Social Networking Khusus Testimoni

hi semua, maaf kalo oon dikit ni. gw cuma nelurin ide (seandainya ini emang belum ada). gw kalo liat fitur testimonial di fs jadi ngerasa sayang kurang maksimal dimanfaatkan, malah fs uda ngubah jadi menu comment doang.

nah, jika ada temen2 yg punya kemampuan bikin portal coba deh buat semacam situs social community yg khusus spesifik ngegarap fitur "pengakuan" orang lain ini thd profile kita. Yg mengijinkan pen-testimoni anonim sehingga si pemilik profil benar2 "ditelanjagi". fs ora iso, facebook apalagi. Aturan main (authentication) selanjutnya bisa dipikirkan lah. Bagaimana memfilter spam atau si pemilik profile bisa ngedit dan mengkategori testimoni yg terpercaya. Yg jelas gimana di portal ini yg komen ga harus yg nonim apalagi teregister karena yg namanya testimonial tentu bisa bersifat malu2 kucing.

Jadi ketahuan deh jati diri tuh pemilik profil. Bisa dipake oleh perusahaan utk menseleksi karyawannya, oleh rakyat utk seleksi legislatornya tanpa nunggu pilkada. Sekali lagi bisa diatur belakangan sejauh mana tingkat kerahasiaan perlu dijaga (meski mungkin engga gampang yg bikin pemograman websitenya kalo banyak amat kategori), apakah testimoni yg betul tapi tak disetujui pemilik profil boleh tak tampil isinya tapi tetap terlihat bahwa ada yg comment di-black list si pemilik profil. Kalo kebanyakan kategori begini (diluar spam) tentu bisa dinilai si pemilik profile penuh rahasia. Begitu pula kalo ada konco2nya yg memuja berlebihan bisa di-review sama yg lain. Jadi bisa dinilai orang yg terbuka, dan kalo pun ada testimoni ndak benar dan ia berlapang dada tentu bisa diperbaiki user lain. Untuk informasi pribadi yg memang sepantasnya tidak ditampilkan spt telfon, alamat dsb-nya ya teknologi portal sampean lah nanti yg kudu bisa men-scan-nya secara terkomputerisasi, bukan manual subjektif sipemilik profile. Karena judulnya buka2an kan. Ingat portal ini orientasinya ke profil dan testimoni teman2 (juga anonim) bukan ke message, chat, foto, dll. Kalo foto perlu dikit juga lah ha2.

Jadi di situs ini kita betul2 bisa melihat profile lengkap dan jujur seseorang yg terkoneksi dalam satu situs.

Tentu saya kepikir juga bahwa yg bikin portal ini (kalo belum ada) kalo bisa pemodal gede biar ndak dijiplak begitu saja sama pihak lain semena-mena. Indonesia saya pikir pasar potensial utk jenis beginian. Daripada kita tiap hari disuguhin tayangan infotainment "tokoh" yg itu2 juga, kan lebih baik kita lebih merhatiin teman2 di sekitar kita? Siapa yg hidup jujur, siapa yg penuh rahasia?

https://www.kompasiana.com/wem/social-networking-khusus-testimoni_54ffa907a33311b45e50fbc6

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROSEDUR PENERBITAN BUKU

Dari Badaceh, Hingga ke Jimek

LAGU NGETOP JULI 1998 - OKTOBER 2000, MY DIARY: THE MEMORY REMAINS!