LAYANAN GPRS OPERATOR GSM

Banyak orang membuat kesalahan yang sama dengan menganggap kegagalan sebagai musuh kesuksesan. Anda seharusnya menganggap kegagalan dapat mendatangkan hasil. Teruslah maju dan buatlah kesalahan. Berbuatlah sebanyak mungkin. Ingat disitulah anda menemukan kesuksesan. Di penghujung kegagalan (Thomas J Watson)


setelah pengalaman kesulitan untuk mengaktifkan paket data telkomsel pagi ini dan pengalaman beberapa hari terakhir mencoba2 saluran gprs 3 dan axis, gw jadi pengen nulis tentang ini. pagi ini gw mencoba mengaktifkan paket data 5 mb kartu as gw dengan mengetik sesuai instruksi--baik pada buku petunjuk perdana terbarunya, maupun dari promo yang gencar terdengar--kata2 flash on 5k ke 3636. ternyata ditunggu beberapa saat status message gw ndak delivered. lalu aku ganti bunyi pesannya dengan flash on 5000. tetap tidak delivered. lalu kuganti dengan flash info. masih tidak. sekedar ketik flash (prosedur standar mengaktifkan gprs-nya mana tahu status layanan gprs kartu as yang kupakai ini belum aktif--kalo operator lain biasanya sih otomatis aktif), juga tak ada reaksi. akhirnya aku mengakses 3636 melalui nomor *116# dan jalan! kemudian aku coba lagi dengan cara kirim sms biasa untuk mengakses fitur 3636, ndak delivered lagi!

satu hal yang menarik dari ini adalah bahwa nomor *116# kulihat tidak tercantum dalam buku panduan perdana telkomsel terbaru yang baru kemaren kubeli (apalagi perdana as yang tanpa buku panduan coz tergolong kelas lebih bawah). dalam promo2 telkomsel lewat iklan ataupun billboard nomor ini rasa2nya jarang terdengar. padahal ada belasan atau mungkin puluhan nomor akses fitur2 telkomsel lain yang tercantum di buku petunjuknya, maupun yang dipromosikan lewat iklan. dan gawatnya hanya lewat nomor yang asing ini pulalah fitur paket data flash di kartu as-ku ini bisa diaktifkan. walaupun ujung2nya tetap saja mengakses ke 3636 tapi tetap harus melalui aktivasi dari *116# ini supaya bisa aktif! what happen?

saya lupa lagi bagaimana bisa mendapatkan nomor ini. mungkin dari info tambahan telkomsel tiap kali mengakses *888#-nya. yang jelas nomor ini ndak se-populer 888, 116, *999#, *100#, dan masih banyak lagi. pertanyaannya apakah telkomsel memang mempersulit akses untuk mengaktifkan layanan datanya? ada apa dengan beban jaringan data telkomsel? menariknya lagi serasa2nya guwa neh justru akses internet dengan telkomsel inilah yang paling cepat dibanding yang lain. bahkan produk indosat yang paling lawas. jadi, entahlah dan aneh?

kemudian ada hal menarik lagi dengan akses internet operator lain. salah satu provider yang juga murah tarifnya seperti indosat tanpa perlu berbelit2 registrasi macam telkomsel adalah axis. dulu saya membeli perdananya yang diobral di jakarta dan sewaktu mengakses internet disana dari browser di hp ndak ada masalah dan lumayan cepat. tiba disini saya melihat sinyal axis emang kurang baik di rumahku tapi akses datanya aktif. masalahnya, mungkin karena kondisi sinyal, leletnya minta ampun dan 99% gagal untuk mengakses (tapi terbukti kadang2 banget bisa juga, bahkan lewat browser kompi sekalipun). dan menariknya lagi ternyata pas gw cek pulsa saya dikenakan tarif berkali2 lipat lebih mahal dibanding tarif sewaktu mengakses di jakarta. sudah gagal loading, kena charge lebih pula. ada apa ini? apa layanan akses gprs axis mengenal roaming jadi gw harus beli perdana yang nomor padang agar dapat tarif normal?

begitu pula ketika mencoba gprs 3. sinyal 3 di rumahku yang pinggir banget kota ini lumayan normal. dan dulu seingatku terbukti bisa, biasa, dan bahkan lebih cepat dari telkomsel (karena mungkin masih jarang yang make). cuma tarifnya yang jauh lebih mahal saja yang membuat aku jarang memakainya. tapi pas coba yang kemaren ini--dan ini nomor padang yang baru kubeli obral di pasar raya--ternyata gagal loading mulu juga macam axis (tapi terbukti aktif karena kadang bisa masuk). biasanya loading yang lebih gampang itu--baik untuk axis ataupun 3--adalah ketika membuka situs tanpa akses password atau cookies (dan dengan server proxy semacam menggunakan browser mobile ucweb dan opera mini). dan gw juga udah mencobanya jam2 tengah malam, tetep sami mawon. jadi ada apa ini? ada apa dengan layanan data operator seluler kita? kalo settingan gw yang salah rasa2nya ndak juga karena sebelum2nya terbukti berhasil.

jadi kesimpulan gw untuk tulisan kali ini mengenai layanan gprs operator gsm ini adalah kadang, atau mungkin seringnya, sepertinya "infrastruktur" maupun "sdm" mereka di daerah "mungkin" kurang menunjang untuk berbagai program2 promosi yang gencar mereka tawarkan dan gombalkan di berbagai media. ah jadi ingat lagi kasusku ber-kontra dengan pegawai cantiknya im2 beberapa tahun silam. hmmmmm jadi kapan nich layanan semacam paket speedy multiple speed bakal lebih merata ke se-antero berbagai bagian wilayah rakyat indonesia? aku ingin tinggal di hutan dengan tetap memunyai akses di tangan kepada kabar kecamuk dunia,,,

"nb ++_an update *_^ dari kemaren sore ampe niy subuh koneksi telkomsel gagal mulu uy tapi kadang masuk, sebentar keluar lagi, lalu nyoba masuk lagi duh konak ke telkomsel macam senggama aza ah sayang padahal udah terlanjur beli paket datanya yang justru ada time limit getho kumaha iye teh aya2 wae naon dengan jaringan internet darurat (selular selalu)-ku?? whats up blondee?"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROSEDUR PENERBITAN BUKU

Dari Badaceh, Hingga ke Jimek

LAGU NGETOP JULI 1998 - OKTOBER 2000, MY DIARY: THE MEMORY REMAINS!