedu. (Pepatah Wong America)

Tiga perempat dari manusia yang akan pernah Anda jumpai merasa lapar dan haus akan simpati. Berikan itu pada mereka, dan mereka akan mencintai Anda. (Dale Carnegie)

Spesies manusia secara universal sangat membutuhkan simpati. Seorang anak kecil akan dengan bersemangat menunjukkan lukanya, atau bahkan sengaja membuat sebuah goresan agar dapat memperoleh sejumlah besar simpati orang lain. Untuk tujuan yang sama, orang dewasa juga suka melakukannya. (Dr Arthur I Gates, Educational Psychology)

Setiap orang yang saya jumpai adalah lebih baik dari saya dalam hal tertentu. Dengan cara itu, saya belajar tentang dirinya. (Emerson)

Anggaplah suatu kemampuan sudah nyata, kalau Anda tidak mempunyainya. (Shakespeare)

Anda dinilai berdasarkan siapa teman-teman Anda. Burung dengan bulu yang sama terbang bersama. (David J Schwartz)

Menjadi terluka adalah berharga jika kita belajar darinya. (David J Schwartz)

Lihat apakah Anda mempunyai kelemahan yang tidak pernah Anda lihat sebelumnya. Jika Anda mempunyainya, ambil tindakan untuk mengoreksinya. Banyak orang menjadi begitu terbiasa dengan dirinya sendiri sehingga mereka menjadi lalai untuk melihat cara-cara untuk memperbaiki diri. Mengkritik diri sendiri adalah konstruktif. Tindakan ini membantu Anda mengembangkan kekuatan pribadi dan efisiensi yang diperlukan untuk sukses. Menyalahkan orang lain bersifat merusak. Anda sama sekali tidak mendapatkan apapun dengan membuktikan bahwa orang lain salah. (David J Schwartz)

Hidup terlalu singkat untuk berpikir kecil dan berbuat hal yang kecil-kecil. (Disraeli)

Manusia yang agung adalah mereka yang mengetahui bahwa pikiran menguasai dunia. (Emerson)

Saya merasa kasihan kepada diri sendiri karena saya mempunyai sepatu yang butut; hingga saya bertemu dengan orang yang tidak mempunyai kaki. (Pepatah Kuna)

Dapatkan pandangan yang seimbang dan kembangkan sikap penuh pengertian mengenai orang lain. Banyak orang akan menyalak, tetapi jarang sekali yang benar2 menggigit. (Schwartz)

Sebelum melakukan petualangan fisik dalam hidupku, setidaknya ada petualangan bersama buku-buku. (Susan Sontag, Esais Novelis)

Pahlawan bukanlah para pemenang atas takdirnya melainkan mereka yang kalah tanpa pernah menyerah. (Ignas Kleden)

...kaji cara laut menimbun kesal... (Beni Setia)

Jika kita bisa berpisah dan menjadi teman baik, kenapa kita harus bersaudara tetapi siap membunuh? (Radhar Panca D)

Tidak semua orang pernah tertimpa musibah yang bisa mengguncangkan, lalu mendamparkan dirinya pada pertanyaan...bagaimana kita bisa keluar sejenak dari rutinitas keseharian yang membuat berbagai pertanyaan radikal mengenai diri sendiri akan terlewatkan... (Kurniasih)

Orang baik dan jahat punya kesamaan. Keduanya punya kesalahan. Tapi orang baik bisa mengakui kesalahannya dan belajar darinya. Orang baik kadang mendapat kesulitan tanpa melakukan kesalahan. (Potongan dialog dalam film Anne Frank)

Bila seseorang menderita waham, gejala itu akan disebut gila. Bila banyak orang menderita waham, gejala itu akan disebut agama (Richards Dawkins, Pakar Biologi, via g.m. [waham = tertipu berhala])

...alasannya akan meniru Jepang yang tak terikat Konvensi Bern sehingga bisa menjiplak seenaknya. Saat itu Jepang banyak meniru dan melakukan inovasi terhadap karya bangsa lain, seperti mobil dan karya tulis lainnya. Karena tidak terikat konvensi internasional, ia tidak mendapatkan sanksi. Sayangnya, setelah memutuskan keluar, Indonesia tak meniru usaha Jepang. Bangsa ini santai saja... (Eddy Damian, Gubes [guru besar] Unpad, pakar HAKI)

Anak itu (g.m.) memang terbiasa ikut bermain layangan bersama teman sebayanya, namun ia merasa ada sesuatu yang berbeda antara dirinya dengan anak-anak lainnya. Beda itulah yang membuatnya sudah mulai berpetualang dengan buku-buku, dan tak bisa kembali lagi selamanya untuk itu...buku-buku yang menginterogasi keyakinan-keyakinan kita yang sudah usang. Yang mempertanyakan, yang menggugat, yang mengajak kita berkelahi dengan kedunguan sendiri, yang menantang kita bertualang ke tempat-tempat, yang bahkan belum terpetakan, dan mungkin tanpa jalan pulang... (Tia Setiadi [Penikmat Buku] en gw otak atik redaksinya)